KETAHUI 5 CIRI POHON PINANG YANG DIBERI PUPUK CEPAT BERBUAH

Ciri Pohon Pinang yang Diberi Pupuk. Buah pinang atau nama latinnya adalah Areca catechu merupakan salah satu tanaman yang tergolong ke dalam jenis palem – paleman. Tanaman pinang ini mempunyai nilai ekonomis tinggi dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat luas. Untuk mendapatkan hasil buah pinang yang berkualitas baik maka diperlukan perawatan intensif. Cara perawatan pinang pun sebenarnya tidak terlalu susah, Anda perlu menyiapkan lahan dan melakukan pembibitan. Jika Anda membutuhkan bibit unggul maka sudah tersedia di Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul. Nah, salah satu proses dari perawatan pinang adalah dengan memberinya pupuk. Pohon pinang yang diberi pupuk pastinya akan berbeda. Yuk, simak ciri – ciri pohon pinang yang diberi pupuk pinang agar cepat berbuah lebat.

Ciri pohon pinang yang diberi pupuk, tumbuhnya lebih subur

Ciri – Ciri Pohon Pinang yang Diberi Pupuk Pinang Agar Cepat Berbuah

1. Kondisi di Sekitar Tanahnya Subur

Ciri ciri pohon pinang yang diberi pupuk adalah tanah akan menjadi lebih subur. Karena, pupuk memperbaiki struktur tanah yang tadinya rusak menjadi lebih baik. Kebutuhan unsur hara yang diperlukan oleh tanah menjadi tercukupi karena diberi pupuk. Oleh karena itu, tanaman pinang akan ikut tumbuh subur soalnya mendapat nutrisi yang cukup dari tanah. Hal itu bisa terjadi, sebab tanah diberi pupuk pinang agar cepat berbuah.

Jika Anda menjumpai daerah di sekitar tanaman pinang tandus atau tak terawat, maka pohon tersebut tidak diberi pupuk pinang. Pupuk diberikan dengan tujuan supaya tanah menjadi lebih humus dan menyuburkan tanaman. Unsur hara di dalam tanah itulah yang membuat tanah subur dan tanaman pinang mendapat banyak nutrisi.

2. Pohon Pinang Terhindar Dari Hama dan Penyakit

Ciri pohon pinang yang diberi pupuk selanjutnya adalah ketahanan pohon semakin meningkat dari serangan hama atau penyakit yang mencoba  untuk hinggap ke pohon pinang. Pohon  pinang bisa menjadi kebal karena pupuk membuat pohon pinang semakin sehat dan subur sehingga terhindar dari hama dan penyakit. Jika Anda menjumpai pohon pinang yang tidak diserang hama atau gulma pasti petaninya menggunakan pupuk pinang.

3. Pohon Pinang Berbuah Lebat

Ciri pohon pinang diberi pupuk adalah berbuah lebat

Salah satu hasil yang diperoleh dari penggunaan pupuk pinang agar cepat berbuah memang terbukti apa adanya. Pupuk menyebabkan tanaman pinang tumbuh secara optimal dan menghasilkan banyak buah pinang. Jika dibandingkan dengan pohon pinang yang tidak diberi pupuk, maka akan kelihatan jauh perbedaannya. Pohon pinang yang diberi pupuk akan menghasilkan lebih banyak buah pinang ketimbang pohon pinang yang tidak diberi pupuk.

Buah hasil pemupukan pastinya lebih gemuk ketimbang buah pinang yang tidak diberi pupuk. Nutrisi yang berasal dari pupuk dan didapatkan dari tanah tersalurkan melalui pohon pinang. Sehingga, buah pinang pun tampak lebih berisi daripada buah pinang lainnya. Jika Anda menjumpai pohon pinang yang berbuah gemuk, sudah bisa diyakini jika petani yang menanamnya menggunakan pupuk pinang agar cepat berbuah.

Baca Juga
Dosis Pupuk Untuk Tanaman Pinang Yang Tepat
Jenis Pupuk yang Tepat untuk Hasil Panen Meningkat

4. Buah Pinang Tumbuh Lebih Cepat

Ciri ciri pohon pinang yang diberi pupuk selanjutnya bisa meningkatkan waktu pertumbuhan dari tanaman pinang itu sendiri. Tanaman pinang bisa tumbuh lebih cepat dalam jangka waktu yang relatif singkat karena efek dari penggunaan pupuk. Pupuk menyebabkan pohon pinang tumbuh lebih subur sehingga proses pertumbuhannya pun menjadi cepat.  Kecepatan pertumbuhan dari tanaman pinang ini menjadi salah satu strategi petani untuk meningkatkan hasil produksi.

Apabila tanaman pinang dapat tumbuh dengan cepat berkat pupuk pinang agar cepat berbuah, maka hasil produksi bertambah dan stok pinang untuk klien lebih banyak.  Pupuk pinang diberikan setiap 6 bulan sekali atau dalam setahun Anda hanya perlu memberikan pinang pupuk dua kali saja. Pemberian pupuk dalam jangka waktu tersebut sudah mampu mengoptimalkan pertumbuhan pohon pinang milik Anda.

5. Tampilan Buah Pinang Lebih Segar

Ciri ciri pohon pinang yang diberi pupuk terakhir adalah tanaman pinang yang mendapatkan supplay dari pupuk tentunya akan menghasilkan buah pinang dengan kualitas yang berbeda. Buah pinang ini nantinya akan mempunyai tampilan yang lebih ‘wah’ ketimbang buah pinang yang tidak memakai pupuk. Selain buah pinang akan gemuk,  kondisi dalamnya pun juga akan bagus karena mendapat nutrisi dari pupuk yang dipakai.

Nah, itulah beberapa contoh ciri – ciri pohon pinang yang diberi pupuk pinang agar cepat berbuah. Penggunaan pupuk memang terbukti manjur untuk mengoptimalkan pertumbuhan pinang. Sudah banyak manfaat yang didapat dari penggunaan pupuk untuk tanaman pinang. Salah satunya adalah pohon pinang cepat berbuah. Kecepatan berbuah ini tentu saja menjadi hal yang paling diharapkan oleh petani atau Anda yang sedang membudidayakan pinang. Ketika sedang berencana membeli pinang, pastikan Anda memperhatikan kualitas buahnya terlebih dahulu. Apakah tanaman pinang diberi perawatan untuk menentukan kualitas baik buruknya. Anda bisa menggunakan beberapa ciri – ciri pohon pinang yang diberi pupuk di atas sebagai pedoman dalam memilih buah pinang untuk  di bawa pulang.

1 komentar untuk “KETAHUI 5 CIRI POHON PINANG YANG DIBERI PUPUK CEPAT BERBUAH”

  1. Pingback: PERHATIKAN !!! 4 TAHAPAN PEMUPUKAN SESUAI DOSIS PUPUK PINANG YANG TEPAT - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?