ALASAN MENGAPA PENTINGNYA PEMBERIAN PUPUK PINANG AGAR BERBUAH LEBAT

Sudah banyak orang yang mulai membudidayakan tanaman pinang. Itu dikarenakan prospek ke depannya dalam pandangan bisnis cukup menjanjikan. Buah pinang juga mempunyai beragam manfaat seperti misalnya untuk obat-obatan, bahan makanan, dan lain sebagainya. Demi mendapatkan hasil pinang yang bagus dan berkualitas tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Anda harus telaten dalam memperhatikan kondisi tanaman pinang dan rutin memberikan pupuk secara berkala disesuaikan dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan. Pupuk mempunyai banyak manfaat untuk tanaman pinang. Salah satunya adalah pemberian pupuk pinang agar berbuah lebat. Selain itu, masih ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa pentingnya pemakaian pupuk untuk pinang. Simak, beberapa manfaat pemberian pupuk pada pinang dan penjelasannya.

http://www.bibitpinangunggul.com
Buah Pinang Masih Produktif di Masa Trek Karena Pemupukan yang Rutin

Beberapa Contoh Manfaat Pemberian Pupuk Pinang Agar Berbuah Lebat:

  1. Kondisi Tanah Semakin Subur. 
    Tanah dengan keadaan yang kekurangan unsur hara tidak baik untuk tanaman, termasuk tanaman pinang. Karena, jika kondisi tanah sudah tidak subur maka tanaman pinang akan sulit tumbuh dan berkembang. Subur atau tidaknya tanah nantinya pasti berdampak pada pertumbuhan tanaman pinang.

    Apabila tanah rutin secara berkala diberi pupuk, tanah tersebut akan menjadi lebih subur dan mengandung cukup unsur hara untuk menutrisi tanaman pinang. Selain itu, pemberian pupuk pinang agar berbuah lebat, bisa membuat struktur tanah membaik dan menghasilkan pinang yang berkualitas baik pula.

  2. Tanaman Pinang Tumbuh Secara Optimal. 
    Sudah tidak dipungkiri lagi, pemberian pupuk pada tanaman pinang mempunyai banyak sisi positif yang cukup berguna. Tanaman pinang yang mendapat nutrisi cukup dari pupuk akan bisa tumbuh baik dan tercukupi. Tidak menutup kemungkinan tanaman pinang akan tumbuh dengan menghasilkan begitu banyak buah yang gemuk –  gemuk. Karena, pupuk yang diberikan pada tanaman pinang menyebabkan pinang bisa berkembang dan tumbuh secara optimal. Selain itu, perkembangan tanaman pinang akan menjadi maksimal jika dibarengi pemberian pupuk secara rutin.
  3. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Pinang. 
    Selain pemberian pupuk pinang agar berbuah lebat, ternyata pupuk bisa membuat pertumbuhan tanaman pinang bertambah cepat waktunya. Hal itu bisa terjadi karena nutrisi yang pupuk berikan pada tanah akan menyebabkan subur dan tanaman pinang bisa tumbuh dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberi pupuk.
  4. Mengusir Hama Dari Tanaman Pinang. 
    Pupuk tidak hanya menutrisi dan menyuburkan tanah saja. Akan tetapi, juga bisa untuk mengusir hama atau penyakit dari tanaman pinang. Mengapa itu bisa terjadi? Alasannya adalah penggunaan pupuk pada tanaman pinang bisa meningkatkan kesehatan pada tanaman itu sendiri. Apalagi, jika takaran dosis yang digunakan sewaktu memupuk disesuaikan dengan umur tanaman pinang maka akan menghasilkan hasil yang baik. Pemberian pupuk bisa membuat tanaman pinang lebih tahan dengan serangan hama atau serangga yang mencoba untuk merusak tanaman pinang.

    Apabila hama atau gulma sudah tidak bisa menyerang tanaman pinang lagi, sudah dipastikan tanaman pinang tumbuh sehat. Jika tanaman pinang tumbuh sehat pastinya efek dari pemberian pupuk pinang agar berbuah lebat bisa menjadi kenyataan.

  5. Membuat Tanaman Pinang Berbuah Lebat. 
    Inilah yang paling diincar oleh petani saat menggunakan pupuk pada tanaman pinangnya. Penggunaan pupuk pinang agar berbuah lebat diakui menjadi cara yang manjur untuk dilakukan. Kembali lagi pada nutrisi yang diberikan pupuk pada tanaman pinang, nantinya akan membuat buah dari pinang itu menjadi lebat karena mendapat nutrisi yang cukup. Tentunya ini akan menjadi kabar gembira bagi para petani atau Anda yang sedang membudidayakan usaha pinang.

Baca Juga
Tips Pemupukan Pinang di Lahan Gambut
Cara Merawat Pinang Agar Cepat Berbuah

Pupuk bisa menjadikan tanaman pinang meningkatkan hasil produksinya. Maka dari itu buah pinang pun tumbuh lebat dan memanjakan mata. Karena, tanah mendapat unsur hara yang cukup dan nutrisi yang diberikan pupuk akan tersalurkan pada tanaman pinang sehingga bisa membuat tanaman pinang tumbuh dengan baik. Penggunaan pupuk pada tanaman pinang memang sudah banyak terbukti manfaatnya. Jika Anda adalah seorang petani yang berkebun pinang maka rutinlah memakai pupuk seperti yang sudah dianjurkan. Berilah pupuk pada saat awal musim penghujan dan di akhir musim penghujan dalam rentan waktu 6 bulan sekali.

Demikianlah beberapa contoh manfaat yang bisa didapat dari pemberian pupuk pada tanaman pinang. Pemberian pupuk pinang agar berbuah lebat terbilang manjur dilakukan. Ada dua pilihan dalam memilih jenis pupuk untuk kebun pinang Anda. Bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk non organik yang disesuaikan dengan kebutuhan tanaman pinang. Apabila rutin memberi pupuk pada tanaman pinang, yaitu dua kali dalam setahun seperti yang dianjurkan. Maka akan mendapatkan hasil berupa buah pinang yang tumbuh lebat dan banyak. Tentunya itu akan menjadi kegembiraan tersendiri bagi sang petani atau Anda sendiri yang kini sedang membudidayakannya.

 DAPATKAN BIBIT PINANG BETARA ASLI !!!


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?