YUK, KETAHUI BEBERAPA TAHAP CARA PEMUPUKAN PINANG

Tanaman pinang merupakan salah satu tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dengan hasil usaha yang menjanjikan. Untuk membudidayakan tanaman pinang tidak terbilang susah, akan tetapi tetap memperhatikan prinsip-prinsip berkebun. Untuk mendapatkan tanaman pinang dengan kualitas baik, maka tanaman pinang perlu diberi pupuk yang rutin. Akhir-akhir ini, sebagian petani ada yang mengabaikan kebutuhan pupuk tanaman pinang. Dan, dibiarkan tumbuh tanpa diberi nutrisi tambahan. Padahal, pemupukan pada tanaman pinang bisa meningkatkan hasil produksi hingga 20% sampai 60% dibandingkan tanaman pinang tanpa pemupukan. Nah, oleh karena itu perlu diketahui beberapa cara pemupukan pada tanaman pinang sebagai referensi Anda. Berikut ini cara pemupukan pinang agar tambah subur.

http://www.bibitpinangunggul.com
Pembersihan sekitar tanaman sebelum diberi pupuk,
bertujuan untuk konsumsi nutrisi bagi pinang jadi lebih maksimal

Beberapa Tahapan Cara Pemupukan Pinang Agar Pinang Menjadi Subur :
1. Mempersiapkan Pupuk Pinang
Pertama-tama, Anda perlu mempersiapkan pupuk yang akan digunakan untuk tanaman pinang. Pilih pupuk pinang dengan kualitas baik agar tanaman pinang dapat tumbuh subur. Perhatikan komposisi dalam pupuk supaya sesuai dengan standard yang dibutuhkan. Anda bisa membeli pupuk pinang di toko terdekat atau di toko pupuk yang menyediakan berbagai jenis pupuk untuk tanaman, termasuk tanaman pinang.

2. Menabur Pupuk di Sekitar Lahan Pinang
Setelah selesai membeli atau mempersiapkan pupuk untuk tanaman pinang, cara pemupukan pinang selanjutnya adalah dengan menabur pupuk. Pupuk yang sudah dipilih ditaburkan ke area sekitar tanaman pinang. Dan, bisa juga pupuk ditebar ke atas permukaan tanah yang masih berada di sekitar tanaman pinang. Usahakan pemberian pupuk pada tanaman pinang dilakukan pada saat keadaan tanah masih basah atau lembab.

Selain itu, ada cara pemupukan pinang lain yang bisa digunakan saat memupuk tanaman pinang. Anda bisa menebar pupuk di sekeliling tanaman pinang, tempat persisnya ada di ujung daun atau berada pada jarak sekitar 15 cm sejauh dari pangkal batang tanaman pinang. Hal itu bertujuan agar pemberian pupuk bisa merata.

3. Takaran Dalam Memberi Pupuk Pada Pinang
Saat sedang memberi pupuk, Anda perlu memperhatikan dosis yang diberikan pada tanaman pinang. Takaran pupuk diberi sesuai dengan umur tanaman pinang. Semakin muda tanaman pinang maka pemberian pupuknya juga sedikit. Sebaliknya begitu, semakin lama umur tanaman pinang maka memerlukan dosis tambahan lebih banyak saat memberikan pupuk. Sebagai referensi, cara pemupukan pinang dilakukan dengan pupuk tanaman pinang diberi tiap satuan gram.

Misalnya saja seperti ini, tanaman pinang yang baru berumur sekitar 1 tahun akan diberi pupuk sebesar 50 gram. Untuk tanaman pinang yang berumur 1 sampai dengan 3 tahun maka pemberian pupuk pinang sebesar 100 gram. Sedangkan untuk tanaman pinang yang berumur 3 sampai 4 tahun maka pemberian pupuk pada pinang diberi sebesar 200 gram. Tetapi untuk tanaman pinang yang sudah bisa menghasilkan produksi maka beri takaran kurang lebih sebesar 500 gram.

Baca Juga
Dosis yang Tepat untuk Tanaman Pinang
Tips Perawatan Pinang dengan Baik dan Benar

4. Waktu Pemberian Pupuk Pada Tanaman Pinang
Selanjutnya cara pemupukan pada pinang adalah dengan memperhatikan pemberian pupuk pada tanaman pinang yang diberi setiap 6 bulan sekali. Artinya, dalam jangka waktu setahun Anda perlu melakukan pemupukan pada pinang 2 kali. Lakukan pemupukan secara berkala dan rutin sesuai waktu dan bulan yang sudah ditentukan. Pemupukan pada tanaman pinang termasuk penting dalam cara membudidayakannya. Karena dengan pemberian pupuk, maka tanaman pinang akan subur dan menghasilkan produksi pinang dengan kualitas baik. Pemberian pupuk setahun dua kali sudah termasuk cukup. Cara pemupukan pinang bisa dilakukan pada akhir musim penghujan dan awal musim penghujan.

5. Perhatikan Kondisi Lahan Pinang
Cara pemupukan pada pinang memang terlihat mudah, Akan tetapi Anda perlu memperhatikan kondisi di sekitar tanaman pinang. Kebanyakan, kendala yang sering dihadapi oleh petani pinang ialah adanya hama atau gulma yang menyerang tanaman pinang. Oleh sebab itu, keadaan lahan pinang dan tanaman pinang perlu diawasi agar tidak terkena hama ataupun gulma. Karena, nantinya bisa menurunkan hasil produksi.

Nah, itulah beberapa cara pemupukan pinang yang dapat Anda terapkan pada kebun pinang milik Anda. Jangan lupa dan tetap perhatikan penggunaan dosis takaran sewaktu memberi pupuk pada tanaman pinang. Lalu, rutinlah melakukan pemupukan secara berkala dua kali dalam setahun agar mendapatkan hasil buah pinang yang optimal dan berkualitas baik. Pahami kegunaan pupuk dengan baik agar Anda bisa mengetahui seberapa pentingnya pupuk untuk perkembangan tanaman pinang. Dengan diberi pupuk, maka tanaman pinang akan mendapat nutrisi dan tanahnya semakin subur. Jika seperti itu, maka sudah bisa dipastikan hasil buah pinang yang memuaskan hati dan tentunya berkualitas baik. Selain itu, bibit pinang unggul berasal dari tanaman pinang yang dirawat dengan baik. Jika Anda membutuhkan bibit pinang unggul, sekarang bisa melalui Lentara Mantang – Bibit Pinang Unggul.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?