WAJIB TAHU !!! 7 CIRI BIBIT PINANG YANG BAGUS

Ciri Bibit Pinang Yang Bagus
Kunjungan dari Rokan Hulu untuk Mendapatkan Bibit Pinang yang Bagus

Bibit Pinang Yang Bagus. Salah satu keberhasilan dalam menanam pohon pinang adalah dengan memilih bibit pinang yang sesuai. Namun, sebelum memilih bibit pinang ada baiknya anda harus mengetahui karakteristik pinang yang berkualitas dan bagus. Bibit pinang yang bagus, tidak hanya membuat perkembangan pohon pinang tumbuh dengan cepat namun, juga mampu menghasilkan panen yang melimpah dan menguntungkan. Oleh karena itu, hal tersebut patut diketahui bagi yang sedang melakukan budidaya pohon pinang. Berikut ciri – ciri bibit pinang yang bagus untuk dibudidayakan, antara lain :

  • Tinggi batang pohon indukan normal
  • Berat buah ideal
  • Bisa dibudidayakan dimana saja
  • Jumlah buah pada tandan stabil
  • Kadar tanin yang cukup
  • Mulai belajar berbunga di usia 3 tahunan
  • Berbuah pada usia 4 – 5 tahun

Itulah ciri ciri yang wajib diketahui sebelum menentukan bibit pinang yang bagus. Karena pemilihan bibit merupakan keputusan awal namun sangat menentukan hasil panennya. Jangan salah dalam memilih bibit pinang yang akan dibudidayakan. Untuk itu kita akan menjabarkan ciri ciri tersebut dibawah ini.

Ciri – Ciri Bibit Pinang yang Bagus dan Wajib Diketahui Oleh Pembudidaya

1. Indukan Tanaman Pinang Memiliki Tinggi yang Normal

Ciri Ciri Bibit Pinang Yang Bagus

Sebelum memilih bibit pinang, ada baiknya anda harus memperhatikan fisik dari indukan tanaman tersebut. Pasalnya, jika induk tanaman pinang tumbuh dengan normal tentu akan menghasilkan bibit pinang yang berkualitas. Oleh sebab itu, jika induk tanaman tersebut tidak sesuai biasanya pohon pinang tidak akan berproduksi dengan baik. Biasanya untuk ukuran batang normalnya memiliki tinggi kurang lebih 10,28 meter.

2. Berat Buah yang Ideal

Ciri – ciri selanjutnya, untuk menghasilkan bibit pinang yang unggul juga memerlukan proses penyeleksian salah satunya berat buah yang ideal. Buah pinang sendiri telah menjadi komoditi utama. Oleh sebab itu, buah pinang yang ideal mampu memperoleh harga jual yang lebih tinggi dari buah pinang yang biasa. Bibit pinang tersebut biasanya sangat laku dijual di pasaran dengan berat mencapai 47,6 gram dan 8,68 gram. Bibit pinang yang bagus tidak hanya dari berat buahnya saja melainkan dari bijinya juga.

3. Sangat Bisa Dibudidayakan di Berbagai Tempat

Ada lagi salah satu cara untuk melihat ciri – ciri bibit pinang yang bagus. Yaitu dari lahan yang ditanam. Bibit pinang sangat bisa ditanam di 2 jenis lahan yakni dataran tinggi atau dataran rendah. Asal jenis lahan yang ditanam memiliki pH yang cukup dan memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Dengan begitu, bibit pinang yang akan ditanam akan berpotensi menghasilkan batang yang tegak lurus dan buah yang lebih melimpah.

4. Mempunyai 130 Butir Buah Per Tandan

Bibit pinang yang bagus biasanya akan memiliki 130 butir uah di tiap-tiap tandan. Penentuan aspek ini telah diatur oleh lembaga yang berwenang atau yang biasa disebut divisi litbang kementan. Oleh karena itu, bagi anda pembudidaya pinang sangat wajib untuk memperhatikan ciri – ciri yang satu ini. Dan diharap nantinya, anda dapat menjadikan pedoman untuk memilih kualitas bibit pinang yang baik.

5. Memiliki Kadar Tanin yang Cukup

Selanjutnya ciri – ciri bibit pinang bagus yang perlu anda ketahui yaitu memiliki kadar tanin yang cukup. Umumnya indikator tanin yang cukup memiliki kadar pada presentase 9,79 persen. Hal ini sudah menjadi umum bagi para petani karena bibit pinang sendiri dapat dikategorikan cukup bagus apabila kadar tanin telah terpenuhi. Selain itu, jika hal ini sudah terpenuhi anda tidak perlu khawatir terkait kualitas yang akan dihasilkan.

6. Setelah Umur 3 Tahun Pohon Pinang Akan Berbunga

Selanjutnya ciri – ciri bibit pinang yang dapat anda amati yaitu dengan memperhatikan periode dari bunga tanaman pinang. Karena bunga dari pohon pinang tersebut merupakan salah satu syarat agar bibit pinang dapat tumbuh dengan baik. Untuk normalnya sendiri, pohon pinang mampu berbunga saat memasuki umur 3 tahun atau lebih. Jika dalam jangka waktu tersebut pohon pinang masih belum berbunga kemungkinan kualitas dari pinang tersebut sangat rendah.

7. Dipanen Saat Memasuki Umur 4 – 5 Tahun

Bibit pinang yang bagus selanjutnya dapat diketahui dengan saat menjelang panen. Ciri – ciri yang terakhir ini dapat diamati dari periode masa panen tersebut. Biasanya bibit pinang yang berkualitas dapat dipanen ketika memasuki umur 4 – 5 tahun. Hal ini juga sudah ditetapkan oleh divisi litbang Kementan. Jika karakterisistik yang satu ini dapat terpenuhi otomatis bibit pinang yang dihasilkan telah terbukti menjadi bibit unggul.

Itulah 7 ciri ciri bibit pinang yang bagus dan wajib diketahui oleh pembudidaya. Bibit pinang bagus tentu membutuhkan perawatan yang bagus juga. Oleh karena itu, perawatan pinang sendiri harus dilakukan secara teliti dan sabar. Untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul.

1 komentar untuk “WAJIB TAHU !!! 7 CIRI BIBIT PINANG YANG BAGUS”

  1. Pingback: 5 TIPS BUDIDAYA PINANG BETARA UNTUK MENDAPATKAN HASIL PANEN BERLIMPAH - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?