Langsung ke konten utama

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah.

Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan.

Umur pohon pinang

Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda.

Proses Panen Pinang

Panen Buah Masak 

Panen cara ini bisa dilakukan pada buah Pinang yang menjelang masak atau memang sudah masak. Buah yang masak akan memiliki tanda warna kulit kuning kemerah-merahan.

Petani menjemur hasil panen buah masak

Panen model ini bisa dilakukan setiap bulan dengan cara menggilir beberapa kelompok tanaman.untuk yang memiliki skala usaha dengan luas 1 ha, panen bisa diatur sekali dalam sebulan dengan produksi rata-rata 800 Kg sampai 1 Ton biji Pinang kering.

Panen Buah Muda

Panen buah muda dilakukan pada saat buah masih berwarna hijau tua atau berumur antara 7 – 8 bulan. Untuk buah yang menggunakan panen model ini dalam proses pasca panen melalui perebusan yang bertujuan untuk membuat buah mengeras dan terhindar dari hama atau penyakit.

Setelah selesai dipanen, berikutnya anda bisa langsung mengolah buah Pinang supaya bisa lekas di jual kepada pengepul dan dijadikan berbagai macam ramuan atau obat yang berguna bagi kesehatan manusia. Sesudah dipanen, buah langsung dibelah menjadi dua kemudian dikeringkan secara langsung di bawah panas sinar matahari. Setelah kering, biji buah Pinang bisa di cukil dan kembali dijemur selama 50 jam atau selama 4 hari.

Hal ini bertujuan supaya kadar air pada biji Pinang berkurang dan biji Pinang jauh dari hama atau jamur. Setelah benar-benar kering biji Pinang bisa langsung di kemas dengan menggunakan karung plastik atau goni untuk di jual.

Pohon Pinang ini kaya sekali akan manfaatnya bagi tubuh manusia. Manfaat utama Pinang adalah sebagai tanaman obat, mulai dari akar hingga biji pinang semuanya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti,

  • Mengobati luka kulit, dengan cara menumbuk daging buah pinang muda dan tempelkan pada kulit yang terluka
  • Mengecilkan Rahim pasca melahirkan, rebus buah Pinang muda dan minum airnya secara rutin supaya Rahim bisa mengecil
  • Mengobati mata rabun, dengan meremas buah Pinang dan langsung minum air perasan buah Pinang secara teratur
  • Mengobati cacingan, buah Pinang juga bisa mengobati cacingan khususnya cacing Pita. Caranya, anda hanya tinggal merebus biji Pinang muda sampai mendidih. Kemudian dinginkan dan minum air rebusan biji Pinang kepada penderita cacingan

Itu dia beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari pohon Pinang, masih ada banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman ini. Jadi, jangan heran jika buah pinang menjadi salah satu komoditas ekspor yang lumayan tinggi di Indonesia.

Komentar

  1. BeraO harga bibit pinang admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk harga bibit mulai dari Rp 1500 per biji pak. Info lebih lanjut bisa menghubungi 0852 8967 4014 (FAHMI) melalui SMS/Telp/WA

      Hapus
  2. Varietas bibit apa bos ku?

    BalasHapus
  3. Cara mengatasi hama tupai yg memakan batang buah pinang yg mau berubah bagaimana mas??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana