CARA MENGHASILKAN BIBIT PINANG SUPER DAN BERKUALITAS

Bibit pinang super akan lebih banyak dipilih oleh para petani karena bibit pinang yang berkualitas akan membantu proses budidaya menjadi lebih mudah. Tak hanya itu, bibit pinang tersebut juga mampu menghasilkan panen yang berkualitas dari pada bibit yang biasa saja. Oleh karena itu, pentingnya merawat bibit sangatlah perlu untuk budidaya. Tentu cara ini pun tidak mudah bagi kalian yang baru terjun di dunia pertanian. Butuh ketelatenan dan kesabaran tinggi untuk menghasilkan bibit tersebut, nah bagi kamu yang masih belum tahu cara menghasilkan bibit pinang yang baik. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghasilkan bibit pinang super dan berkualitas.

http://www.bibitpinangunggul.com
Bibit Pinang Super berusia 5 bulan

Cara Menghasilkan Bibit Pinang Super dan Berkualitas untuk Budidaya
1. Penanaman Pinang Dilakukan di Dataran Rendah
Sebenarnya bibit pinang sendiri bisa ditanam di dataran tinggi maupun rendah karena umumnya pinang dapat berkembang dengan baik di ketinggian 0 sampai 1000 mdpl. Namun, berdasarkan hasil riset dari beberapa petani. Penanaman yang dilakukan di dataran rendah mampu menghasilkan kualitas yang lebih baik dari pada di dataran tinggi. Selain itu, idealnya bibit pinang harus ditanam maksimal di ketinggian 600 meter di permukaan laut.

Dan untuk lahan pinang sendiri, harus mempunyai pH yang berkisar antara 4,6 sampai 8. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan bibit pinang yang bagus. Tanaman harus mendapatkan pancaran sinar matahari selama 6 – 8 jam per hari atau setara dengan 120 jam per bulan. Di samping itu, kadar suhu dataran tersebut juga harus dipertimbangkan. Bibit pinang super biasanya ditanam di lahan yang memiliki kadar suhu antara 20 sampai 30 derajat celcius.

2. Perkecambahan Benih yang Bagus
Sebelum lebih lanjut, untuk menghasilkan bibit pinang yang super dan berkualitas harus melalui tahap perkecambahan benih yang bagus. Biasanya, perkecambahan akan tergantung pada air, suhu, oksigen dan cahaya. Bibit pinang super biasanya membutuhkan sirkulasi oksigen yang baik. Oleh sebab itu, sebelum dilakukan penyemaian bibit pinang akan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, benih pinang yang telah dibersihkan tadi akan direndam menggunakan air.

Tujuan perendaman benih sendiri agar mempermudah terjadinya proses imbibisi atau permeabilitas terhadap kulit benih yang nantinya akan berfungsi sebagai masuknya oksigen. Dengan begitu, proses perkecambahan akan menjadi lebih bagus dan berlangsung lebih cepat. Selanjutnya, pilihlah tempat yang gelap agar membantu perkecambahan benih menjadi cepat. Jika sudah, tunggu kurang lebih 1 sampai 2 bulan untuk proses pertumbuhan benih pinang.

3. Menjaga Jarak Penanaman Bibit Pinang
Setelah proses perkecambahan telah berlangsung dengan waktu yang sesuai makan bibit pinang yang sudah mulai berkembang dapat dipindahkan ke lahan perkebunan. Umumnya, bibit pinang yang akan dipindah akan memiliki ciri seperti mempunyai daun 5 lembar atau lebih. Dalam tahap ini, anda perlu mempertimbangkan jarak penanaman bibit tersebut. Biasanya, proses penanaman akan dipengaruhi oleh pola tanam tumpang sari atau monokultur.

Baca Juga : 
Jarak Tanam Ideal untuk Tanaman Pinang
Tips Mudah Menyemaikan Bibit Pinang Agar Berhasil

Bibit pinang super biasanya harus ditanam menggunakan jarak di tiap-tiap tanaman pinang agar pinang sendiri dapat cepat tumbuh dan berbuah. Ada beberapa jenis pilihan pola penanaman ada yang menggunakan segilima dan ada juga yang segitiga. Jarak tanaman tersebut tidak harus lurus sejajar, anda dapat memilih jarak tanaman yang berkisar mulai 2,5 x 3 meter, 2,75 x 2,75 meter atau 3 x 3 meter. Dengan begitu, pohon pinang yang anda tanam jauh lebih fleksibel dan mampu menghasilkan bibit pinang yang super dan berkualitas.

Demikian beberapa tips cara menghasilkan bibit pinang yang super dan berkualitas yang bisa disampaikan. Bibit pinang super memang banyak dicari oleh para petani yang ingin melakukan budidaya pohon pinang. Tips diatas tidak hanya menghasilkan bibit pinang yang cukup super namun, juga mampu menghasilkan panen yang lebih melimpah. Dan pastinya akan membawa keuntungan bagi siapapun yang membudidayakannya. Kini banyak beberapa produsen yang menghasilkan bibit pinang yang berkualitas salah satunya Lentera Mantang. Untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui “Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul

DAPATKAN BIBIT PINANG UNGGUL TERBAIK !!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?