WAJIB TAHU !!! 3 CARA BERKEBUN PINANG YANG BENAR UNTUK PEMULA

Cara Berkebun Pinang. Pinang merupakan tanaman yang memiliki banyak kegunaan. Sehingga daya jual tanaman satu ini sangatlah tinggi dibanding dengan tanaman palem-paleman lainnya. Banyak para petani pemula yang ingin langsung terjun ke perkebunan pinang bahkan tidak tahu cara berkebun pinang yang benar. Meskipun terbilang gampang dalam budidayanya, pastinya para petani harus memperhatikan detail sekecil apapun agar hasil yang didapat juga akan semakin meningkat.

Tips dan Cara Berkebun Pinang yang Benar untuk Pemula

Tanaman pinang sendiri merupakan sebuah tanaman yang sudah banyak tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis layaknya di Indonesia. Pohon pinang juga mudah beradaptasi dengan keadaan lingkungan tempat tumbuhnya. Meskipun begitu, bila tidak dirawat secara intensif, pinang akan kesulitan untuk menghasilkan buah yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Oleh sebab itu, terdapat teknik-teknik atau cara berkebun pinang yang benar khususnya bagi para pemula yang sedang merintisnya.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan budidaya atau berkebun pinang:

1. Bibit Unggul

Cara berkebun pinang yang benar adalah pada proses pemilihan bibit unggul agar memperoleh hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, sebelum memulai, pastikan Anda paham bagaimana cara untuk menentukan keunggulan sebuah bibit pinang. Bibit yang unggul pastinya memiliki ciri-ciri yang yang terdapat pada indukannya, seperti:

  • Daun yang tumbuh pada indukan haruslah lebat yang memiliki lebih dari 8 helai;
  • Pertumbuhan optimal pada batangnya yang terlihat lurus serta memiliki mahkota yang berbentuk setengah bola;
  • Pohonnya memiliki diameter yang ideal dan tidak terlalu kecil untuk sebuah pohon pinang dewasa;
  • Pohon pinang haruslah stabil dalam memproduksi buah-buah pinangnya;
  • Tandan yang dihasilkan oleh satu pohon pinang yang unggul minimal 4 tandan serta setiap tandannya terdapat hingga 60 buah bahkan bisa lebih.
Cara Berkebun Pinang Yang Benar Untuk Pemula
Kebun indukan Blok Penghasil Tinggi pinang betara untuk dijadikan bibit pinang unggul

Tentunya Anda harus sangat selektif dalam memilih sebuah atau beberapa bibit yang akan digunakan nantinya seperti di atas. Lebih baik lagi Anda bisa langsung bertanya atau sharing ke sesama petani pinang yang telah sukses untuk membantu memilihkan bibit yang unggul. Anda juga dapat memperoleh bibit yang sangat unggul pada tempat pembibitan pinang seperti di Lentera Matang – Bibit Pinang Unggul yang telah banyak membantu para petani dalam menghasilkan pinang yang berkualitas.

2. Lahan Perkebunan

Cara berkebun pinang yang benar selanjutnya adalah memperhatikan kondisi lahan yang akan ditanami pinang. Meskipun pinang dapat tumbuh di berbagai medan, namun harus diperhatikan juga bagaimana keadaan lahan yang hendak Anda gunakan sebagai tempat hidupnya tanaman tersebut. Bila tidak ingin bersusah payah dalam berkebun, coba sediakan lahan yang terdapat pada ketinggian 1 hingga 600 meter dpl. Karena cuaca di ketinggian tersebut sangat cocok untuk pertumbuhan para bibit pohon pinang.

Baca Juga : Jarak Tanam yang Ideal untuk Budidaya Pinang

Usahakan menyediakan lahan yang terbuka dan dapat dijangkau oleh sinar matahari. Karena bila sinar susah masuk, pohon akan tumbuh tinggi untuk mencari sinar matahari tersebut yang dapat mengakibatkan sering roboh. Serta perhatikan juga tingkat keasaman tanah yang hendak ditempati. Usahakan memiliki pH netral. Biasanya jauh dari pabrik dan sungai yang telah tercampur limbah.

3. Cara Menanam dan Perawatan

Setelah Anda memperoleh bibit yang unggul dan lahan yang sesuai, lakukan sebuah proses perkecambahan pada bibit tersebut. Bersihkan terlebih dahulu bibit yang sudah Anda dapatkan kemudian rendam pada air bersih. Anda juga dapat menambahkan beberapa fungisida organik yang dapat dibuat sendiri. Proses ini biasanya memakan waktu 1,5 hingga 2 bulan agar dapat menumbuhkan daun. Lakukan di tempat yang gelap dan jangan terkena sinar matahari secara langsung.

Periksa setiap bibit yang telah Anda rendam selama jangka waktu tersebut. Pisahkan benih unggul yang telah menumbuhkan 5 lembar daun bahkan lebih karena benih tersebut merupakan benih yang bermutu untuk dapat dilakukan proses penanaman pada lahan.

Setelah itu, lakukan pemindahan bibit ke lahan yang telah disiapkan. Cara berkebun pinang yang benar adalah memberikan jarak antar benih yaitu 3 x 3 meter. Jarak tersebut jarak standar untuk pohon pinang dapat berkembang secara baik. Lakukan pemupukan menggunakan pupuk bertipe NPK secara rutin setiap 6 bulan sekali serta penyiraman secara teratur pagi dan sore hari agar proses pertumbuhan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga : Jenis Pupuk yang Baik untuk Tanaman Pinang

Pohon pinang yang mulai berbuah biasanya berumur 4 – 5 tahun. Bila dalam proses perawatannya dilakukan dengan benar, Anda pastinya akan memanen 8 hingga 10 kali setiap tahunnya. Serta setiap pohon akan menghasilkan setidaknya 4 kilogram buah segar bila dilakukan dengan benar.

Itulah cara berkebun pinang yang benar terutama untuk pemula yang sedang merintis usaha ini. Pastikan memperhatikan  hal-hal di atas agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Lakukan proses perawatan dengan sebaik-baiknya agar hasil lebih memuaskan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?