Langsung ke konten utama

SIMAK APA SAJA YANG DIBUTUHKAN DALAM PERAWATAN TANAMAN PINANG

Buah pinang mempunyai banyak manfaat yang membuatnya banyak diburu oleh orang-orang dalam negeri atau hingga manca negara. Tidak mengherankan, buah pinang menjadi salah satu komoditi ekspor yang laku di Indonesia. Itu disebabkan karena tumbuhan pinang ini menghadirkan berbagai manfaat antara lain sebagai obat-obatan, bahan baku makanan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, banyak orang yang bukan dari kalangan petani saja yang ingin membudidayakan tanaman pinang. Menilik dari keuntungan ke depannya yang tampak menjanjikan. Namun sebelum itu, perlu diketahui bagaimana cara merawat tanaman pinang sehingga bisa menghasilkan buah pinang dengan kualitas baik. Yuk, simak cara – cara perawatan tanaman pinang yang penting untuk diketahui.

https://www.bibitpinangunggul.com
Kebun Pinang yang berusia 6 tahun di Kecamatan Betara

Berikut Cara – Cara Perawatan Tanaman Pinang Untuk Hasil Memuaskan :
1. Memilih Lahan Tumbuhnya Pohon Pinang
Pertama – tama, Anda perlu menentukan lahan yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman pinang. Hal ini  berperan penting bagi proses pertumbuhan agar tanaman pinang bisa menghasilkan bibit pinang yang berkualitas nantinya. Lahan dengan ukuran sekitar 1 - 600 mdpl atau lahan dataran rendah biasanya cocok digunakan untuk perawatan tanaman pinang. Karena tanaman pinang merupakan salah satu jenis tanaman tropis, maka dibutuhkan iklim curah hujan dan kelembapan yang tinggi. Jangan lupa, supaya pohon pinang bisa mendapat sinar matahari langsung selama 5-7 jam per hati. Itu dilakukan agar batang tanaman pinang semakin kuat dan tidak tumbuh menjuang terlalu tinggi. Dan, kalau bisa, pilihlah tanah yang mempunyai tingkat keasaman berkisar 4-8 Ph.


2. Menanam Kecambah Buah Pinang
Setelah menyiapkan lahan, cara selanjutnya untuk perawatan tanaman pinang ialah dengan menanam kecambah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menuai biji-biji tanaman pinang  supaya dapat berubah menjadi kencambah. Cukup tanam biji tanaman pinang yang sudah diambil tadi dan tanam ke dalam tanah lahan yang sudah diukur kedalamannya sekitar setengah meter. Dan pastikan jarak antara biji satu dengan biji pinang lainnya rapat. Rutin sirami biji pinang yang ditanam selama dua kali pada setiap pagi dan sore hari. Usahakan biji pinang tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Buatlah benda pelindung untuk melindungi biji pinang yang Anda tanam sebagai kecambah. Benda pelindung tersebut bisa berbentuk seperti payung. Awasi dan jangan sampai lahan yang ditanami biji pinang terkena hama atau gulma. Untuk berjaga-jaga, bisa diberi pagar kecil di sekelilingnya. Karena proses untuk kecambah tumbuh memerlukan hampir kurang lebih 2 bulan lamanya.


3. Melakukan Pembibitan Pada Pinang
Perawatan tanaman pinang salah satunya diterapkan pada saat proses pembibitan. Langkah pertama yang harus dipenuhi saat proses pembibitan ini ialah dengan menyiapkan wadah sebagai tempat tanam. Bisa menggunakan polybag yang mempunyai ukuran tinggi kurang lebih 15 cm. Pada bagian bawah polybag beri lubang lalu isi polybag dengan tanah secukupnya. Kemudian, tanam bibit tanaman pinang di polybag itu dan tunggu ketika tanaman sudah tumbuh mencapai umur 5 bulan.

Penyemaian Bibit Pinang Agar Lebih Maksimal

Sedangkan untuk langkah kedua, pindahkan bibit tanaman pinang yang sebelumnya ada di polybag dan beri ke wadah polybag baru. Isi polybag baru itu sekitar 6 kilogram dan sudah dipenuhi dengan tanah subur secukupnya. Hal yang perlu dilakukan selanjutnya hanyalah melakukan penyiraman rutin dan memberikan pupuk. Tapi jika bingung untuk mendapatkan bibit pinang unggul, maka bisa dicari melalui Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul.


4. Penanaman dan Pemanenan Tanaman Pinang
Apabila bibit yang ditanam sebelumnya di polybag sudah tumbuh, maka Anda bisa memindahkan tanaman di polybag tadi langsung ke lahan tanaman pinang Anda. lakukan pemupukan secara rutin selama dua kali dalam satu tahun agar pohon pinang bisa cepat berbuah. Perawatan tanaman pinang dengan baik agar kualitas yang dihasilkan nanti memuaskan hati. Sedangkan untuk panen satu pohon pinang, bisa mencapai kurang lebih 4 kg setiap bulannya. Tergantung pada luas lahan dan perawatan yang dilakukan.


5. Pemupukan Tanaman Pinang
Banyak dari sebagian petani yang masih tidak membiasakan penggunaan pupuk untuk tanaman pinang. Padahal, hal tersebut bisa membuat produksi pinang menurun karena kurangnya unsur hara dan kesuburan dalam tanah. Supaya bisa meningkatkan hasil produksi, maka pemupukan pada tanaman pinang bisa diberi pupuk non organik dan organik. Cara untuk melakukan pemupukan pada tanaman pinang ialah dengan menabur pupuk diatas permukaan tanah dan di sekitar tanaman pinang. Lakukan pemupukan pada saat kondisi tanah lembab.

Jenis - Jenis Pupuk Yang Cocok Untuk Tanaman Pinang

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman pinang. Dalam perawatan tanaman pinang, mungkin nantinya Anda akan menjumpai beberapa kendala. Jika Anda menginginkan tanaman pinang supaya cepat berbuah, maka ikutilah langkah-langkah di atas. Jangan lupa untuk terus rutin memberi pupuk sesuai umur tanaman pinang. Biar nantinya tanaman pinang Anda tumbuh secara optimal.

DAPATKAN BIBIT PINANG BETARA KUALITAS NO 1 !!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana