7 JENIS PINANG YANG HARUS KITA KETAHUI, MANA YANG LEBIH UNGGUL?

Jenis Pinang. Pinang adalah salah satu tanaman yang kaya akan beragam manfaat. Buah, akar, dan upih pinang semuanya bisa dijadikan obat atau perkakas yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Pinang bisa ditanam didataran rendah atau pun tinggi. Pohon ini dapat berproduksi secara baik di ketinggian 0 – 1.000 mdpl. Apa jadinya jika tidak tahu jenis pohon pinang apa saja yang rekomendasi untuk dibudidayakan?

Jenis Pinang Unggul
Kadar Tanin Yang Tinggi Menjadikan Pinang Betara Sebagai Jenis Pinang Unggul

Budidaya pinang unggul pun menjadi pilihan beberapa petani untuk mendapatkan keuntungan lebih. Ada beberapa jenis pohon Pinang yang bisa dibudidayakan. Bahkan, dibeberapa Negara penghasil pinang selain indonesia memiliki jenis pohon Pinang unggulnya sendiri-sendiri. Contohnya saja india yang memiliki beberapa jenis pohon pinang unggul seperti, Pinang Mangala, Srimangala, Samruthi, dan banyak lagi. Indonesia juga memiliki jenis pohon Pinang unggul yakni Pinang Betara.

Pinang Betara adalah jenis pinang unggul pertama di Indonesia yang berasal dari Jambi. Tepatnya di kecamatan Betara, kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Buah Pinang Betara ini lebih besar dan produktivitasnyapun lebih tinggi dibandingkan dengan Pinang biasa.

Memilih Pinang Betara untuk budidaya bisa meningkatkan pendapatan pertahun yang lebih besar dibandingkan Pinang biasa. Umumnya, kebutuhan akan buah ini semakin tinggi, karena memang komoditi yang satu ini merupakan komoditi ekspor yang prospeknya diyakini akan terus meningkat. Dengan adanya Pinang unggul, tentu dapat menambah pendapatan para pengusaha perkebunan pohon Pinang. Buah muda pohon Pinang jenis Betara ini berwarna hijau tua dan akan menjadi oranye ketika matang.

Memiliki bentuk buah yang oval, seperti telur dan sabut berwarna putih agak kecoklatan pada bagian dalamnya. Biji Pinang Betara agak kecoklatan. Tanaman ini bisa berkembang biak di areal lahan yang gambut atau lembab.

Keunggulan Pinang Betara

  1. Memiliki masa produktif yang lebih cepat, di umur 4 – 5 tahun pohon jenis ini sudah mulai berbuah dan memasuki masa produktif pada usia 6 – 7 tahun.
  2. Produksi buah mencapai 131 butir/tandan
  3. Buah memiliki berat utuh 47 gram, dengan berat biji kering 8,68 gram
  4. Memiliki kadar tanin sebesar 9,79%
  5. Produksi kernel/kering/pohon/tahun yakni 5,70 kg
  6. Memiliki potensi hasil kernel/ha 7,81 ton
  7. Tinggi batang 10,28 m
  8. Usia tanaman hingga 25 tahun

Jenis Pinang Lainnya yang Populer di Indonesia

1. Pinang Pandan Wangi atau Mongkonai

Pinang pandan wangi merupakan jenis pinang unggul yang juga banyak dicari di Indonesia setelah pinang betara. Biasa dikenal juga dengan sebutan pinang mongkonai, pinang pandan wangi atau pinang wangi ini memiliki karakteristik yang khas dan berbeda dengan jenis pinang unggul lainnya, seperti warna buahnya yang cenderung kuning cerah dan ada garis dari ujung tampuk hingga pangkalnya. Alasan lain kenapa pinang jenis ini disebut sebagai pinang pandan wangi atau pinang wangi karena mengeluarkan aroma yang khas seperti aroma pandan. Hal ini juga yang menjadi alasan pinang wangi dinyatakan sebagai varietas unggul lokal. Jenis pinang ini banyak dibudidayakan di daerah Pariaman, Sumatera Barat

Baca Juga :
Analisa Usaha Budidaya Pinang
4 Jenis Pupuk Agar Hasil Panen Pinang Berlimpah

2. Pinang Seluang

Pinang seluang merupakan jenis pinang unggul lokal yang berasal dari Indragiri Hilir, Riau. Jenih pinang unggul satu ini sudah mulai banyak dibudidayakan diberbagai daerah juga. Karakteristik yang sangat mencolok dari pinang seluang ini adalah buah dan bijinya lebih panjang atau lonjong dibandingkan buah dan biji pinang lainnya.

3. Pinang Bulawan

Pinang Bulawan juga merupakan jenis pinang yang berasal dari kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Pinang ini memiliki ukuran buah yang besar dengan kadar tanin yang tinggi dan berpotensi dapat berproduksi tinggi.

4. Pinang Merah / Pinang Raja

Pinang ini diguga berasal dari semenanjung Malaka, Pulau Sumatera, Dan Kalimantan. Pinang jenis ini memiliki Batang yang langsing, dengan daun majemuk menyirip berwarna hijau, dan pelepah yang berwarna kemerahan. Buah Pinang ini berukuran kecil, dan berbentuk bulat telur, dengan ukuran 1 cm dan diameter 6 mm. Batang pohon Pinang Merah yang sudah tua biasa dijadikan sebagai santan.

5. Pinang Hutan

Pinang satu ini tumbuh subur di daratan pulau Jawa dan pulau Sumatera. Pinang ini tumbuh secara merumpun, dengan bentuk batang ramping dan berbuku-buku. Pinang hutan bisa tumbuh hingga mencapai 2 – 6 m, dengan diameter 2 – 5 cm. tanaman ini bisa tumbuh dengan baik jika berada di areal tanah dengan ketinggian 10 – 1.600 mdpl.

6. Pinang Kelapa

Pinang Kelapa juga biasa disebut oleh orang suku jawa dengan sebutan Jawar, sedangkan oleh suku sunda biasa disebut dengan Jambe Sinagar. Istilah Kelapa di didasarkan pada pertumbuhan pohon Pinang yang bisa lebih tinggi dan lebih besar dari jenis-jenis Pinang lainnya.

Itulah beberapa jenis pohon pinang unggul yang banyak terdapat di Indonesia. Pohon pinang unggul di Indonesia ini tidak kalah dengan jenis pinang yang ada di negara luar seperti India, Thailand dan Myanmar. Terbukti setiap tahunnya ribuan ton biji pinang hasil dari berbagai jenis pohon pinang asli Indonesia ini diekspor ke negara luar. Dari 7 jenis pinang unggul diatas, yang sangat di rekomendasikan untuk Anda budidayakan adalah pinang betara, karena pinang betara sudah dinyatakan sebagai varietas unggul nasional sejak tahun 2013. Jika anda memiliki minat untuk budidaya pinang betara atau konsultasi mengenai pinang, Anda bisa menghubungi Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?