TIPS PEMUPUKAN POHON PINANG PADA LAHAN GAMBUT

Proses pemberian pupuk pada pohon pinang sangatlah perlu agar pohon pinang dapat tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. Namun, masih ada para petani yang belum membiasakan pemberian pupuk pada pohon pinang. Sehingga berakibat kekurangan unsur hara di berbagai lahan kebun pinang. Seiring bertambahnya waktu kini penanaman pohon pinang dapat dilakukan di lahan gambut. Selain itu, potensi pinang di lahan gambut mampu mengembalikan lahan-lahan gambut yang tidak terpakai. Pupuk pinang lahan gambut juga mudah ditemui. Berikut tips pemupukan pohon pinang pada lahan gambut.

http://www.bibitpinangunggul.com
Kebun Pinang Usia 2 Tahun di Kecamatan Pengabuan

Tips Pemupukan Pohon Pinang Pada Lahan Gambut Dengan Benar
1. Dosis Pemupukan Pohon Pinang
Tanah gambut mengandung tingkat keasaman yang tinggi oleh karena itu tanah gambut perlu kapur untuk menetralisir tingkat keasaman tersebut. Dosis pupuk dapat diberikan ketika pohon pinang telah berusia 4 tahun hingga keatas. Untuk kisarannya kurang lebih 100 gram nitrogen, 140 gram kalsium dan 40 gram fosfat atau juga bisa diberikan pupuk urea, organik maupun pupuk kandang. Hal tersebut setara dengan 240 gram KCL, 100 gram ZA, 80 gram TSP, dan 110 gram Urea.

Jika pohon pinang telah berusia 1 tahun atau yang baru dipindahkan ke lahan perkebunan dapat diberikan dosis mulai dari 25 %, 30 %, 50 %, dan 75 %. Pupuk pinang lahan gambut dapat diberikan sesuai dosis tersebut hingga pohon pinang mulai berproduksi dan berbuah. Dosis tersebut sudah banyak dilakukan oleh para petani di Indonesia. Dan tentunya telah mendapatkan takaran pas dan sesuai dengan lahan pohon pinang

2. Cara Pemupukan yang Benar
Selanjutnya cara pemupukan yang benar pada lahan gambut yaitu pupuk ditaburkan di sekitar tanaman dan juga bisa ditaburkan di permukaan lahan atau tanah. Selain itu, pemberian pupuk dapat dilakukan dengan cara penggemburan tanah dengan pupuk itu sendiri. Sebaiknya untuk pemberian pupuk dilakukan pada saat tanah masih lembab. Pemberian pupuk harus dilakukan dengan benar karena jika tidak bisa berimbas pada bibit pinang tersebut.

Cara pemberian pupuk yang lain dapat dilakukan dengan menukai pupuk di sekeliling pohon lebih tepatnya di ujung daun atau dengan jarak 15 cm dari bagian pangkal batang pohon tersebut. Tak hanya itu, penaburan pupuk bisa diberikan saat pagi hari atau sore hari. Jika sudah selesai jangan lupa untuk sirami tanaman tersebut. Pupuk pinang lahan gambut dapat diberikan secara rutin setahun 2 kali untuk hasil yang lebih baik.

3. Pemupukan Dilakukan Secara Bertingkat
Mengapa pemupukan dilakukan secara bertingkat? Karena dalam proses pertumbuhan pohon pinang membutuhkan kisaran jumlah pupuk yang lebih banyak dari sebelumnya agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan ideal. Pupuk pinang lahan gambut biasanya menggunakan pupuk organik. Pemupukan pupuk organik dapat berupa pupuk kompos, pupuk kandang atau pupuk pabrikan.

Anda membutuhkan kurang lebih 5,555 kg pupuk organik di setiap hektarnya. Selain itu, pemupukan sendiri dapat dilakukan setahun sekali jadi bisa dibilang di setiap tahunnya anda akan membutuhkan 5,555 kg pupuk. Pengaplikasian pupuk ini berlaku hingga masa produksi. Setelah memasuki masa tersebut, pemberian pupuk dapat diberi menggunakan NPK 100 gram setiap 3 bulan. Sedangkan untuk pupuk organik sendiri dapat diberi 5 kg per tahunnya.

Jika dirasa susah menemukan pupuk organik dapat diberikan pupuk dolomit kurang lebih 100 gram per 3 tahun. Pemberian pupuk dapat ditabur di pekarangan pohon pinang secara merata. Selain itu, ada alternatif lain untuk pemberian pupuk pada lahan gambut yakni dengan pupuk kimia yang beratnya berkisar 1/20 dari pupuk kandang. Pupuk pinang lahan gambut biasanya menggunakan pupuk kimia berjenis NPKMgO. Untuk kualitas sendiri hampir sama dengan pupuk organik.

Baca Juga : 
Jarak Tanam Ideal Untuk Pinang di Lahan
Tips Membuat Pinang Cepat Panen dan Berbuah Lebat

Demikian beberapa tips cara pemupukan pada pohon pinang. Di samping itu, pemupukan sendiri memiliki segudang manfaat yang baik untuk tanaman pinang. Misalnya, pohon akan cepat berbuah, tanaman dapat terhindar dari penyakit, serta kondisi pohon yang signifikan. Apalagi bagi anda yang sedang mencoba budiaya pinang di lahan gambut pemberian pupuk ini sangat dianjurkan. Sementara itu, lahan gambut yang tidak terpakai mampu mengembalikan ekonomi warga serta mampu menghidupkan lahan gambut.

Pupuk pinang lahan gambut juga bisa dibuat sendiri bagi anda yang tidak perlu repot menyetok pupuk organik. Selain itu, bagi anda yang sulit menemukan pupuk organik dapat menggantinya dengan pupuk kimia. Pupuk kimia kini sudah bisa ditemui dimana saja dengan harga cukup terjangkau. Di samping pemberian pupuk secara rutin alangkah baiknya juga disambi dengan pembersihan hama dengan insektisida untuk menjaga pohon pinang agar tetap sehat. Semoga tips ini dapat membantu anda lebih baik kedepannya. Untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui “Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul“.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?