Langsung ke konten utama

PUNYA HOBI BERKEBUN? YUK MENGENAL POTENSI USAHA PINANG DI TAHUN 2019

Memiliki sebuah usaha merupakan impian semua orang, terutama orang – orang yang menyalurkan sebuah hobinya menjadi sebuah keuntungan. Salah satunya adalah hobi berkebun yang masih jarang orang yang meliriknya.

Banyak orang yang menyangka usaha berkebun termasuk usaha yang sulit, karena membutuhkan tanah yang luas, ilmu pengetahuan tentang perkebunan, dan alasan lainnya. Ditambah lagi usaha berkebun itu sesuai dengan iklim cuaca. Namun perlu kamu ketahui tidak semua tanaman itu hanya tumbuh di iklim tertentu. Ada lho yang bisa tumbuh hampir di semua iklim, salah satunya adalah Tanaman pinang.


Mengenal Potensi Usaha Pinang
Budidaya pinang tidaklah terlalu rumit, dan memiliki tingkat resiko gagal panen yang sangat kecil. Selain itu tanaman ini juga dapat disinyalir dapat tumbuh dan hidup di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Maka tidak heran juga untuk orang – orang yang ingin usaha berkebun, melirik potensi usaha budidaya pinang ini, karena mereka menganggap ini bisa menjadi sebuah investasi sub sektor perkebunan yang menjanjikan di masa yang akan datang.


Selain alasan di atas, tanaman pinang dipilih karena dapat tumbuh dengan baik hampir disemua iklim yang ada di Indonesia, dan juga lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Namun untuk hasil yang maksimal, anda bisa menanam tanaman pinang ini di daerah dengan iklim tropis dan subtropis yang agak basah dengan bulan basah 3 – 6 bulan/tahun dan bulan kering 4 – 8 bulan / tahun. Nah, untuk rekan rekan yang bingung mencari bibit pinang unggul untuk berkebun pinang, bisa klik disini!


Manfaat Buah Pinang
Buah pinang ini walaupun kecil banyak manfaatnya, diantaranya pinang bisa dijadikan sebagai hiasan, sebagai pagar, patok batas dan lainnya. Selain itu buah pinang juga dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia seperti, Campuran bahan pewarna dan obat – obatan.
Dalam hal obat – obatan ada beberapa manfaat buah pinang, mulai dari kesehatan sampai hubungan suami istri lho, berikut manfaatnya :
1. Dapat meningkatkan nafsu makan
2. Mengobati gangguan pencernaan
3. Untuk mencegah kerusakan gigi
4. Mengatasi cacingan
5. Mengatasi bau mulut
6. Kesehatan kulit (Produk kecantikan)
7. Meningkatkan gairah seksual (terutama pria)
8. Dan lain sebagainya
Itulah beberapa manfaat dari buah pinang, tentu akan menjadi potensi usaha yang menguntungkan ke depannya, terutama kebutuhan seksual suami istri yah.

Biji pinang juga dijadikan penyusun ramuan obat dan sudah masuk ke dalam daftar prioritas WHO (World Health Organization) / Organisasi kesehatan Dunia, menarik bukan? Dan ternyata pinang ini sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak ribuan tahun sebelum masehi, terutama di negara mesir dan india. Mereka memanfaatkannya untuk sakit gigi, eksim, obat cacing, flu, luka – luka, difteri, haid, mimisan, dan lainnya.

Namun sayangnya belum banyak petani yang membudidayakan pinang secara serius. Oleh karena itu Potensi Usaha Pinang ini sangatlah menggiurkan untuk di garap. Karena memiliki permintaan yang cukup besar, bahkan bisa sampai seluruh dunia



Analisa Potensi Usaha Budidaya Pinang
Kita ambil contoh kita memiliki 1000 batang bibit pinang unggul, oiya untuk informasi bibit pinang unggul bisa menghubungi kami ya. Oke lanjut, dan di setiap pohon tadi dapat menghasilkan 4 Kg buah basah dalam setiap kali panen, berikut perhitungannya :

1000 batang pohon x 4 Kg = 4.000 kg buah pinang basah.
Jika harga jualnya per kg Rp 2.000 x 4.000 kg = Rp. 8 Juta / sekali panen.
Pendapatan ini belum dikurangi biaya kerja ya.

Itu analisis untuk pinang basah, kalau buah pinang kering?
Misal sekali panen menghasilkan 5 ton biji pinang kering, dan harga pinang kering berkisar 10rb – 15rb per kg nya, dan untuk lebih mudahnya kita ambil harga 15rb.
Berarti perhitungannya :
1000 kg x 15.000 = Rp. 15.000.000,- / per panen di dalam satu hektar.



Bagaimana kalau anda punya 3 hektar atau lebih? So.. Pasti tahu sendiri berapa pendapatannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila