Langsung ke konten utama

CARA PENGOLAHAN PINANG UNTUK KESEHATAN TUBUH

Pinang merupakan komoditi ekspor yang banyak dibutuhkan negara lain. Tak ayal permintaan pasar global terhadapnya lumayan tinggi. Pemanfaatan bisa diambil dari bagian buah, akar hingga upih pinang. Penggunaan berbahan tumbuhan palma ini telah banyak digunakan sebagai bahan baku industri dan bahan makanan. Namun, tahukah Anda bahwa olahan herbal berbahan pinang juga bermanfaat bagi kesehatan. Cara pengolahan pinang untuk kesehatan pun mudah sehingga Anda bisa mencobanya di rumah.

http://www.bibitpinangunggul.com/
Pinang muda, yang biasanya dijadikan minuman khas dari Aceh

Beberapa Cara Pengolahan Pinang yang Kaya Akan Manfaat
1. Minum Air Rebusan Pinang
Dalam membuat racikan obat herbal sering kali dibutuhkan teknik khusus agar manfaatnya terasa. Namun untuk cara pengolahan pinang bisa dibuat sangat simpel. Anda dapat mencobanya di manapun dan kapan pun. Salah satunya ialah dengan mengambil air rebusan pinang muda. Anda hanya perlu mengambil beberapa buah pinang secukupnya lalu rebus selama beberapa menit sampai mendidih. Bila sudah maka ambil air rebusan tersebut dan minumlah secara teratur.

Langkah yang demikian mudah itu tentu mudah untuk diikuti. Jika meminum air tersebut secara teratur ada beberapa manfaat yang akan diterima bagi tubuh. Di antaranya bahkan sangat bagus untuk kesehatan rahim perempuan. Selain itu, olahan buah pinang juga mampu meningkatkan nafsu makan. Jadi untuk Anda yang kurang nafsu makan dapat memanfaatkan rebusan pinang muda sebagai solusi. Tentunya asal dalam mengonsumsi secukupnya.


2. Di Kunyah Langsung
Cara pengolahan pinang yang satu ini mungkin Anda sudah pernah mendengarnya. Tren mengunyah pinang memang sudah banyak digunakan oleh beberapa masyarakat pedesaan. Ternyata dengan mengunyah buah tersebut memberikan dampak baik untuk kesehatan. Kandungan antimutagenik dan antioksidan pada pinang memberikan manfaat positif bagi kesehatan gusi, gigi dan mulut. Dengan alasan itu tak ayal orang dahulu sering menggunakan sebagai pasta gigi alami.

Bagaimana pun pemanfaatannya mungkin sudah tak sama seperti dahulu. Bila dahulu buah pinang muda di iris kecil kemudian dikunyah, pengolahan lain untuk manfaat yang sama sudah banyak ditemukan. Seperti halnya di buat untuk di ambil air rebusannya kemudian dijadikan air kumur ataupun dikonsumsi agar menyehatkan mulut. Manfaat akan terasa lebih efektif jika Anda menggunakan secukupnya.


3. Di Bakar Halus
Olahan herbal pinang memberikan dampak bagus untuk kesehatan mulut dan gigi. Kandungan tanin pada buahnya memberikan khasiat yang sangat baik untuk menguatkan gusi serta memperlambat pendarahan. Untuk mendapatkan manfaat yang demikian, cara pengolahan pinang tidak hanya dengan dikunyah secara langsung melainkan membakar buahnya terlebih dahulu. Pembakaran dilakukan sampai biji menjadi halus. Tunggu selama beberapa saat lalu oleskan pada gigi sebagai pasta gigi herbal.


4. Tumbuk atau Haluskan Pinang
Ketika kulit terkena luka kebanyakan dari Anda pasti akan mencari salep sebagai penawar. Bagaimana jika keadaan tidak memungkinkan memperoleh penawar tersebut. Selain memanfaatkan obat medis, Anda ternyata juga dapat memanfaatkan racikan buah pinang muda. Luka akibat tergores ataupun bekas luka dapat dihilangkan dengan memanfaatkan buah pinang. Cara pengolahan pinang ini dilakukan dengan tumbuk beberapa buah sampai halus.

Lebih jauh, hasil tumbukan demikian dapat Anda oleskan ke bagian yang terkena luka. Kemampuan regenerasi kulit yang baik juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati bekas luka. Melihat manfaat yang demikian maka Anda tak perlu lagi untuk ragu untuk menggunakannya. Apalagi obat herbal tanpa efek samping asal tidak berlebihan dalam penggunaan. Selain memanfaatkan buahnya, pemanfaatan daunnya pun memberikan manfaat. Anda dapat menumbuk beberapa lembar daun pinang lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.


Baca Juga :
Pinang atau Sawit, Mana Yang Lebih Menguntungkan
Membandingkan Cara Budidaya Pinang dan Karet


5. Dibuat Minuman Herbal
Bagi Anda yang tak kuat dengan rasa air rebusan pinang secara langsung dapat menambahkan bahan baku lain dalam pembuatan. Misalnya dengan memanfaatkan campuran bahan ¼ buah pinang, kunyit secukupnya lalu temulawak kemudian direbus. Meminum air rebusan tersebut diduga mampu menjadi obat mengatasi cacingan secara efektif. Tambahan bumbu lain menjadikan rasa olahan pinang lebih bervariasi dibanding langsung meminum air rebusannya.

Untuk Anda yang masih tak kuat dengan rasa menyengat pada pinang, dapat pula menambahkan madu di dalamnya. Air rebusan pinang diberi madu untuk menetralisir rasa kuat pada pinang. Meminum olahan demikian sangat efektif sebagai obat difteri secara alami. Namun konsumsilah secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Itu dia beberapa cara pengolahan pinang yang simpel namun berdampak baik bagi kesehatan. Melihat cara pengolahan yang mudah tentunya Anda dapat memanfaatkannya dari pada harus mengonsumsi obat medis yang kaya efek samping. Meski begitu pemakaian racikan pinang secara bijak atau secukupnya disarankan mengingat apapun yang dikonsumsi secara berlebihan justru memberikan dampak yang buruk untuk tubuh.  Bila Anda ingin menanam tumbuhan pinang dapat membelinya di Lentera Mantang yang terkenal menyediakan bibit pinang unggul

DAPATKAN SEGERA BIBIT PINANG UNGGUL TERBAIK 
DENGAN HARGA TERJANGKAU !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila