Langsung ke konten utama

KETAHUI CIRI POHON PINANG YANG DIBERI PUPUK AGAR CEPAT BERBUAH

Buah pinang atau nama latinnya adalah Areca catechu merupakan salah satu tanaman yang tergolong ke dalam jenis palem – paleman. Tanaman pinang ini mempunyai nilai ekonomis tinggi dan banyak dibudiayakan oleh masyarakat luas. Untuk mendapatkan hasil buah pinang yang berkualitas baik maka diperlukan perawatan intensif. Cara perawatan pinang pun sebenarnya tidak terlalu susah, Anda perlu menyiapkan lahan dan melakukan pembibitan. Jika Anda membutuhkan bibit unggul maka sudah tersedia di Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul. Nah, salah satu proses dari perawatan pinang adalah dengan memberinya pupuk. Pohon pinang yang diberi pupuk pastinya akan berbeda. Yuk, simak ciri – ciri pohon yang diberi pupuk pinang agar cepat berbuah lebat.

http://www.bibitpinangunggul.com
Pinang yang diberikan pupuk secara rutin
bisa membuat hasil panen lebih optimal

Ciri – Ciri Pohon Pinang yang Menggunakan Pupuk Pinang Agar Cepat Berbuah
1. Kondisi di Sekitar Tanahnya Subur
Tanah yang diberi pupuk tentunya akan menjadi subur. Karena, pupuk memperbaiki struktur tanah yang tadinya rusak menjadi lebih baik. Kebutuhan unsur hara yang diperlukan oleh tanah menjadi tercukupi karena diberi pupuk. Oleh karena itu, tanaman pinang akan ikut tumbuh subur soalnya mendapat nutrisi yang cukup dari tanah. Hal itu bisa terjadi, sebab tanah diberi pupuk pinang agar cepat berbuah.

Jika Anda menjumpai daerah di sekitar tanaman pinang tandus atau tak terawat, maka pohon tersebut tidak diberi pupuk pinang. Pupuk diberikan dengan tujuan supaya tanah menjadi lebih humus dan menyuburkan tanaman. Unsur hara di dalam tanah itulah yang membuat tanah subur dan tanaman pinang mendapat banyak nutrisi.


2. Pohon Pinang Terhindar Dari Hama dan Penyakit
Penggunaan pupuk pada tanaman pinang menyebabkan ketahanan pohon semakin meningkat dari serangan hama atau gulma yang mencoba  untuk hinggap ke pohon pinang. Pohon  pinang bisa menjadi kebal karena pupuk membuat pohon pinang semakin sehat dan subur sehingga terhindar dari hama dan penyakit. Jika Anda menjumpai pohon pinang yang tidak diserang hama atau gulma pasti petaninya menggunakan pupuk pinang.


3. Pohon Pinang Berbuah Lebat
Salah satu hasil yang diperoleh dari penggunaan pupuk pinang agar cepat berbuah memang terbukti apa adanya. Pupuk menyebabkan tanaman pinang tumbuh secara optimal dan menghasilkan banyak buah pinang. Jika dibandingkan dengan pohon pinang yang tidak diberi pupuk, maka akan kelihatan jauh perbedaannya. Pohon pinang yang diberi pupuk akan menghasilkan lebih banyak buah pinang ketimbang pohon pinang yang tidak diberi pupuk.

Buah hasil pemupukan pastinya lebih gemuk ketimbang buah pinang yang tidak diberi pupuk. Nutrisi yang berasal dari pupuk dan didapatkan dari tanah tersalurkan melalui pohon pinang. Sehingga, buah pinang pun tampak lebih berisi daripada buah pinang lainnya. Jika Anda menjumpai pohon pinang yang berbuah gemuk, sudah bisa diyakini jika petani yang menanamnya menggunakan pupuk pinang agar cepat berbuah.

Baca Juga
Dosis Pupuk Untuk Tanaman Pinang Yang Tepat
Alasan Pentingnya Pemberian Pupuk Agar Pinang Berbuah Lebat


4. Buah Pinang Tumbuh Lebih Cepat
Dengan penggunaan pupuk pada pohon pinang ternyata bisa meningkatkan waktu pertumbuhan dari tanaman pinang itu sendiri. Tanaman pinang bisa tumbuh lebih cepat dalam jangka waktu yang relatif singkat karena efek dari penggunaan pupuk. Pupuk menyebabkan pohon pinang tumbuh lebih subur sehingga proses pertumbuhannya pun menjadi cepat.  Kecepatan pertumbuhan dari tanaman pinang ini menjadi salah satu strategi petani untuk meningkatkan hasil produksi.

Apabila tanaman pinang dapat tumbuh dengan cepat berkat pupuk pinang agar cepat berbuah, maka hasil produksi bertambah dan stok pinang untuk klien lebih banyak.  Pupuk pinang diberikan setiap 6 bulan sekali atau dalam setahun Anda hanya perlu memberikan pinang pupuk dua kali saja. Pemberian pupuk dalam jangka waktu tersebut sudah mampu mengoptimalkan pertumbuhan pohon pinang miik Anda.


5. Tampilan Buah Pinang Lebih Segar
Tanaman pinang yang mendapatkan suplai dari pupuk tentunya akan menghasilkan buah pinang dengan kualitas yang berbeda. Buah pinang ini nantinya akan mempunyai tampilan yang lebih ‘wah’ ketimbang buah pinang yang tidak memakai pupuk. Selain buah pinang akan gemuk,  kondisi dalamnya pun juga akan bagus karena mendapat nutrisi dari pupuk yang dipakai.



Nah, itulah beberapa contoh ciri – ciri yang dimiliki oleh pohon pinang yang diberi pupuk pinang agar cepat berbuah. Penggunaan pupuk memang terbukti manjur untuk mengoptimalkan pertumbuhan pinang. Sudah banyak manfaat yang didapat dari penggunaan pupuk untuk tanaman pinang. Salah satunya adalah pohon pinang cepat berbuah. Kecepatan berbuah ini tentu saja menjadi hal yang paling diharapkan oleh petani atau Anda yang sedang membudidayakan pinang. Ketika sedang berencana membeli pinang, pastikan Anda memperhatikan kualitas buahnya terlebih dahulu. Apakah tanaman pinang diberi perawatan untuk menentukan kualitas baik buruknya. Anda bisa menggunakan beberapa ciri – ciri di atas sebagai pedoman dalam memilih buah pinang untuk  di bawa pulang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana