Langsung ke konten utama

ANALISA USAHA PINANG BETARA UNTUK DIJADIKAN PELUANG USAHA YANG MENJANJIKAN

Pinang batara memiliki banyak manfaat yang sangat dibutuhkan banyak orang. Terutama dalam bidang kesehatan, pinang batara sangat kaya akan kandungan yang dapat mengobati beberapa penyakit yang sering diderita oleh orang-orang pada umumnya. Oleh karena itu, usaha pinang batara merupakan sebuah usaha yang menjanjikan untuk ke depannya.

Akan tetapi, analisa usaha pinang betara juga harus dilakukan terlebih dahulu agar untuk ke depannya usaha tersebut dapat terus berjalan. Banyak aspek-aspek yang harus diketahui sebelum melakukan usaha pinang batara.

Aspek dan Analisa Usaha Pinang yang Perlu Diketahui
1. Memperoleh bibit yang unggul
Mengetahui tempat di mana Anda akan mendapatkan bibit pinang betara sangatlah perlu untuk dilakukan. Memperoleh bibit yang bagus tentunya akan membuat usaha Anda dalam budidaya serta pemanenan pinang betara akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tentu saja, dengan mengetahui bagaimana ciri-ciri pinang yang bagus untuk dipilih sebagai bibit usaha Anda, juga harus perlu dipelajari juga. Hal tersebut menjadikan sebuah analisa usaha pinang betara yang dapat menjanjikan hasil yang besar.

http://www.bibitpinangunggul.com/
Bibit Pinang Unggul Jenis Pinang Betara Bersertifikat

Untuk memilih bibit yang unggul, bisa diperhatikan pohon indukan yang akan dijadikan benih-benih usaha nantinya. Dengan pohon yang tumbuh lurus dan kokoh hingga 10 meter, serta diameter mencapai 45 centimeter, dapat Anda jadikan sebagai pilihan pertama. Kemudian amati pohon tersebut apakah mempunyai mahkota yang setengah bulat serta jumlah helaian daun yang tumbuh rata lebih dari 8 helai. Bila pohon tersebut sudah berbuah, amati juga tandan yang dimiliki apakah terdapat 4 atau lebih tandan dalam satu pohon tersebut. Itulah ciri-ciri bibit unggul yang dapat Anda manfaatkan untuk usaha Anda.

Tidak perlu khawatir bila Anda tidak menemukan tempat penjualan bibit unggul yang sesuai dengan kriteria-kriteria di atas. Anda dapat langsung datang langsung pada Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul yang berlokasi Jambi. Namun, apabila terlalu jauh, Anda dapat memesan secara online pada pada fanpage tempat tersebut. Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul menyediakan berbagai macam bibit pinang yang paling unggul dan paling terpercaya.


2. Mengetahui manfaat dari buah pinang betara
Semua usaha tentunya harus mengetahui manfaat yang didapat ketika seseorang membeli atau menggunakan produk Anda. Begitu juga dengan pinang betara. Analisa usaha pinang batara dengan cara mengetahui seberapa besar manfaat yang didapat dari buah pinang batara Anda. Karena ketika Anda mengetahui manfaat-manfaat apa saja yang dapat diambil dari pinang tersebut, tentunya akan menjadi semakin mudah dalam menjualnya.

Buah pinang betara memiliki manfaat yang sangat melimpah, terutama dalam bidang kesehatan. Manfaat yang dapat dimanfaatkan dari buah pinang antara lain yakni sebagai untuk konsumsi sehari hari dengan cara dikunyah menggunakan sirih, gambir dan soda, bahan obat-obatan, pewarna makanan, bahan dalam pembuatan kosmetik, dan sebagainya.


3. Mengetahui pangsa pasar
Setelah mengetahui manfaat-manfaat tersebut, Anda pastinya mempunyai gambaran ke mana Anda akan memasarkan pinang-pinang tersebut. Tentunya semakin banyak Anda mengetahui manfaat dari pinang betara tersebut, semakin banyak tempat yang hendak Anda tawari buah pinang betara.

Analisa usaha pinang betara dengan mengetahui target pemasaran yang baik, dapat dijadikan acuan ketika usaha Anda sudah mulai berkembang. Ketika sudah memiliki banyak pelanggan terutama pada pengusaha yang besar, tentunya akan meningkatkan permintaan pelanggan tersebut dan memperbesar usaha pinang betara. Hal tersebut dapat memungkinkan Anda menjadi pengusaha besar dalam waktu yang singkat.

Baca Juga :
Potensi dari Pemanfaatan Upih Pinang dan Limbah Pinang Lainnya
Analisa Panen Pinang Dalam 1 Hektar


4. Menganalisa pengeluaran dalam operasional usaha pinang betara
Memperhitungkan operasional merupakan aspek yang tidak boleh ketinggalan dalam analisa usaha pinang betara. Peralatan apa saja yang Anda perlukan dalam sebuah usaha serta kebutuhan operasional-operasional lainnya harus dihitung sedetail mungkin. Karena memperhitungkan setiap pengeluaran merupakan salah satu unsur yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.

Yang harus Anda hitung yakni, modal awal dari pembelian bibit pinang betara yang, peralatan yang digunakan, hingga pengeluaran rutin bulanan seperti upah karyawan, pemupukan dan penyemprotan. Dengan memperkirakan semuanya dengan benar, pastinya sebuah usaha akan jauh dari yang namanya kerugian.


5. Analisis hasil yang didapat
Analisa usaha pinang betara yang terakhir yaitu menghitung rata-rata pendapatan yang akan Anda hasilkan tiap bulan atau tiap tahunnya. Misal saja setengah hektar tanah ditanami 1100 - 1200 pohon, tiap hektar berpotensi menghasilkan biji pinang kering sampai 1000 kilogram atu 1 ton per bulan Untuk harga  pinang betara (kering) Rp 15.000,-/kg. Sehingga omset yang didapat dalam sebulan 1.000 x Rp 15.000,- = Rp 15.000.000 dalam sebulan. Namun jumlah segitu harus dikurangi oleh biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Analisa usaha pinang betara di atas merupakan analisa-analisa yang harus diperhatikan sebelum Anda memulai usaha tersebut. Dengan cara mempelajari dan memahami poin-poin di atas, tentunya akan membantu Anda dalam menjalankan usaha pinang betara yang cukup menjanjikan tersebut. Untuk analisa hasil, tentunya itu hanyalah contoh yang sangat berbeda dengan aplikasinya. Kadang apa yang didapat tidak sesuai keinginan. Di situlah mental pengusaha seseorang diuji. Semoga sukses dalam menjalankan usaha Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila