Langsung ke konten utama

KEUNGGULAN PINANG BETARA YANG BELUM DIKETAHUI BANYAK ORANG

Salah satu jenis bibit pinang unggul adalah betara. Sudah banyak jenis bibit ini yang beredar di masyarakat. Selain karena dilabeli unggul, betara juga paling sering dicari dalam panen pinang. Bibit dapat dikatakan unggul apabila telah mendapat pengakuan dari Kementrian Pertanian melalui Litbang. Hal tersebut bertujuan untuk membuktikan keaslian pinang betara terhadap produsen. Tidak sembarang bibit mendapat title ‘unggul’ secara cuma-cuma. Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi agar termasuk kriteria pinang yang lolos uji kelayakan.  Salah satu syarat tersebut antara lain seperti kadar taninnya terpenuhi, menghasilkan buah lebih dari 130, dan lain-lain. Simak uraian penjelasan dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut soal keunggulan pinang betara.

https://www.bibitpinangunggul.com/
Serat putih (tanin) yang lumayan tinggi (9.79%) menjadikan
pinang betara primadona dibeberapa negara konsumen pinang


7 Keunggulan Pinang Betara di Sektor Pertanian
1. Pohon Tumbuh Produktif

Keuggulan pinang betara pertama yaitu tumbuh pohon produktif. Berbeda dengan tumbuh pohon pinang biasanya, jenis betara biasanya lebih cepat masa pertumbuhannya. Hal itu disebabkan karena kualitas bibitnya yang unggul sehingga dampak pada pertumbuhannya pun juga baik. Ketika memasuki usia sekitar 4 sampai 5 tahun pohon pinang mulai menampakkan perubahannya yaitu tampak akan segera berbuah.

Sedangkan pada masa 6 sampai 7 tahun maka pohon telah memasuki saat-saat produktif. Dimana nanti buah dapat berbuah lebat. Ketika pohon pinang memasuki usia produktif, maka para petani harus lebih giat dalam hal merawat. Seperti misalnya saja diberi penyiraman rutin dan dibarengi penggunaan pupuk sesuai kurun waktu yang telah ditetapkan. Dengan begitu, pinang akan tumbuh optimal bersama hasil buah yang memuaskan.


2. Berat Badan dan Butir Buah Ideal
Rata-rata berat buah pinang betara termasuk ke dalam kategori ideal. Karena, hampir sama per buahnya yang mempunyai nilai berat persis. Berat buahnya bisa seimbang karena pertumbuhan pohonnya yang diberi nutrisi cukup. Pinang betara mempunyai massa hampir mencapai 50 gram atau lebih tepatnya 47 gram. Jika berat buah utuh pinang sudah mencapai 47 gram maka dikatakan pohon tersebut asli. Selain itu, tiap butir berat buah mencapai 9 gram atau tepatnya 8,68 gram. Berat tersebut didasarkan pada biji kering pinang.


3. Mempunyai Kadar Tanin yang Cukup
Kadar tanin juga menjadi keunggulan dari pohon pinang. Pohon normal mempunyai tanin mencapai persentase 9,79 %. Apabila pohon telah tercukupi sampai ke target persentase, maka sudah dipastikan bibit varietasnya unggul dan berkualitas baik. Selain itu, memastikan kadar tanin tercukupi akan bisa dijadikan acuan bagaimana pohon dapat tumbuh secara optimal.


4. Menghasilkan Produksi Buah Lebih dari 130 Butir
Selanjutnya, keunggulan pinang betara dapat dilihat dari buahnya yang lebat. Dalam sekali panen bisa melebihi 130 butir. Hal itulah yang menjadikan dasar salah satu indikator ketetapan  oleh Kementrian Pertanian mengenai bibit unggul. Per tahunnya, produksi pinang ini bisa mencapai 5 tandan. Dibekali hasil panen buah yang banyak ini, para petani jadi bisa membagi-bagi hasil panennya secara merata kepada konsumen ataupun distributor.

Baca Juga :


5. Potensi Hasil Kernel Kering Melimpah
Jangan salah mengira bahwa pohon pinang sangat menguntungkan di sektor pertanian. Karena hasil panennya yang melimpah ruah itulah yang menyebabkan pohon ini bisa meningkatkan produksi penjualan. Setiap tahunnya menghasilkan kernel kering dengan jumlah yang tidak main-main. Bahkan potensi hasil kernel kering bisa mencapai 7,80 ton per hektare. Wah, banyak sekali kan? Itulah yang menjadi kelebihan pinang betara dibandingkan pinang lainnya.


6. Batang Pohon yang Menjulang Tinggi
Keunggulan pinang betara dapat dilihat dari bentuk fisiknya yaitu dari batang pohon. Prinsipnya, tanaman yang berkondisi baik dan normal tentunya akan berpeluang tinggi untuk  menghasilkan varietas bibit terbaik. Begitupula prinsip tersebut berlaku pada tanaman pinang. Idealnya, tinggi pinang berkisar kurang lebih 10,28 meter. Terlebih lagi, tinggi pohon menjadi salah satu aspek penentu keaslian pinang yang unggul.


7. Lama Usia Hingga 25 Tahun
Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi kalau pinang termasuk pohon yang dapat tumbuh lama. Karena, pohon ini membutuhkan beberapa masa tahun untuk tumbuh dan berkembang. Maka tidak mengherankan jika usianya mencapai 25 tahun bahkan lebih. Namun, ternyata lama usia tersebut bisa menjadi keunggulan dari betara, lho! Sebab hasil produksinya nanti dalam jangka waktu yang lama dan pastinya tahan lama.

Prospek Budidaya Pinang Betara di Indonesia

Jadi itulah beberapa keunggulan pinang betara yang dapat diuraikan. Pinang ini bisa dikatakan unggul karena berasal dari pohon induk yang juga berkualitas. Sehingga tanaman yang tumbuh nantinya pun akan sama-sama berkualitas baik. Sudah banyak konsumen yang memesan pinang betara mulai dari lokal hingga harus diekspor ke mancanegara. Diakui kegunaan pinang dalam sektor industri maupun lainnya cukup berperan vital. Selain itu, memilih pinang betara sebagai usaha pertanian akan lebih menguntungkan hasilnya per tahun dibandingkan pinang biasa. Untuk mendapatkan bibit unggul tidak perlu repot lagi mencarinya kemana-mana. Kini Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul telah hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda.

DAPATKAN BIBIT PINANG BETARA BERKUALITAS !!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana