Langsung ke konten utama

JENIS-JENIS PUPUK YANG BIASA DIGUNAKAN PINANG UNTUK BETARA

Pemberian pupuk sudah menjadi hal sangat umum bagi para petani. Pasalnya, pupuk sendiri memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan. Seperti memberikan nutrisi pada tanaman, meningkatkan kesuburan pada tanah serta meningkatkan hasil produksi tanaman tersebut. Sama halnya dengan pohon pinang betara. Untuk budidaya pohon pinang betara juga membutuhkan proses pemupukan yang optimal. Pupuk pinang betara bisa ditemui di toko-toko pertanian atau dibuat sendiri. Nah bagi anda yang bingung dalam memilih jenis pupuk untuk pohon pinang. Berikut beberapa jenis pupuk yang bisa anda gunakan.

http://www.bibitpinangunggul.com
Pupuk NPK

Jenis-Jenis Pupuk yang Biasa Digunakan Budidaya Pinang Betara
1. Pupuk NPK
Pupuk NPK merupakan jenis pupuk yang paling banyak digunakan untuk budidaya pohon pinang. Pupuk buatan ini terbagi menjadi 2 jenis ada yang berbentuk padat dan juga cair. Kandungan unsur haranya terdiri dari fosfor, kalium, dan nitrogen. Pupuk pinang betara dapat diberikan menggunakan pupuk ini tentunya sesuai takaran yang pas. Biasanya para petani akan memberikan dengan cara menabur di pekarangan atau permukaan tanah. Pupuk NPK sendiri mampu mempercepat proses pertumbuhan lewat respirasi.

Selain itu, pupuk ini dapat merangsang proses pertumbuhan pada akar dengan cepat. Tak hanya itu, pupuk NPK juga dipercaya mampu mengusir hama karena zat-zat yang terkandung didalamnya terdapat senyawa aktif yang mampu melindungi pohon pinang dari hama seperti serangga atau gulma. Pupuk NPK juga dapat dibuat sendiri dengan mencampur pupuk urea, pupuk SP36 dan pupuk kalium. Untuk mencampurnya juga harus sesuai takaran yang tepat sesuai lahan pohon pinang yang anda tanam.


2. Pupuk Organik
Jenis pupuk ini merupakan hasil dari pelapukan makhluk hidup seperti sisa-sisa pelapukan pada tanaman, manusia dan hewan. Perbedaan yang mendasar dalam pupuk ini yaitu kandungan organiknya lebih banyak dibandingkan unsur haranya. Jenis dari pupuk organik juga banyak seperti pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk hijau dan humus. Pupuk pinang betara dapat diberikan dengan pupuk ini apalagi jika lahan yang dipakai adalah lahan gambut. Tentu sangat memberikan banyak manfaat untuk lahan gambut tersebut.

Selain itu, bahan organik sendiri berperan sebagai energi dan sumber makanan pada tanah sehingga mampu meningkatkan mikrop tanah dalam penyediaan unsur hara pada tanaman pinang betara. Nah, bagi anda yang sedang mencoba budidaya pinang betara di lahan gambut sebaiknya menggunakan pupuk organik untuk menetralisir tingkat keasaman pada tanah tersebut.


Baca Juga : Dosis Pemupukan Pada Tanaman Pinang


3. Pupuk Dolomit
Pupuk dolomit bisa menjadi alternatif bagi anda yang sedang melakukan budidaya tanaman pinang betara. Pasalnya, jenis pupuk ini mengandung unsur hara magnesium (MgO) dan kalsium (caO). Pupuk pinang betara yang satu ini sangat baik digunakan apabila tanah tersebut memiliki ph yang rendah. Dan juga dapat menetralkan tingkat keasaman pada tanah. Selain itu, untuk penggunaan dan dosis pupuk dolomit dapat diberikan sesuai kebutuhan ph dari tanaman pinang betara.

Untuk cara penggunaannya hampir sama seperti pupuk pada umumnya yakni dengan cara ditabur secara merata di permukaan tanah atau bisa juga ditempatkan dengan cara membuat lubang di dasar tanaman pinang. Jika sudah, dapat ditimbun dengan tanah sedikit demi sedikit dan biarkan kurang lebih 2 minggu. Selain itu, terdapat alternatif lain pemberian pupuk dolomit yaitu dengan cara dicampurkan dengan pupuk ZA apabila memang dibutuhkan.


4. Pupuk Urea
Yang terakhir ada pupuk urea. Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk kimia yang mengandung banyak senyawa nitrogen di dalamnya. Ciri umum dari pupuk ini yaitu berbentuk butiran kristal yang berwarna putih, mudah sekali larut dalam air serta mampu menghisap air dengan mudah. Selain itu, pupuk urea mengandung unsur hara kurang lebih 46%. Pupuk pinang betara biasanya akan menggunakan jenis pupuk ini kemudian dicampur dengan pupuk lainnya.

Unsur nitrogen yang terdapat didalamnya memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk pertumbuhan pinang betara selain membuat warna daun lebih segar. Daun pinang akan mengandung lebih banyak klorofil yang baik untuk fotosintesis. Pemberian pupuk ini diharap dilakukan secara rutin untuk menjaga kualitas dari tanaman pinang betara itu sendiri.


Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis pupuk yang dapat digunakan untuk tanaman pinang betara. Umumnya proses pemupukan dapat dilakukan setahun 2 kali tergantung dari usia tanaman tersebut. Jika memang dirasa susah menemukan jenis pupuk diatas anda dapat menggantinya dengan pupuk kimia. Pupuk pinang betara harus dilakukan secara benar dan tepat apabila dosis takaran diberikan secara berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi tanaman pinang betara. Untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui "Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul". Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba bisnis budidaya pinang betara.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila