CARA MEMBUAT BIBIT PINANG UNGGUL DAN MEMBUDIDAYAKANNYA

Dalam proses pembudidayaan pinang salah satu hal yang perlu dipersiapkan dengan baik adalah memilih bibit pinang. Bibit yang dipilih harus memiliki kualitas yang baik atau dengan kata lain unggul. Sebab, bibit yang unggul nantinya akan mempengaruhi hasil panen yang akan diperoleh. Pada umumnya bibit untuk pohon pinang yang berkualitas baik bisa diperoleh dari beberapa proses yang lumayan panjang seperti berikut ini.

http://www.bibitpinangunggul.com
Pinang yang berusia 1 tahun dilahan

Bibit Pinang Unggul Ternyata Dapat Melimpahkan Hasil Panen, Yuk Intip Cara Pembuatannya
1. Pemilihan Bibit
Perlu diketahui bahwa sebelum memasuki proses pembuatan bibit dari pinang, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibitnya terlebih dahulu. Ciri-ciri pohon yang bisa menghasilkan bibit unggul biasanya tidak terdapat kemungkinan adanya penyakit atau hama, pohonnya kokoh, daunnya lebat, bisa berbuah sesuai dengan waktunya dll.

Semua itu harus diperhatikan secara jeli agar nantinya dapat memperoleh bibit yang berkualitas. Proses pemilihan bibit nyatanya juga menyita waktu petani agar tidak salah pilih, namun jika ingin memperoleh bibit unggul tanpa membuang tenaga, Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul dapat menjadi solusi yang tepat. Karena bisa dipastikan bibit-bibit yang dijual di sana tidak akan mengecewakan para petani.

2. Cara Pembuatan Bibitnya
Setelah dirasa memperoleh bibit pohon pinang langkah selanjutnya adalah cara pembuatan bibit unggulnya. Pertama yaitu melakukan pembersihan terhadap cikal bakal bibitnya. Kedua, rendam benih pinang dengan air bersih agar bibit bisa tahan dari penyakit dan tidak ditumbuhi jamur, tambahkan fungisida yang bersifat organik ke dalam air.

Tujuan lain dari perendaman yaitu untuk memudahkan permeabilitas kulit biji pinang terhadap oksigen yang akan masuk. Dengan begitu benih akan lebih cepat tumbuh cambah sehingga dapat mempercepat pula proses penanaman. Ketiga, taruh benih pinang pada tempat yang minim pencahayaan karena memang biji pinang sangat sensitif terhadap cahaya.

Keempat, tunggulah sekitar 1-2 bulan sampai benih pinang tumbuh kecambahnya, baru setelah itu pindahkan ke lahan yang telah disiapkan. Hal penting yang harus diperhatikan pula adalah proses pemindahan benih pinang unggul, usahkan menunggu sampai daunnya berjumlah 5 lembar atau lebih, agar nantinya pinang bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas serta banyak jumlahnya.

3. Proses Penanaman
Bibit pinang unggul yang sudah siap untuk dipindahkan ke lahan usahkan pula untuk tidak sembarangan dalam menanamnya. Karena pertumbuhan pohon pinang juga dapat dipengaruhi oleh jarak tanamnya. Meski pada umumnya jarak ini bisa disesuaikan dengan bentuk lahannya, akan tetapi lebih baik lagi jika ada perhitungan dalam jarak tanam pohon pinang.

Pola tanam pohon pinang yang paling baik yaitu menggunakan metode segilima atau segitiga. Tak harus ditanam lurus sejajar seperti penggaris, namun bisa divariasi dengan bentuk lain. adapula jarak tanam yang sangat rekomendasi menanam pinang yaitu berukuran 2,5×3 m sampai 2,7×2,7 m. Jangan terlalu dekat dan terlalu jauh, agar pencahayaan yang masuk dan diserap oleh pohon bisa sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Baca Juga :
Jenis Pinang Unggul yang Banyak di Budidayakan
Alasan Penggunaan Pupuk untuk Meningkatkan Hasil Panen Pinang
Jarak Tanam yang Ideal untuk Tanaman Pinang agar Berbuah Lebih Lebat

4. Proses Perawatan
Bibit pinang unggul yang telah tumbuh menjadi pohon, perlu juga mendapatkan perawatan dari petani. Seperti memberikan pupuk setiap periode yang telah ditentukan, membersihkan ilalang yang ada di sekitarnya, membersihkan daun-daun kering, menyemprotkan bahan organik untuk membasmi hama dan masih banyak lagi lainnya. Semua itu dilakukan agar pinang sehat sehingga dapat memberikan hasil panen yang maksimal.

5. Masa Panen
Setelah semua tahap selesai, tinggalah menunggu masa panen buah pinang. Biasanya pohon pinang bisa dipanen ketika sudah berumur 3 tahun ke atas. Sebab, pada usia inilah pinang dinilai produktif dalam menghasilkan buah. Petani bisa memanen buah pinang dalam kondisi mentah ataupun matang. Sesuai kebutuhan permintaan konsumen. Namun, jangan lupa untuk tetap memupuknya agar pinang tetap tumbuh subur.

Itulah beberapa penjelasan terkait cara membuat bibit pinang unggul dan pembudidayaannya. Meski terbilang cukup rumit namun hasil penjualan panen buah pinang akan sangat memuaskan petani. Sebab, buah pinang tak hanya laku keras di dalam negeri saja, melainkan sudah sampai mancanegara.

DAPATKAN SEGERA BIBIT PINANG UNGGUL TERPERCAYA !!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?