MENGENAL VARIETAS PINANG UNGGUL ASLI INDONESIA

Varietas Pinang Unggul Asli Indonesia – Buah pinang merupakan salah satu komoditi yang banyak dibutuhkan, baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Oleh karenanya, banyak petani yang melirik pinang sebagai komoditi yang mereka budidayakan. Terdapat beragam varietas pinang unggul yang dapat dibudidayakan, seperti Pinang Srimangala, Samruthi, Mangala, dan beragam jenis lainnya. Bahkan, setiap negara memiliki bibit pinang unggulannya sendiri. Di Indonesia, yang sudah dinyatakan sebagai varietas pinang unggul adalah Pinang Betara.

Mengenal Varietas Pinang Unggul Asli Indonesia
Pinang Betara, Jenis Pinang Unggul Asli Indonesia

Pinang Betara, Varietas Pinang Unggul Indonesia

Budidaya jenis pinang unggul memiliki beragam keuntungan dimata para pengusaha, seperti waktu panen yang cepat, masa produktif yang lama, hasil panen yang lebih banyak, serta adalah varietas yang memenuhi standar sebagai komoditi ekspor. Hal ini tentu meningkatkan pendapatan pertahun pada petani atau pengusaha pinang. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang melirik varietas pinang unggul betara sebagai komoditi pinang yang mereka budidayakan.

Pinang Betara merupakan varietas pinang unggul yang berasal dari Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Varietas ini dapat tumbuh dengan baik di lahan gambut atau lembab. Pinang ini memiliki ciri khas pada bentuk buah yang oval, seperti telur. Pada bagian dalam buah terdapat serabut berwarna putih kecoklatan dengan biji yang berwarna kecoklatan pula. Saat pinang masih muda, buahnya berwarna hijau. Ketika matang, buahnya berubah warna menjadi oranye.

Pinang betara telah dilegalkan sebagai jenis pinang unggul pertama oleh pemerintah. Hal ini ditetapkan melalui hasil evaluasi sidang pelepasan yang dilaksanakan pada 8 November 2012. Berdasarkan Surat Ketetapan Menteri Pertanian Nomor 199/KPTS/SR/120/1/2013, disebutkan dengan jelas bahwa Pinang Betara adalah pinang unggul pertama di Indonesia.

Tabel hasil penelitian karakteristik pinang di Kebun Percobaan Kayuwatu, Sulawesi Utara
Sumber : Buku Teknologi Budidaya dan Pasca Panen Pinang

Dari tabel diatas ditemukan alasan pinang betara ditetapkan sebagai varietas unggul karena jumlah buah disetiap tandannya terbanyak dibandimgkan varietas lainnya (pinang betara nomor 21)

Ketetapan tersebut tidak diperoleh secara asal. Hasil tersebut telah melalui serangkaian penelitian yang dilakukan oleh Divisi Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian. Penelitian dilakukan sejak tahun 2009 hingga 2012. Perbandingannya pun dilakukan dengan 5 varietas pinang asal India dan 4 aksesi pinang lokal lain. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat beberapa keunggulan Pinang Betara dibandingkan dengan varietas pinang biasa lainnya, antara lain:

1. Mulai berbunga sejak usia 3 hingga 4 tahun
Bibit Pinang Betara pada keadaan normal akan berbunga dalam rentang yang sama. Varietas ini akan mulai berbunga ketika memasuki usia 3 hingga 4 tahun. Sedangkan normalnya varietas lain mulai berbunga pada usia 4 hingga 5 tahun.

2. Memiliki kadar tanin yang cukup
Pinang Betara memiliki kadar tanin yang terbilang cukup. Jika varietas tumbuh dalam keadaan normal, maka kadar tanin yang dimiliki berkisar pada persentase 9,79%.

3. Dapat dipanen pada usia 4 hingga 5 tahun
Pinang Betara mulai berbuah pada usia 4 hingga 5 tahun. Masa produktif dari varietas ini adalah ketika memasuki usia 6 hingga 7 tahun dengan masa hidup sekitar 25 tahun.

4. Jumlah buah lebih dari 130 butir dari setiap tandannya
Pinang Betara adalah varietas yang memiliki tingkat produksi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah butir buah pada setiap tandanya. Pinang Betara dalam kondisi normal akan menghasilkan lebih dari 130 butir buah dari setiap tandannya. Varietas lain pada usia yang sama rata-rata jumlah buahnya berkisar dari 53 hingga 119 butir (lihat tabel diatas)

5. Memiliki berat buah serta biji yang ideal
Pinang Betara dikenal juga sebagai varietas yang memiliki butiran buah yang lebih berat dibandingkan dengan varietas lain. Dalam keadaan normal, varietas ini memiliki massa buah yang cukup tinggi, yaitu berat buah utuh 47,06 gram dengan biji kering memiliki berat 8,68 gram. Sedangkan, rata-rata berat buah utuh pada varietas lain berkisar kurang lebih 35 gram per butir.

6. Jumlah produksi yang tinggi
Pinang Betara sering dipilih karena produksinya yang berlimpah. Produksi buah matang pertahun pada varietas ini dapat mencapai 44 kg per pohon, sedangkan varietas lain hanya mencapai 16 kg per pohon. Sedangkan kernel atau biji kering pada Pinang Betara setiap tahunnya mencapai 5,70 kg perpohonnya. Hal ini berpotensi untuk menghasilkan kernel sebesar 7,81 ton per hektar lahan. Hasil kernel pada varietas lain rata-rata hanya mencapai separuh dari kernel Pinang Betara.

Itulah beberapa spesifikasi Pinang Betara sebagai jenis pinang unggul Indonesia. Jika berminat untuk membudidayakan jenis pinang ini, anda dapat membudidayakan yang telah berbentuk bibit. Anda dapat memesan bibit ini melalui pembibitan Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul karena dapat dijamin keaslian dari tiap bibitnya. Pembibitan pinang ini berasal dari pembiakan tunas buah pilihan dan berusia sekitar 6 bulan dengan tinggi sekitar 50 hingga 70 cm. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?