Langsung ke konten utama

PENGOLAHAN PINANG KERING DAN HARGA JUAL PINANG TAHUN 2021

Pinang memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Komoditi ini sering kali diincar pasar dalam dan luar negeri sebagai bahan baku untuk industri pewarna kulit, kosmetik serta farmasi. Biji pinang kering menjadi salah satu komoditi yang banyak digunakan para pengusaha pinang untuk memasarkan produknya karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Berikut akan kita bahas beragam jenis serta cara pengolahan pinang kering.

https://www.bibitpinangunggul.com
Gudang pengolahan pinang kering di Tembilahan, Inhil


Cara Pengolahan Pinang Kering beserta Jenisnya
Pengusaha pinang pada umumnya mengolah pinang yang mereka panen untuk dijadikan pinang kering. Tahapan pertama yang dilaksanakan setelah panen adalah merebus buah pinang sebagai teknik untuk menghambat serangan hama penyakit serta membuat buah menjadi lebih keras. Setelah proses perebusan akan dilanjutkan ke penjemuran dengan menggunakan sinar matahari langsung. Terkadang, pengeringan dilakukan dengan cara sale, yaitu pengeringan menggunakan panas api.
 
Proses pengeringan dilakukan hingga buah pinang berubah warna menjadi coklat serta kulit buah terurai seperti benang dan dilanjutkan dengan pengupasan. Pada proses pengolahan pinang kering tahap ini, dilakukan menggunakan parang atau pisau secara manual. Proses pemotongan pinang terjadi pada tahap ini dengan hasil akhir yang diharapkan.

Kemudian, setelah selesai dikupas serta dipotong, biji pinang akan dijemur kembali. Hal ini ditujukan untuk menurunkan kadar air pada buah. Nilai biji pinang yang tinggi di pasaran adalah pinang dengan kadar air rendah dan kadar getah tinggi. Proses penjemuran kedua ini akan memakan waktu sekitar 50 jam atau 4 hari. Kemudian akan dilanjutkan pada proses pengepakkan.

Pengepakkan pada pengolahan pinang kering dapat menggunakan karung plastik, goni atau sabut. Kemudian, dapat didistribusikan kepada pihak pengepul, pedagang, atau agen hingga dilanjutkan kepada pabrik pengolahan lanjutan. Terdapat beberapa jenis hasil akhir pinang kering yang didistribusikan, diantaranya:

1. Buah Pinang Segar
Buah pinang segar dari buah pinang tua yang baru dipanen dengan kondisi matang 90%. Buah pinang tua berusia sekitar 7 hingga 8 bulan dengan memiliki ciri buah yang berwarna oranye kemerahan. Setelah buah dipetik, akan dilanjutkan pada tahap pengeringan dan pengupasan. Selanjutnya, akan dikeringkan kembali untuk menurunkan kadar air. Harga jual dari buah pinang segar diawal tahun 2021 ini dipatok berkisar 2500 hingga 3500 rupiah per kilogram (harga di gudang Jambi, update Maret 2021).

2. Pinang Belah Kering
Pinang belah adalah olahan lain dari buah pinang kering tua. Perbedaan pinang kering jenis ini adalah adanya proses pembelahan setelah proses penjemuran pertama. Namun, tahap lainnya sama seperti tahapan pada pinang utuh atau bulat. Proses pembelahan ini meningkatkan nilai jual dari pinang kering itu sendiri. Harga yang dipatok untuk setiap kilogramnya diawal tahun 2021 ini berkisar 20 ribu hingga 26 ribu rupiah per Kilogram (harga di gudang Jambi, update Maret 2021).

3. Pinang Iris Koin
Tidak seperti dua jenis pinang kering sebelumnya. Pinang kering ini berasal dari buah pinang yang masih muda. Indikator dari buah pinang muda adalah warna buah yang masih kehijauan. Beberapa tahun terakhir, pinang kering iris koin adalah pinang kering primadona para pengusaha atau petani. Hal ini karena nilai jual yang lebih tinggi ketimbang dua jenis pinang kering sebelumnya.

Buah pinang muda sendiri dapat dipanen setiap minggu oleh para petani dengan menggunakan galah atau sabit. Tentu hal ini sangatlah menghemat waktu tunggu para petani. Selain itu, proses penjemuran juga lebih cepat karena irisan pinang yang tipis serta dapat dilakukan hanya dengan beralaskan terpal.

Harga yang dipatok untuk pinang jenis ini beragam. Untuk kategori biji pinang kering belah, dapat mencapai sekitar 15 ribu - 20 ribu per kilogram. Sedangkan untuk biji pinang kering utuh dapat mencapai 20 ribu rupiah per kilogram. Dalam beberapa kesempatan harga pinang iris dapat mencapai 30 hingga 40 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga :

Ditahun sebelumnya, harga pinang kering beberapa tahun ini cenderung stabil, rata rata diangka 15 ribu per Kg. Untuk dapat harga yang lebih baik dipasaran, pengolahan pasca panen pinang sangat diperhatikan. Mulai dari tingkat kekeringan, mutu atau good cut dan kebersihan dari biji pinangnya. Semakin baik mutu (good cut) san kekeringannya, semakin tinggi pula harga pinang kering tersebut. Dan juga, jumlah hasil panen / tonasenya mempengaruhi nilai tawar dari penjualan pinang kering ini.

Pinang kering sering digunakan oleh rumah tangga sebagai ramuan herbal. Cara pengolahan pinang kering untuk dijadikan ramuan herbal pun terbilang cukup mudah, yaitu dengan direbus dengan beberapa tambahan rempah lain sesuai dengan kebutuhan. Rebusan pinang ini dipercaya dapat meningkatkan gairah seksualitas, mengobati penyakit cacingan, difteri, menurunkan tekanan darah, dan sebagiannya.

Sampai saat ini masih terdapat potensi besar untuk memenuhi kebutuhan pasar pinang kering, baik di dalam atau luar negeri. Thailand, Singapura, Myanmar, China, Bangladesh, Afghanistan dan India merupakan sebagian negara yang menjadi tujuan ekspor dari olahan pinang kering untuk kebutuhan tekstil. Belum lagi beragam kebutuhan industri lain seperti kecantikan serta farmasi.

Kemampuan hidup di dataran 1 hingga 1.000 mdpl menjadi nilai tambah atas kemudahan pembudidayaan pinang. Jika berminat membudidayakannya, tersedia beragam jenis bibit pinang, seperti Pinang Betara, pinang unggulan Indonesia. Bibitnya bisa didapatkan dengan mudah pada Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul. Pemerintah pun ikut membantu dalam pengadaan bibit pinang melalui kementerian terkait untuk meningkatkan produksi pinang kering di Indonesia. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN BIBIT PINANG UNGGUL BERKUALITAS !!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila