ANALISA USAHA BUDIDAYA PINANG DALAM DUNIA BISNIS

Buah pinang merupakan salah satu buah asli Indonesia. Manfaatnya pun cukup berguna, bisa digunakan sebagai obat-obatan, bahan makanan, dan lain sebagainya. Selain itu, pinang juga menjadi salah satu komoditi ekspor yang membuatnya banyak ditanam di berbagai daerah. Jika ingin mengembangkan usaha budidaya pinang maka itu termasuk ke dalam potensi bisnis yang menjanjikan.

Soalnya, cara membudidayakan pinang sendiri tidak begitu sulit. Siapapun bisa saja membudidayakan buah pinang ini. Awal yang dibutuhkan dan modal untuk menanam juga tidak terlalu mahal. Akan tetapi, sebelum itu perlu diperhatikan apa saja yang perlu di persiapkan ketika hendak melakukan usaha budidaya pinang. Tidak lupa, memikirkan analisa usaha budidaya pinang untuk menentukan tiap langkah yang dibutuhkan. Berikut beberapa peluang bisnis yang ada dalam budidaya pinang.

http://www.bibitpinangunggul.com/
Salah satu kegiatan di gudang ekspor pinang di Jambi

Beberapa Peluang Bisnis Dalam Analisa Usaha Budidaya Pinang

  1. Memulai Persiapan Budidaya Pinang. Jenis pertanian seperti palem-paleman, memang akan menjadi salah satu potensi bisnis yang tidak pernah mati. Begitupula jika dilihat dari segi budidaya pinang nantinya akan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

    Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha budidaya ini juga tidak terlalu mahal. Bisa dimulai dengan memakai lahan seadanya atau perkarangan kecil di rumah. Selain itu, cara untuk membudidayakan buah pinang termasuk mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

  2. Pelaku Bisnis Budidaya Pinang. Analisa usaha budidaya pinang salah satunya mencakup siapa saja yang akan menjalankan usaha bisnis budidaya pinang. Sebenarnya, siapapun bisa dan cocok untuk melakukan kegiatan pembudidayaan buah pinang. Bisa dibudidayakan oleh petani atau calon petani.

    Jika Anda masih bingung inging mengembangkan usaha bisnis apa, mungkin pilihan usaha budidaya pinang menjadi alternatif solusi untuk masalah kebingungan Anda. Alasan orang-orang ingin berbisnis dengan membudidayakan buah pinang ini, salah satunya adalah dilihat dari seberapa besar hasil keuntungan yang didapat.

  3. Pembeli Dalam Usaha Budidaya Pinang. Mencari konsumen untuk budidaya pinang ini cukup mudah. Karena dilihat dari berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari pinang. Organisasi seperti WHO atau Badan Kesehatan Dunia menyampaikan bahwa buah pinang ini bisa dijadikan salah satu bahan ampuh untuk obat-obatan. Bisa dijumpai dalam pasar, tingkat konsumen buah pinang di sana cukup besar.

    Biasanya dalam analisa usaha budidaya pinang, pelaku bisnis yang membutuhkan pinang dalam proses pembuatan bahan baku baik dalam ataupun luar negeri akan melakukan kegiatan ekspor. Negara-negara ASEAN lah yang mempunyai minat yang cukup dalam menghadapi jumlah permintaan buah pinang.

  4. Peralatan Perlengkapan yang Perlu Saat Budidaya Pinang. Supaya usaha budidaya pinang bisa lancar, maka perlu diketahui ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Peralatan-peralatan itu misalnya saja seperti pengadaan bibit pinang unggul. Bibit pinang unggul lumayan ada banyak jenisnya yaitu, betara, sumanggala, saigon, dan manggala.

    Selain mempersiapkan bibit pinang, peralatan pokok yang tidak kalah pentingnya yaitu gerobak dorong, sabit, cangkul, lahan, golok, selang air, timpa, pompa air, gunting, keranjang yang akan digunakan untuk wadah panen pinang, dan lain sebagainya. Pengadaan peralatan tersebut berguna untuk mendukung lancarnya usaha budidaya pinang.

    Baca Juga : Peluang Usaha Pinang Kian Menjanjikan

  5. Target Pemasaran Pinang.Mungkin, untuk pemasaran buah pinang itu sendiri sudah bisa dilakukan dengan langsung menjualnya ke pasar atau kepada orang yang berminat membelinya. Analisa usaha budidaya pinang memungkinkan Anda dapat mendistribusikannya kepada produsen industri yang memakai buah pinang sebagai bahan bakunya. Atau melalui toko online dan kegiatan ekspor ke negara lain yang membutuhkan persediaan buah pinang.

    Sampai sekarang ini, permintaan jumlah buah pinang relatif tinggi sedangkan petani pinang tidak berjumlah banyak dibandingakn tanaman seperti karet dan kelapa sawit.

  6. Pekerja Karyawan untuk Membudidayakan Pinang. Jika sedang berada di awal usaha, mungkin keberadaan seorang karyawan tidak terlalu dibutuhkan. Sebaliknya, usaha pembudidayaan bisa dilakukan mandiri dan semampunya.  Akan tetapi, jika usaha budidaya pinang milik Anda sudah mencapai jangkauan yang luas, tentunya perlu merekrut beberapa karyawan untuk mengurus lahan pinang Anda. Apalagi jika lahan yang Anda punyai memiliki luas berhektar-hektar. Tentu dibutuhkan kehadiran pekerja untuk meringankan beban Anda.
  7. Hasil Untung dari Usaha Budidaya Pinang. Dalam analisa usaha budidaya pinang, masalah keuntungan sudah pasti menjadi hasil akhir yang paling ditunggu-tunggu. Tidak perlu risau akan masalah untung yang didapat, karena pertanian pinang sudah cukup menjanjikan sebab keberadaannya yang cukup penting. Manfaatnya pun banyak dicari-cari oleh produsen-produsen industri.

Demikianlah beberapa peluang bisnis dalam analisa usaha budidaya pinang yang bisa Anda jadikan acuan sebelum melakukan budidaya. Selain itu, untuk analisa budidaya pinang itu mencakup investasi, biaya operasional per bulan, pendapatan per panen, keuntungan yang didapat per bulan, lama baliknya modal, dan lain sebagainya. Pengembangan usaha budidaya pinang ini perlu keuletan agar berkembang dengan baik. Perhatikan analisanya dan jangan sampai salah membuat perhitungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?