INGIN USAHA BUDIDAYA PINANG? IKUTI TIPS MEMILIH BIBIT YANG TEPAT


Tips Memilih Bibit Yang Tepat – Tanaman Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Sangat banyak dijumpai pohon pinang dan tumbuh dengan baik di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Pinang merupakan salah satu tanaman komoditi ekspor, maka tidak heran jika tanaman yang satu ini banyak di tanami oleh para petani kita.

Bahkan ada salah satu jenis pinang unggul yang banyak di budidayakan di Indonesia, yaitu Pinang Betara, tanaman pinang yang asalnya dari daerah Jambi. Selain pinang betara ada juga pinang lainnya yaitu saigon, sumanggala, dan manggala.

Baca juga : Mengenal pinang betara, varietas pinang asli Indonesia

Usaha budidaya pinang ini mudah untuk dilakukan, sehingga dapat dilakukan oleh siapapun. Selain itu budidaya pinang ini tidak membutuhkan modal yang besar, hal ini dikarenakan pinang ini bisa tumbuh dengan iklim apapun yang ada di Indonesia. Bahkan dengan modal yang kecil saja kita sudah dapat menanam pinang.

Untuk budidaya pinang pun tidaklah terlalu sulit, yang penting kita perlu mengetahui ilmunya seperti bagaimana melakukan perawatan dan pengendalian hama. Untungnya hama dan penyakit pada tanaman pinang sangat mudah dikendalikan, sehingga dapat dengan mudah pula dalam mengatasinya.

Hal itulah yang membuat budidaya pinang ini termasuk salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan, ditambah lagi tanaman ini memiliki potensi keberhasilan yang sangat tinggi. Selain itu dari tanaman pinang sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak, beberapa diantaranya adalah pinang menjadi bahan makanan, bahan pewarna makanan dan pakaian, sampai juga untuk bahan baku obat – obatan.

Tidak hanya memiliki pasar dalam negeri, tanaman pinang juga sering di ekpor keluar Indonesia. Bahkan pinang sendiri memiliki Negara Tujuan Ekspor (NTE) yang utama, yaitu Pakistan, bangladesh dan juga India. Selain dari NTE utama tadi ada beberapa negara yang memiliki permintaan pinang yang cukup tinggi antara lain Negara Malaysia, Thailand, myanmar, nepal, sri lanka. Bahkan penulis sendiri pernah ekspor ke saudi dan permintaan ke Inggris juga.

Dengan potensi yang disebutkan diatas tidak heranlah banyak petani yang mulai beralih ke tanaman pinang. Namun sebelum budidaya kita harus memiliki bibit bermutu yang berasal dari benih – benih pilihan terbaik. Benih pinang yang baik haruslah berasal dari pohon induk terpilih, bebas dari hama, penyakit, gulma dan wereng. Karena kunci utama suksesnya budidaya pinang adalah dimulai dari bibit pinang yang baik dan bermutu.

Untuk memperoleh, mendapatkan memilih bibit pinang yang tepat, bermutu dan baik tidaklah terlalu sulit, karena kita dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Dan salah satu caranya adalah memilih bibit yang tepat melalui seleksi dari pohon induk pinang. Berikut ciri – ciri induk pohon pinang yang bermutu dan baik untuk diambil bibitnya :
1. Lingkar batang pohon pinangnya memiliki lebih dari 45 cm (dapat diukur pada ketinggian 1 Meter dari permukaan tanah)
2. Pohon induk pinang tumbuh dengan tegar, batang lurus dan mahkota pohon berbentuk setengah bulat
3. Pertumbuhan daun pohon pinang terbagi rata, terbuka dan lebih dari 8 helai
4. Jumlah buah per tanda rata-rata adalah 30 – 40 butir
5. Jumlah tandannya lebih dari 4 buah
6. Induk pohon pinangnya telah berproduksi stabil dengan waktu rata – rata berkisar 4 – 5 tahun dengan usia pohon minimal 10 tahun.

Jika anda ingin usaha budidaya pinang namun belum memiliki bibit pinang unggul atau bibit pinang super, anda bisa menghubungi kami. Kami siap mengirim pesanan yang anda butuhkan.

8 komentar untuk “INGIN USAHA BUDIDAYA PINANG? IKUTI TIPS MEMILIH BIBIT YANG TEPAT”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?