CARA MEMILIH BIBIT PINANG YANG BAGUS UNTUK BUDIDAYA

Pohon pinang merupakan tumbuhan sejenis palma. Tumbuhan ini banyak ditemui di sekitar pasalnya, pohon ini merupakan tumbuhan asli Indonesia bahkan pohon pinang menjadi salah satu komoditi ekspor terbesar. Oleh karena itu, banyak petani yang membudidayakan jenis tanaman ini. Pohon pinang juga memiliki batang yang menjulang tinggi serta lurus. Untuk kualitas pinang yang bagus tentu membutuhkan bibit unggul yang berkualitas. Cara memilih bibit pinang yang bagus harus dilakukan dengan teliti agar tumbuhan dapat tumbuh dengan subur.

http://www.bibitpinangunggul.com/
Buah pinang yang akan dijadikan bibit

Cara Memilih Bibit Pinang Yang Bagus Dan Berkualitas Untuk Budidaya

  1. Pohon Pinang Harus Memiliki Lingkar Batang 45 cm
    Dalam memilih bibit pohon pinang yang ideal anda harus memperhatikan lingkar batang pohon tersebut. Bibit pinang yang ideal umumnya akan mempunyai lingkar batang 45 cm. Biasanya lingkar batang dapat diukur ketika pohon tersebut berukuran 1 meter dari tanah. Oleh karena itu sebelum memilih bibit alangkah baiknya mengukur lingkar batang terlebih dahulu karena cara ini merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih bibit unggul.
  2. Pohon Pinang Yang Ideal Memiliki Helai 8 Daun
    Cara memilih bibit pinang yang bagus juga harus mengamati dari segi pohon induknya. Anda bisa memilih bibit pohon pinang yang memiliki pertumbuhan daun yang bagus dan ideal. Aspek dalam memilih daun memang harus dilakukan secara teliti karena berpengaruh penting dalam proses budidaya pohon pinang dan juga untuk hasil panen di kemudian hari. Biasanya para petani lebih memilih bibit pinang yang memiliki daun berjumlah 8 helai. Selain itu, daun pohon pinang juga harus berbentuk rata serta terbuka.
  3. Pastikan Induk Pohon Pinang Tumbuh Secara Optimal
    Untuk menghasilkan panen budidaya pinang yang berkualitas alangkah baiknya anda mendatangi tempat penadah benih langsung. Karena disana anda dapat mengamati langsung manakah bibit yang layak ditanam dan tidak. Selain itu, anda juga dapat memastikan induk pohon yang bagus dengan memenuhi ciri seperti batang yang lurus dan tegak. Dan jangan lupa untuk pastikan induk pohon terbebas dari hama, gulma, wereng atau jenis penyakit lainnya.
  4. Tingkat Produksi Induk Pohon Pinang Stabil
    Cara memilih bibit pinang yang bagus selanjutnya dengan cara memperhatikan tingkat produksi pohon tersebut. Produktivitas merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuhan induk. Pasalnya, jika induk pohon pinang memiliki tingkat produktivitas yang stabil tentu akan menghasilkan bibit-bibit unggul yang berkualitas. Induk pohon pinang yang berkualitas biasanya akan mempunyai waktu produksi kurang lebih 4 sampai 5 tahun dan usia minimal pohon indukan 10 tahun. Bibit pinang yang berkualitas tentu akan tumbuh subur seperti induknya.

    Baca Juga :
    Proses Panen Pinang Betara
    Budidaya Pinang Betara, Varietas Unggul Asli Jambi

  5. Perhatikan Aspek Kondisi Tandannya
    Tidak hanya memperhatikan dari segi daun, lingkar batang dan batang. Aspek kondisi tandan juga sangat penting dan perlu dipertimbangkan karena bibit pinang yang unggul tentu dihasilkan dengan kondisi tandan yang ideal. Cara memilih bibit pinang yang bagus biasanya tandan tumbuhan pinang terdiri dari 4 buah bahkan lebih. Selain itu, jangan lupa pastikan terdapat buah pinang didalamnya kurang lebih 130 buah di tiap-tiap tandan.
  6. Pohon Pinang Tumbuh dengan Lurus, Tegar dan Mahkota Setengah Bulat
    Bibit pohon pinang yang berkualitas tentu juga harus memenuhi kriteria. Kriteria diantaranya seperti pohon tumbuh dengan tegar, lurus serta terdapat mahkota setengah bulat. Bahkan ada juga batang induk pohon pinang dapat tumbuh hingga 10 meter. Cara memilih bibit pinang yang bagus dengan memperhatikan aspek ini sangat penting untuk menciptakan hasil panen yang berkualitas.

Nah itulah beberapa cara memilih bibit pinang yang bagus untuk budidaya. Proses pemilihan bibit memang harus diseleksi dari segi daun, batang serta tingkat produktivitas. Oleh karena itu, alangkah baiknya anda mempelajari hal-hal diatas sebelum membeli bibit pohon pinang. Agar hasil panen di kemudian hari tumbuh dengan baik dan tidak mengecewakan. Untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul. Selain itu, dengan cara ini anda juga dapat memastikan tumbuhan yang akan ditanam layak dan bermutu.

Cara memilih bibit pinang yang bagus tidaklah sesulit yang kita kira hanya saja membutuhkan ketelitian serta ketelatenan. Apalagi tumbuhan ini sangat cocok tumbuh di cuaca beriklim tropis. Tak hanya itu, untuk melakukan budidaya pohon pinang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dengan modal seadanya anda dapat menanam tumbuhan ini dimana saja. Oleh karena itu banyak para petani di Indonesia yang lebih memilih budidaya pohon pinang. Di samping pemilihan bibit, anda juga harus memperhatikan aspek lainnya seperti penyakit tumbuhan walaupun hama mudah diatasi anda juga harus berhati-hati agar pohon pinang yang anda tanam dapat terhindar dari hama dan semacamnya.

DAPATKAN BIBIT PINANG BETARA TERBAIK PILIHAN !!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?