PROSPEK BUDIDAYA PINANG BETARA DI INDONESIA

Pinang merupakan buah yang saat ini banyak dicari karena memiliki banyak kegunaan, diantaranya sebagai hiasan, campuran obat, hingga pewarna makanan. Di Indonesia, prospek budidaya pinang betara cukup menghasilkan. Apalagi buah pinang cocok ditanam di lahan yang sempit dan tidak perlu banyak perawatan.

Kebun Pinang Betara yang Mulai disulam untuk Peremajaan

Penjelasan Lengkap Prospek Budidaya Pinang Betara
Anda yang berniat untuk melakukan budidaya pinang betara, berikut merupakan penjelasan lengkap yang akan membantu Anda memperkirakan prospek pinang betara ke depannya. Dari mulai pembibitan, perawatan, hingga distribusinya.

a. Permulaan Bisnis
Anda dapat mulai pembibitan pinang dengan dana yang tidak terlalu besar, dan menanamnya di kebun atau pekarangan rumah Anda. Karena ukuran pohon yang tidak begitu besar, buah pinang ini cocok ditanam di daerah yang tidak terlalu banyak kandungan airnya.

Setelah berbuah, Anda bisa menjualnya ke pengepul, atau mengolahnya terlebih dahulu kemudian melakukan ekspor ke luar negeri. Prospek budidaya pinang betara cukup menjanjikan, walaupun ia hanya sebagai usaha sampingan di rumah.

b. Konsumen Pinang Betara
Jangan terlalu khawatir terkait konsumen pinang betara, sebab ia bisa digunakan untuk berbagai macam obat-obatan. Di Indonesia, kebutuhan buah pinang cukup tinggi, namun masih sedikit petani yang memahami pangsa pasar tersebut. Merupakan kesempatan bagi Anda untuk memulai bisnis pinang betara sejak dini.

Selain Indonesia dan berbagai pabrik lokal, Anda bisa melakukan ekspor pinang betara ke luar negeri, misalnya di India, Bangladesh, serta Pakistan merupakan negara dengan kebutuhan pinang yang sama tingginya. Pasar ASEAN juga terbuka lebar, kemudian mengikuti wilayah Asia dan Amerika.

Keunggulan Pinang Betara yang Belum Diketahui Banyak Orang

c. Peralatan yang Perlu di Persiapkan
Terdapat beberapa peralatan yang baiknya Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mulai melakukan penanaman pinang betara, diantaranya adalah:

  1. Pengadaan dan pemilihan bibit pinang betara yang unggul. 
  2. Peralatan olah kebun, seperti cangkul, gerobak dorong, golok, keranjang, maupun sabit, yang nantinya digunakan untuk merawat dan melakukan panen. 
  3. Peralatan irigasi, seperti timba, pompa air, selang, dan lain sebagainya. 

Dengan peralatan tersebut, Anda bisa melakukan penamanan, pengolahan tanah, pemeliharaan buah pinang, serta panen dengan hasil yang maksimal dan tanpa ada halangan.

d. Distribusi Pinang
Hal penting lain terkait prospek budidaya pinang betara selanjutnya adalah distribusi atau pemasaran pinang. Cara pertama adalah menjualnya langsung ke pengepul pinang di kota Anda, sedangkan cara kedua Anda menjualnya langsung ke pabrik atau pelaku bisnis yang menggunakan pinang sebagai bahan baku.

Apabila ingin keuntungan yang lebih besar, Anda bisa mulai melakukan ekspor ke luar negeri dan menyasar negara dengan kebutuhan pinang yang tinggi. Umumnya, pinang di jual dalam keadaan kering, walaupun tidak jarang ada yang membelinya dalam keadaan basah. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu hal tersebut ke pihak yang terkait untuk melakukan pembelian.

e. Analisis Usaha
Misalnya dalam 1 hektar tanah, Anda menanam 1100 batang pohon pinang betara, dan diperkirakan akan panen setiap bulan. Jika per satu hektar pohon bisa menghasilkan kurang lebih 5000 kilogram pinang basah.

Untuk satu tahun, Anda bisa mendapatkan sekitar empat puluh ribu kilogram pinang betara basah yang siap untuk dijual. Harga terakhir buah pinang basah adalah 2.500 rupiah untuk tiap kilogramnya, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan kotor sekitar 100 juta rupiah dalam satu tahun.

Baca Juga :

Mengenal Pinang Betara, Varietas Unggul Pinang Asli Jambi

f. Pinang yang Dikeringkan dan Dijual
Prospek budidaya pinang betara memang cukup menghasilkan, karena antara pinang yang masih basah dan  pinang yang sudah kering memiliki rentang nilai yang berbeda. Jika sebelumnya pinang basah dihargai 2.500 untuk tiap kilogramnya, maka pinang betara kering akan dihargai 15 ribu sampai 20 ribu rupiah untuk tiap kilonya.

Pinang basah dan kering memiliki jumlah buah yang berbeda, karena tiap 5 ton buah pinang basah, hanya akan dihasilkan 1 ton pinang kering. Karena itu harganya menjadi dua kali lipat lebih mahal. Jika sebelumnya Anda panen 40 ton, Anda hanya akan mendapatkan 8 ton buah pinang kering.

Setelah mengetahui detail terkait prospek keuntungan dari budidaya buah pinang, mungkin akan banyak dari petani yang sekarang ingin mengolah lahannya menjadi kebun pinang. Tentu Anda membutuhkan bibit pinang betara unggulan untuk hal tersebut, karena itu untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui “Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul“.

Demikianlah ulasan singkat terkait prospek budidaya pinang betara yang ada di Indonesia. Dengan hasil yang menjanjikan tersebut, Anda bisa mengolah lahan kosong Anda menjadi suatu prospek budidaya yang menguntungkan. Semoga dengan informasi tersebut Anda akan mendapatkan ilmu yang baru dan bermanfaat untuk menambah pengembangan ide bisnis ke depannya.

DAPATKAN BIBIT PINANG BETARA BERKUALITAS !!!


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?