CARA PENYEMAIAN BIBIT PINANG DENGAN MUDAH

Penyemaian adalah proses dalam menyiapkan bibit tumbuhan baru sebelum ditanam di lahan yang sesungguhnya atau biasa disebut perkebunan. Menyemai atau menanam benih merupakan hal yang mendasar bagi setiap tumbuhan sama halnya dengan menyemai tumbuhan pinang. Benih pinang umumnya akan disemaikan terlebih dahulu hingga rentan waktu yang ditentukan. Cara penyemaian pinang sangat penting untuk menghasilkan buah dan tanaman agar lebih bermutu. Nah bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menyemai pinang. Yuk simak beberapa tips dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

Pemindahan bibit ke polibag

Berikut Cara Penyemaian Bibit Pohon Pinang Dengan Mudah

  1. Karakteristik Dan Jumlah Benih Yang Akan Ditanam
    Cara penyemaian pinang yang pertama dengan cara melakukan karakteristik dan jumlah benih yang akan ditanam. Untuk penyemaian biji pinang sendiri harus dilakukan secara terstruktur tidak boleh sembarangan. Pasalnya, tumbuhan pinang mempunyai daya tumbuh yang tinggi dan berkecambah kurang lebih 90 sampai 95 persen dari total semula biji yang disemai. Biasanya untuk hasil penyemaian yang baik dibutuhkan cadangan benih kurang lebih 25 persen.

    Benih yang akan siap digunakan yaitu ditandai dengan warna mencolok serta berserabut. Selain itu, cara ini juga disarankan oleh para petani agar jika nantinya terjadi sesuatu pada tumbuhan pinang yang baru tumbuh dapat diperbaiki lagi dengan cara penyulaman. Untuk lahan yang nantinya akan ditanam juga harus diperhatikan. Biasanya dalam 1 lahan akan diberi jarak 3m x 3m sehingga bisa memuat mencapai 1200 batang. Jadi bisa dibilang dalam per hektarnya dapat dilakukan penyemaian kurang lebih 1500 biji.

     

  2. Mempersiapkan Lahan Untuk Perkecambahan Dan Penyemaian
    Cara penyemaian pinang selanjutnya dengan cara memperhatikan lahan untuk penyemaian. Lahan yang akan ditanam harus dalam keadaan subur dan penyemaian yang baik. Sebelum ditanam biasanya lahan akan digemburkan terlebih dahulu lalu dibuat bedengan dengan jarak 1 meter tiap buah. Selain itu, proses penyemaian biji dilakukan menyusun secara horizontal dan ditidurkan. Dan pastikan posisi pinang tidak menumpuk atau rapat.

    Lahan penyemaian sebaiknya diberi pagar agar terhindar dari terik matahari secara langsung. Di samping itu, anda juga bisa menggunakan polybag agar lebih praktis. Untuk caranya juga hampir sama seperti yang diatas seperti memasukkan bibit dan tanah kedalam polybag kurang lebih 3/4 sesuai ukuran tinggi polybag. Selain itu, untuk penyemaian sendiri biasanya membutuhkan waktu selama 1 bulan hingga 2 bulan.

    Baca Juga : Tips Menyemaikan Bibit Pinang Unggul

  3. Proses Pembibitan Pinang
    Selanjutnya pembibitan dalam polybag. Cara penyemaian pinang yang satu ini merupakan hal yang sangat penting dalam menanam pohon pinang. Proses pembibitan dapat dilakukan dengan memilih kecambah dengan tinggi 10 cm lalu kecambah tersebut dapat dipindahkan ke dalam polybag yang memiliki ukuran 15 cm x 20 cm. Setelah itu, biji pinang akan tertutup ketika diisi tanah kurang lebih 3/4 sesuai tinggi polybag.

    Jika sudah, tempatkan bibit tanaman yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Atau anda bisa menaruhnya dibawah naungan. Proses pembibitan ini biasanya dilakukan ketika bibit sudah berumur 5 bulan. Dan jangan lupa untuk tambahkan pupuk NPK per 4 gram di tiap-tiap polybag serta menyirami bibit ketika pagi dan sore hari. Untuk menghindari hama anda juga bisa menyemprotkan insektisida. Lakukan pembersihan rumput liar atau gulma yang di sekitar polybag agar bibit dapat tumbuh dengan subur.

  4. Proses Seleksi Bibit Pinang Yang Bagus
    Cara penyemaian pinang selanjutnya dengan cara seleksi bibit pinang yang sudah siap. Sebelum memindahkan bibit ke lahan sesungguhnya alangkah baiknya melakukan tahap penyeleksian bibit agar bibit dapat tumbuh dengan baik. Pastikan bibit yang telah siap sudah berumur kurang lebih 6 bulan dengan tinggi antara 30 sampai 40 cm. Selain itu, batang tumbuhan tersebut memiliki diameter 7 mm dan terlihat lebih kokoh.

    Ciri yang paling umum lainnya adalah daun pinang yang melengkung memiliki kisaran jumlah helai 4 – 6 daun. Serta warna daun pinang yang bagus akan terlihat lebih tua dari biasanya. Setelah itu, sebelum memindahkan jangan lupa pastikan tumbuhan pinang agar terhindar dari penyakit hama atau serangan lainnya. Dengan begitu, bibit pinang layak dipindahkan ke lahan perkebunan serta dapat tumbuh dengan subur.

Demikian beberapa tips cara menyemai atau menanam bibit pohon pinang dengan mudah. Proses penyemaian sendiri tergolong mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, untuk menghasilkan pohon pinang yang berkualitas juga membutuhkan proses penyemaian yang cukup bagus. Selain itu, anda dapat menyemai menggunakan polybag untuk menghemat lahan. Cara penyemaian pinang kini bisa anda terapkan di rumah maupun di lahan. Untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul.

DAPATKAN BIBIT PINANG UNGGUL TERBAIK !!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?