WAJIB TAHU !!! 4 HAL TERKAIT PROSES PENGOLAHAN PINANG KERING

Proses Pengolahan Pinang. Buah pinang merupakan komoditas ekspor yang laku di pasaran. Bahkan Indonesia merupakan negara yang rajin ekspor biji pinang ke berbagai negara lain. Namun tahukah Anda bahwa proses pengolahan biji buah ini tidaklah mudah. Perlu waktu serta tenaga yang ekstra untuk dapat mengolahnya. Proses yang panjang di awali dengan penanaman pohon yang lama. Lalu ketika masa panen pun butuh perjuangan untuk dapat mengambilnya. Sebab pohon pinang ialah tanaman yang menjulang tinggi. Tidak berhenti di situ, proses penjemuran akan menjadi faktor penting dalam kualitas panen. Pada saat itu, pinang kering tahan berapa lama bergantung dari cuaca dan teknik yang dipilih.

Proses pengolahan pinang kering dengan cara dibelah terlebih dulu
Proses pengolahan pinang cungkil

Secara umum proses pengolahan pinang kering di Indonesia dibagi menjadi 2 turunan biji pinang kering yang banyak dikenal masyarakat luas, antara lain :

  • Pinang belah kering
  • Pinang bulat / utuh kering

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunggulan masing masing dari hasil biji pinang keringnya, dikarenakan wilayah Indonesia yang sangat beragam kondisi tanah, penyinaran matahari serta iklim yang mempengaruhi proses pengolahan pinang kering.

Beragam Teknik Penjemuran dan Pengupasan Serta Penjelasan Mengenai Proses Pengolahan Pinang Kering

1. Hamparkan di Pekarangan

Teknik penjemuran ini bisa dibilang merupakan cara lawas yang masih digunakan. Alasan penggunaan cukup simpel sebab hasil panen buah pinang hanya perlu di hamparkan di pekarangan ataupun di halaman kosong. Proses pengolahan pinang secara tradisional ini masih banyak dipilih karena terbukti sangat simpel. Sedangkan pinang kering tahan berapa lama pada proses ini bergantung pada sinar matahari atau cuaca.

Meski banyak digunakan sebagai alternatif mudah. Penjemuran dengan cara dihambarkan di pekarangan nyatanya memiliki banyak kelemahan. Beberapa di antaranya ialah ketika musim penghujan datang. Masuknya air ke dalam buah pinang akan mempengaruhi kualitas hasil panen biji tersebut. Padahal buah pinang yang berkualitas harusnya tidak memiliki banyak kandungan air. Selain itu kelemahan lain juga muncul yakni membutuhkan lahan kosong atau pekarangan yang luas. Alas untuk menjemur pun harus dipersiapkan pula.

2. Metode Digantungkan

Metode pengeringan buah pinang ini terbilang masih baru. Pilihan cara digantungkan merupakan inovasi baru agar kualitas hasil panen tetap terjaga. Mengingat dihamparkan di pekarangan terkesan ribet saat cuaca kurang mendukung. Beberapa petani mulai beralih dengan cara menggantungkan biji buah tersebut. Lagi pula proses penggantungan juga tak sulit layaknya menjemur pakaian. Bedanya Anda harus menggandeng beberapa buah pinang menjadi panjang seperti rambut. Buatlah ikatan sebanyak mungkin. Pada proses ini pinang yang kering akan jauh lebih berkualitas.

Setelah sudah membuat gandengan buah biji pinang maka persiapkan dahulu tempat untuk menggantung. Buatlah tempat seperti untuk menaruh pakaian. Bisa menggunakan kayu ataupun bambu agar tak perlu ribet. Pastikan tempat itu kuat mengingat penggunaan akan digunakan sebagai tempat berjemur biji dengan jumlah yang banyak. Bila sudah maka Anda dapat menaruh gandengan pinang yang sudah tersusun. Gandeng secara berjejeran agar terkena panas secara merata.

Proses pengolahan pinang kering dengan cara digantung agar lebih hemat ruang

Cara kedua ini sebetulnya jauh lebih efektif di banding metode pertama. Bukan tanpa alasan, pinang kering tahan berapa lama akan berpengaruh pada tahap penjemuran. Proses percepatan pinang kering pun akan berjalan jauh lebih cepat. Dengan demikian kulit buah akan terkelupas lebih cepat pula. Beda dengan menghambarkan di pekarangan, membuat gantungan untuk menjemur pinang jauh lebih irit tempat. Bahkan saat terjadi hujan pun Anda tak perlu repot memindahkan atau takut terkena kadar air yang banyak.

Baca Juga
Pengolahan Pinang Untuk Kesehatan Tubuh
Pengolahan Pinang Kering Agar Meningkatkan Harga Jual

3. Teknik Pengupasan Tradisional

Setelah mengetahui proses penjemuran buah pinang, kini saatnya membahas lebih lanjut proses pengolahannya yakni teknik pengupasan. Buah pinang perlu di kupas agar hanya tersisa bagian yang dibutuhkan saja. Mengingat jumlahnya yang banyak maka butuh usaha ekstra agar mampu mengupas semua buah. Beberapa petani masih mempercayakan cara tradisional yakni mengupas dengan manual. Kupasan biasanya dengan alat bantu berupa parang maupun pisau.

Bagaimanapun proses pengupasan secara tradisional jelas memiliki banyak kelemahan. Mengingat hasil panen yang banyak maka dibutuhkan waktu lama untuk bisa selesai. Lebih dari itu, Anda harus mempekerjakan banyak orang agar segera selesai. Maka dari itu, pinang kering tahan berapa lama pada proses pengupasan ini akan menjadi tambahan biaya yang lumayan mahal. Padahal harga pinang di pasaran terkadang sering kali naik turun.

4. Teknik Pengupasan dengan Mesin

Sejatinya teknologi sudah sangat maju. Berbagai mesin canggih sudah tercipta membantu kebutuhan petani. Sama halnya dengan mesin pengupas biji pinang. Mesin ini sebetulnya sangat penting sebab proses pengupasan menjadi tidak lagi memakan waktu, lebih aman dan praktis. Selain itu Anda dapat menghemat pengeluaran dengan tidak memerlukan pegawai khusus untuk mengupas. Namun sayangnya alat ini belum banyak tersebar. Bila pun ada tentu biaya untuk membelinya tidak murah.

Itu dia penjelasan mengenai proses pengolahan pinang kering. Pengolahan pasca panen pada buah pinang merupakan faktor penting dalam menjaga kualitas produk. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan secara detail setiap teknik yang di gunakan. Mengenai pinang kering tahan berapa lama juga bergantung dari segala proses pengolahan buah. Buah pinang kering bisa tahan hingga berbulan-bulan. Bila Anda tertarik membeli bibit pohon pinang berkualitas maka bisa memesan langsung di Lentera Mantang yang telah banyak menyediakan bibit pinang unggul.

2 komentar untuk “WAJIB TAHU !!! 4 HAL TERKAIT PROSES PENGOLAHAN PINANG KERING”

  1. Pingback: PETANI HARUS TAHU !!! 4 TAHUN UMUR PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  2. Pingback: 5 TAHAPAN CARA MENANAM PINANG AGAR CEPAT BERBUAH YANG LEBAT - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?