KETAHUI 5 HAL TERKAIT ANALISA USAHA PINANG YANG MENJANJIKAN

Analisa Usaha Pinang. Pinang betara memiliki banyak manfaat yang sangat dibutuhkan banyak orang. Terutama dalam bidang kesehatan, pinang betara sangat kaya akan kandungan yang dapat mengobati beberapa penyakit yang sering diderita oleh orang-orang pada umumnya. Oleh karena itu, usaha pinang betara merupakan sebuah usaha yang menjanjikan untuk ke depannya.

Analisa Usaha Pinang

Akan tetapi, analisa usaha pinang betara juga harus dilakukan terlebih dahulu agar untuk ke depannya usaha tersebut dapat terus berjalan. Banyak aspek-aspek yang harus diketahui sebelum melakukan usaha pinang betara.

Aspek dan Analisa Usaha Pinang yang Perlu Diketahui

1. Memperoleh Bibit yang Unggul

Mengetahui tempat di mana Anda akan mendapatkan bibit pinang betara sangatlah perlu untuk dilakukan. Memperoleh bibit yang bagus tentunya akan membuat usaha Anda dalam budidaya serta pemanenan pinang betara akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tentu saja, dengan mengetahui bagaimana ciri-ciri pinang yang bagus untuk dipilih sebagai bibit usaha Anda, juga harus perlu dipelajari juga. Hal tersebut menjadikan sebuah analisa usaha pinang betara yang dapat menjanjikan hasil yang besar.

Untuk memilih bibit yang unggul, bisa diperhatikan pohon indukan yang akan dijadikan benih-benih usaha nantinya. Dengan pohon yang tumbuh lurus dan kokoh hingga 10 meter, serta diameter mencapai 45 centimeter, dapat Anda jadikan sebagai pilihan pertama. Kemudian amati pohon tersebut apakah mempunyai mahkota yang setengah bulat serta jumlah helaian daun yang tumbuh rata lebih dari 8 helai. Bila pohon tersebut sudah berbuah, amati juga tandan yang dimiliki apakah terdapat 4 atau lebih tandan dalam satu pohon tersebut. Itulah ciri-ciri bibit unggul yang dapat Anda manfaatkan untuk usaha Anda.

Tidak perlu khawatir bila Anda tidak menemukan tempat penjualan bibit unggul yang sesuai dengan kriteria-kriteria di atas. Anda dapat langsung datang langsung pada Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul yang berlokasi Jambi. Namun, apabila terlalu jauh, Anda dapat memesan secara online pada pada fanpage tempat tersebut. Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul menyediakan berbagai macam bibit pinang yang paling unggul dan paling terpercaya.

2. Mengetahui Manfaat Dari Buah Pinang

Semua usaha tentunya harus mengetahui manfaat yang didapat ketika seseorang membeli atau menggunakan produk Anda. Begitu juga dengan pinang betara. Analisa usaha pinang batara dengan cara mengetahui seberapa besar manfaat yang didapat dari buah pinang batara Anda. Karena ketika Anda mengetahui manfaat-manfaat apa saja yang dapat diambil dari pinang tersebut, tentunya akan menjadi semakin mudah dalam menjualnya.

Buah pinang betara memiliki manfaat yang sangat melimpah, terutama dalam bidang kesehatan. Manfaat yang dapat dimanfaatkan dari buah pinang antara lain yakni sebagai untuk konsumsi sehari hari dengan cara dikunyah menggunakan sirih, gambir dan soda, bahan obat-obatan, pewarna makanan, bahan dalam pembuatan kosmetik, dan sebagainya.

3. Mengetahui Pangsa Pasar

Setelah mengetahui manfaat-manfaat tersebut, Anda pastinya mempunyai gambaran ke mana Anda akan memasarkan pinang-pinang tersebut. Tentunya semakin banyak Anda mengetahui manfaat dari pinang betara tersebut, semakin banyak tempat yang hendak Anda tawari buah pinang betara.

Analisa usaha pinang betara dengan mengetahui target pemasaran yang baik, dapat dijadikan acuan ketika usaha Anda sudah mulai berkembang. Ketika sudah memiliki banyak pelanggan terutama pada pengusaha yang besar, tentunya akan meningkatkan permintaan pelanggan tersebut dan memperbesar usaha pinang betara. Hal tersebut dapat memungkinkan Anda menjadi pengusaha besar dalam waktu yang singkat.

Baca Juga :
Potensi dari Pemanfaatan Upih Pinang dan Limbah Pinang Lainnya
Analisa Panen Pinang Dalam 1 Hektar

4. Menganalisa Pengeluaran Dalam Operasional Usaha Pinang

Memperhitungkan operasional merupakan aspek yang tidak boleh ketinggalan dalam analisa usaha pinang betara. Peralatan apa saja yang Anda perlukan dalam sebuah usaha serta kebutuhan operasional-operasional lainnya harus dihitung sedetail mungkin. Karena memperhitungkan setiap pengeluaran merupakan salah satu unsur yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha.

Yang harus Anda hitung yakni, modal awal dari pembelian bibit pinang betara yang, peralatan yang digunakan, hingga pengeluaran rutin bulanan seperti upah karyawan, pemupukan dan penyemprotan. Dengan memperkirakan semuanya dengan benar, pastinya sebuah usaha akan jauh dari yang namanya kerugian.

5. Analisis Hasil yang Didapat

Analisa usaha pinang betara yang terakhir yaitu menghitung rata-rata pendapatan yang akan Anda hasilkan tiap bulan atau tiap tahunnya. Misal saja setengah hektar tanah ditanami 1100 – 1200 pohon, tiap hektar berpotensi menghasilkan biji pinang kering sampai 1000 kilogram atu 1 ton per bulan Untuk harga  pinang betara (kering) Rp 15.000,-/kg. Sehingga omset yang didapat dalam sebulan 1.000 x Rp 15.000,- = Rp 15.000.000 dalam sebulan. Namun jumlah segitu harus dikurangi oleh biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Analisa usaha pinang di atas merupakan analisa-analisa yang harus diperhatikan sebelum Anda memulai usaha tersebut. Dengan cara mempelajari dan memahami poin-poin di atas, tentunya akan membantu Anda dalam menjalankan usaha pinang betara yang cukup menjanjikan tersebut. Untuk analisa hasil, tentunya itu hanyalah contoh yang sangat berbeda dengan aplikasinya. Kadang apa yang didapat tidak sesuai keinginan. Di situlah mental pengusaha seseorang diuji. Semoga sukses dalam menjalankan usaha Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?