MENGENAL VARIETAS BIBIT PINANG UNGGUL ASLI INDONESIA, PINANG BETARA

Bibit Pinang Unggul – Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan Sumber Daya Alamnya. Baik sumber daya alam biotik seperti tumbuhan dan hewan, juga sumber daya alam abiotik seperti minyak bumi, gas alam, air, tanah dan berbagai jenis logam. Bersyukurlah kita berada di negara yang seperti ini.

Banyaknya sumber daya alam ini pun dapat kita manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk kebutuhan hidup seluruh umat manusia, baik yang ada di dalam negeri Indonesia maupun yang ada di luar Indonesia.

Di beberapa sektor seperti perkebunan dan pertanian pun dapat dimanfaatkan oleh siapapun baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain dengan imbalan berupa keuntungan. Salah satunya yang saat ini banyak dilakukan beberapa petani di Indonesia, yaitu budidaya bibit pinang. Dan yang terkenal saat ini adalah varietas bibit pinang unggul asal Indonesia yang bernama Bibit pinang betara unggul.

Pinang Betara, Bibit Pinang Unggul Asli Indonesia

Nama betara sendiri adalah nama dari sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Tanjung Jabung barat, Jambi Indonesia. Pinang Betara sendiri merupakan salah satu jenis pinang yang termasuk ke dalam varitetas bibit pinang unggul yang telah mendapatkan rekomendasi dari pemerintah berdasarkan SK MENTAN Nomor 199/Kpts/SR.120/1/2013

Bibit Pinang Unggul Asli Indonesia, Pinang Betara

Menurut hasil identifikasi beberapa tahun lalu populasi pinang betara memiliki potensi produksi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 7,81 ton kernel kering / hektar / tahun. Dibandingkan dengan produksi lima varietas pinang yang berasal dari India maupun pinang lainnya, pinang betara merupakan varietas bibit pinang unggul terbaik di kelasnya. Oleh karena itu untuk anda yang ingin usaha budidaya pinang, bibit pinang betara cocok untuk anda budidayakan.
Bagaimana karakteristrik dari pinang betara?
Produksi kernel kering / pohon / tahun 5,70 kg
Tinggi batang 10,28 m
Memiliki 131,35 buah/tandan
Berat buah utuh dapat mencapai 47,06 gram
Berat biji kering per butirnya adalah 8,68 gram
Kadar tanin 9,79%
Memiliki potensi hasil kernel kering / hektar 7,81 ton

Bagaimana cara pembibitan yang dilakukan oleh para petani di Kecamatan Betara, Jambi Indonesia? Untuk pembibitan yang dilakukan oleh para petani ini umumnya dibagi 3 cara yaitu :

1. Alamiah
Pembibitan secara alamiah ini hanya dilakukan dengan membiarkan atau tidak mengambil biji pinang dari pohon yang sudah dinilai unggul oleh para petani disana. Biasanya secara umum pohon pinang betara yang unggul dicirikan dengan Tanaman yang sudah tua, Buahnya selalu lebat dan bijinya besar – besar.
Bibit pinang betara unggul dengan cara ini dibiarkan tumbuh sendiri sampai ketinggian ujung daun mencapai minimal 50 cm, lalu baru dicabut dengan teknik untuk ditanam.

2. Pembibitan langsung dilokasi lahan
Teknik pembibitan yang kedua ini banyak dilakukan oleh para petani di kecamatan Betara, Kabupaten Jabung barat, Jambi ini. Dengan cara ini para petani lebih mudah, efektif dan tanpa biaya dalam masalah pembibitan. Pembibitan ini dilakukan dengan cara petani menyemai biji pinang betara bulat langsung dilokasi lahan yang nanti akan ditanam pohon pinang betara (Tanpa Polybag).
Untuk penempatannya biasanya bibit pinang dipencar atau dibagi – bagi di beberapa bagian lahan, namun tidak terlalu jauh jaraknya.

3. Pembibitan dengan Polybag
Cara ketiga ini jarang dilakukan oleh para petani yang ada di kecamatan Betara. Hal ini dikarenakan cara ini merepotkan, menambah kerjaan dan membutuhkan biaya yang lebih. Menurut mereka juga cara pembibitan seperti ini hasilnya tidak jauh lebih baik dari cara tradisional seperti kedua cara di atas.

Pembibitan Pinang Betara Menggunakan Polybag

Berdasarkan pengamatan memang pembibitan yang langsung dilakukan dilahan pertumbuhannya lebih cepat dan lebih baik dari yang menggunakan polybag. Namun sebagian kecil masyarakat masih ada yang tetap melakukan pembibitan dengan cara ini. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mereka untuk proses membawa dan menjual bibitnya kepada pembeli diluar daerah.

Jika Anda ada membutuhkan bibit pinang unggul jenis pinang betara ini baik berupa benih, kecambah maupun siap tanam, Anda bisa menghubungi kami melalui :
Fahmi (Direktur)
WA/SMS/Telp 0852 8967 4014
atau klik link ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?