3 KEUNTUNGAN BERKEBUN PINANG YANG BERLIMPAH

Keuntungan Berkebun Pinang. Pinang merupakan salah satu tanaman yang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang dari manfaatnya yang sangat melimpah. Oleh sebab itu, sudah mulai banyak para petani yang menggeluti perkebunan pinang ini. Tidak hanya dari segi ekonomi, namun keuntungan berkebun pinang juga dapat dimanfaatkan sendiri untuk menjaga kesehatan diri sendiri maupun keluarga Anda.

Potensi keuntungan berkebun pinang dilahan gambut yang sangat menggiurkan
Potensi Keuntungan Berkebun Pinang Dilahan Gambut yang Sangat Menggiurkan

Keuntungan Berkebun Pinang yang Sangat Melimpah dari Berbagai Aspek

Untuk memulai sebuah perkebunan, pastinya Anda berfikir kalau harus mempersiapkan lahan yang sangat luas serta modal yang sangat besar, serta perawatan yang sangat rumit untuk memperoleh hasil yang baik. Namun, jangan khawatir karena pinang sendiri merupakan pohon yang sangat mudah dalam penanaman serta perawatannya. Selain itu, Anda dapat lakukan di mana saja.

Berikut beberapa keuntungan berkebun pinang yang akan Anda dapatkan:

1. Keuntungan Berkebun Pinang dari Segi Ekonomi
Meskipun berkebun merupakan sebuah kegiatan yang sangat memakan waktu, pastinya hal tersebut sudah tidak dipermasalahkan bagi para petani. Bila ingin mendirikan sebuah usaha, pastinya berkebun pinang merupakan usaha yang sangat menjanjikan saat ini. Tentu saja keuntungan pertama yang dapat Anda rasakan saat memanen buah pinang yaitu dari segi ekonomi. Sudah banyak orang-orang yang mencari buah ini untuk diolah lebih lanjut sebagai salah satu bahan campuran untuk obat-obatan maupun kosmetik.

Pastinya dari permintaan yang tinggi tersebut, menjadikan pinang mulai banyak ditekuni oleh para petani yang tertantang untuk membudidayakan tanaman palem-paleman ini. Prospek usaha yang sangat menguntungkan dari segi ekonomi juga akan didapat oleh mereka. Pastinya setiap tahunnya, tanaman beriklim tropis juga sangat mudah dalam perawatan serta budidayanya.

Berkebun pinang juga memerlukan modal yang terbilang cukup kecil dibanding dengan berkebun dengan tanaman lainnya. Tidak hanya modal yang kecil, namun biaya perawatan dari tanaman tropis ini tidak memerlukan biaya tinggi dan sangatlah mudah untuk dikerjakan. Sehingga berkebun pinang menjadi salah satu alternatif bagi orang-orang yang baru dalam dunia ini untuk memulai sebuah usaha perkebunan.

Harga bibit yang sangat murah, dapat Anda dapatkan di salah satu tempat pembibitan tanaman pinang. Salah satunya yang sangat terkenal dan paling unggul yaitu Lentera Matang – Bibit Pinang Unggul. Banyak sekali jenis bibit yang dapat Anda pilih seperti Pinang Wangi, Betara, dan Seluang yang saat ini sedang banyak peminatnya karena manfaat yang terkandung dalam buah tanaman ini.

Setelah memanen, harga jual dari buah pinang sendiri terbilang cukup tinggi, yakni mulai dari Rp 2.000 per kilo untuk pinang basah. Sedangkan untuk pinang kering sendiri mulai harga Rp 15.000 per kilonya. Pastinya pendapatan yang tidak main-main dalam sekali panen. Untuk setahunnya sendiri, pohon pinang dapat dipanen hingga 15 hari sekali selama 8 bulan dalam satu tahun.

Secara proses, hasil panen pinang yang bisa dijual terbagi menjadi beberapa pilihan, seperti :

  1. Buah pinang segar
  2. Biji pinang belah
  3. Biji pinang bulat
Selain itu, kulit dan upih (pelepah) pinang juga memiliki nilai ekonomis untuk dijadikan produk herbal dan kerajinan tangan. Yang sedang populer saat ini, upih pinang digunakan sebagai bahan baku wadah makanan sekali pakai yang ramah lingkungan untuk mengganti penggunaan sterofoam.
Baca Juga :

Jenis Pinang Unggul yang Banyak Dibudidayakan

2. Keuntungan Berkebun Pinang dari Segi Kesehatan

Selain dijual untuk memperoleh pundi-pundi tabungan, Anda juga dapat memanfaatkan sendiri dari buah pinang yang telah Anda budi dayakan. Banyak sekali khasiat yang terkandung dalam buah itu sendiri yakni sebagai obat untuk mengatasi masuk angin, sebagai penetral racun, menambah nafsu makan, bahkan meningkatkan gairah seksual.

Oleh sebab itu, keuntungan berkebun pinang dari kesehatan sangat jelas manfaatnya. Sehingga banyak yang membutuhkan buah satu ini sebagai obat-obatan alami untuk mengatasi problem pada kesehatan seseorang. Tidak jarang orang yang berkebun pohon ini untuk menjaga kesehatan tubuh serta untuk dijual kembali, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang bekerja di bidang kesehatan.

3. Keuntungan Berkebun Pinang bagi Penyalur Hobi Berkebun

Bagi yang gemar dalam berkebun, pinang merupakan sebuah pilihan yang terbaik. Selain menyalurkan bakat dan hobi, tentunya Anda akan memperoleh keuntungan yang sangat banyak. Berkebun pohon pinang sendiri cukup mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Terutama, tanaman ini banyak ditanam pada daerah-daerah beriklim tropis seperti Indonesia baik itu di dataran rendah maupun tinggi.

Anda dapat menyalurkan hobi berkebun tersebut tanpa harus fokus pada pinang saja, namun berkebun pinang sangatlah fleksibel untuk dilakukan. Anda dapat berkebun tanaman lain dengan teknik tumpang sari. Lantas, hasilnya tidak akan mempengaruhi hasil dari pinang itu sendiri. Itulah keuntungan berkebun pinang untuk memaksimalkan lahan perkebunan Anda.

Bila Anda bermukim di daerah yang memiliki tanah berjenis gambut, pohon ini sangat bisa diandalkan pada lahan tersebut. Berkebun pinang pada tanah gambut, tentunya harus dengan perawatan yang intensif dibanding dengan pada umumnya yang dilakukan pada dataran tinggi maupun rendah.

Banyaknya keuntungan berkebun pinang seperti halnya di atas, pastinya sangat menggugah gairah Anda dalam memulai usaha ini. Tentunya banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan dari berbagai aspek, terutama dalam segi perekonomian yang sangat menggiurkan hasilnya. Dengan menggunakan bibit unggulan yang bisa Anda dapatkan di Lentera Matang – Bibit Pinang Unggul dapat membantu memaksimalkan hasilnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?