KEUNTUNGAN USAHA BUDIDAYA PINANG DARI BUAH SAMPAI LIMBAH PINANG

Keuntungan Usaha Budidaya Pinang – Tanaman Pinang adalah salah satu tanaman yang populer di Indonesia, pasalnya tanaman pinang ini tumbuh asli di Negara yang kita tempati saat ini. Hingga saat ini dan sampai beberapa tahun ke depan usaha di sektor pertanian dan perkebunan khususnya usaha budidaya pinang ini sangatlah menjanjikan.

Kurangnya informasi dan sosialisasis mengenai manfaat dan keuntungan dari usaha budidaya pinang ini membuat para petani memilih komoditas lainnya karena sesuai trend yang ada. Lalu juga bagaimana mudahnya budidaya pinang ini membuat banyak petani beralih ke budidaya tanaman lainnya. Oleh Karena itu kali ini penulis akan memberikan sedikit informasi tentang keuntungan bisnis budidaya pinang dari buah pinang, biji pinang sampai limbah pinang sekalipun kita akan memperoleh keuntungan.

Usaha Budidaya Pinang Dari Buah Sampai Limbahnya

Tanaman pinang ini banyak dicari oleh pasar dalam negeri ataupun luar negeri. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor yang utama yang banyak mencari tanaman satu ini, diantaranya adalah Pakistan, bangladesh, dan India. Selain itu permintaan yang tidak kalah tingginya terhadap tanaman pinang ini ada di negara Thailand, Myanmar, Nepal dan Srilanka. Bahkan Penulis sendiri juga pernah ekspor sampai ke Saudi Arabia dan Ke Inggris. Sangat banyak permintaan dari negara luar Indonesia.

Hal tersebut menjadikan usaha budidaya pinang ini semakin menjanjikan, hingga 5 – 10 tahun kedepan permintaan akan pinang akan terus meningkat setiap tahun. Mengingat biji pinang memiliki banyak manfaat seperti untuk bahan makanan, bahan pewarna kain dan makanan, dan ditambah lagi biji pinang juga sudah masuk dalam prioritas WHO (Badan Kesehatan Dunia) sebagai penyusun ramuan obat.

Bagaimana untuk keuntungan yang kita dapatkan? Misalkan kita memiliki lahan seluas 1 hektar, dan nanti anda bisa menanam bibit pinang sebanyak 1.200 batang dengan jarak tanam 3 x 3 meter. Dengan 1.200 batang itu kita anggap menghasilkan 4 kg buah basah per batang per bulan, itu artinya dalam sekali panen kita akan memperoleh 4.800 kg buah basah atau 4,8 ton buah basah.

Lalu kita tawarkan ke pasar, harga dari pinang basah sekitar Rp. 2.000. Kita ambil harga Rp. 2.000 per kg artinya pendapatan kita adalah Rp. 2.000 x 4.800 kg = Rp. 9.600.000 per sekali panen. Dalam setahun pinang bisa sampai 8 – 10 kali panen lho.

Kemudian bagaimana keuntungan nya jika dikeringkan? Untuk pinang yang dikeringkan harga jualnya sekitar Rp. 13.500 – Rp 14.000. Dan jika dikeringkan dari 5 ton pinang akan menghasilkan 1 ton pinang kering. Jadi artinya kita akan memperoleh kurang lebih 1 ton pinang kering. Berapa pendapatannya? Pendapatan yang diperoleh adalah Rp. 14.000 x 1 ton = Rp. 14.000.000 untuk sekali panen. Jika dalam setahun 8-10 kali panen, maka pendapatan kita pertahun adalah Rp. 14.000.000 x 10 = Rp. 140.000.000 pertahun belum dikuangi biaya operasional.

Baca juga :

Selain itu limbah pinang juga memiliki nilai ekonomis lainnya. Kulit atau sabut pinang contohnya, hal ini dikarenakan penulis pernah ekspor kulit / sabut pinang ini ke Tiongkok. Selain kulit pinang, upih pinang atau pelepah pinang juga memiliki pasar ekspor tersendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk usaha pinang? Dari analisa keuntungan usaha budidaya pinang diatas dapat disimpulkan pinang akan mendatangkan profit yang besar. Namun sebelum anda memulai usaha ini ada baiknya anda menyiapkan bibit pinang unggul berkualitas. Jika anda kesulitan, kami adalah solusi yang tepat untuk anda.

1 thought on “KEUNTUNGAN USAHA BUDIDAYA PINANG DARI BUAH SAMPAI LIMBAH PINANG”

  1. Assalamualaikum wr wb. Saya ingin bertanya bagaimanakah jenis tanah yg terbaik untuk menanam Pinang ?

    Kemudian berapa umur pinang untuk berproduksi.

    Saya punya lahan dg ukuran 30 x 57 apakah bisa digunakan untuk menanam Pinang untuk diproduksi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?