SEMAKIN POPULER !!! PRESIDEN JOKOWI LEPAS EKSPOR BIJI PINANG 7 KONTAINER

Ekspor Biji Pinang. Semakin tahun, ekspor biji pinang semakin menggeliat. Banyak negara menjadi tujuan ekspor baru. Hal ini tentunya meningkatkan pula permintaan jumlah biji pinang dari para petani. Salah satu alasan yang menjadikan biji pinang mengalami permintaan besar-besaran dari berbagai negara karena semakin berkembangnya trend kosmetik dunia. Mengingat selain sebagai bahan baku masakan, permen, obat-obatan, pinang juga digunakan untuk kosmetik. Peningkatannya sendiri sebenarnya sudah mulai terlihat sejak beberapa tahun terakhir, tercatat di tahun 2018 saja biji pinang telah menyumbang sekitar 16,7 % dari total ekspor komoditas pertanian asal Jambi.

Pemprov Jambi juga memberikan dukungan penuh agar produk pinang dapat menjadi salah satu produk ekspor unggulan, seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman di Jambi, pada awal bulan Februari 2022 lalu “Pemprov Jambi saat ini terus mendorong komoditas pertanian, khususnya komoditas pinang yang memiliki nilai jual ekspor yang tinggi.”

Presiden Jokowi Pelepasan Ekspor Biji Pinang

Meninjau Persiapan Ekspor Biji Pinang
Presiden Meninjau Proses Persiapan Ekspor Biji Pinang di Jambi (Sumber setneg.go.id)

Di awal bulan April 2022 lalu Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana juga mengadakan kunjungan ke Jambi dengan salah satu agendanya adalah melepas ekspor biji pinang. “Pagi hari ini saya mengunjungi Provinsi Jambi dan akan melepas 7 kontainer atau ekspor komoditas pinang biji,” ungkap Jokowi dalam pelepasan ekspor biji pinang yang ditayangkan di youtube Sekretariat Presiden.“Di seluruh tanah air ada 152.000 hektar lahan kita yang ditanami pohon pinang. Dan 22.000 hektarnya ada di Provinsi Jambi. Ini adalah komoditas ekspor yang banyak dibutuhkan di Thailand, China, India, Pakistan.” lanjutnya.

Jokowi juga menjelaskan untuk tidak bergantung hanya pada pohon pinang yang sudah ada. Tapi dia sudah memerintahkan pada menteri pertanian untuk menyiapkan varietas yang unggul, yang baik, yang memiliki kualitas yang bagus nantinya bijinya, dan diharapkan kita bisa mengekspor dalam jumlah yang lebih besar lagi. “Karena tahun kemarin ekspor kita di seluruh tanah air sebesar 5 triliun lebih. Jumlah yang sangat besar sekali dan sangat baik memberikan income kepada para petani-petani dan kita harapkan menjadi salah satu juga komoditas unggulan kita, kalau kita kelola dengan manajemen modern dan manajamen yang lebih baik,” jelasnya.

Peluang Ekspor Biji Pinang Kian Meningkat

Berdasarkan berita di atas berarti peluang sukses di dunia pinang masih terbuka lebar. Karena presiden sudah menegaskan agar tidak hanya bergantung pada yang sudah ada. Kita yang baru mau menanam masih memiliki banyak harapan dan kesempatan. Jadi sudah sepatutnya tidak ragu-ragu dan takut-takut lagi untuk ikut serta dalam memajukan jumlah ekspor pinang dengan ikut membudidayakannya.

Angin segar itu tentunya juga dapat mendorong semakin banyak petani untuk semakin sadar akan pentingnya menanam pohon pinang dengan kualitas yang lebih unggul. Sehingga hasil panen juga lebih baik dan harga juga lebih bersaing. Masalah kualitas pinang yang baik ini dapat kita mulai dari pemilihan bibit. Dengan memilih bibit yang berkualitas, maka kita sudah berusaha mempersiapkan satu tangga keberhasilan dalam mendapatkan hasil panen yang lebih baik. Sehingga sangat penting bagi kita untuk mencari atau membeli bibit dari pihak-pihak yang sudah berpengalaman.

Ingat, ketika Anda gagal membuat perencanaan. Berarti Anda sedang merencanakan kegagalan. Jadi jangan sampai ini terjadi pada Anda. Pastikan kesuksesan bertanam pinang sudah Anda persiapkan sejak awal.

Sebagai sebuah informasi bagi Anda, bahwa salah satu bibit pinang jenis unggul adalah pinang betara. Varietas pinang yang memiliki buah yang lebih besar, lebih tahan terhadap serangan hama atau penyakit dan jumlahnya jauh lebih banyak. Selain itu jenis pinang ini juga sangat cocok untuk ditanam di lahan sempit.

Baca Juga : Diekspor !!! Budidaya Pinang Betara Kian Menggiurkan

Jadi bagi Anda yang baru pemula atau memang lahan yang tersedia belum banyak, sangat direkomendasikan jenis ini. Sebagai varietas yang unggul, pinang betara sendiri juga sudah diakui oleh Kementerian Pertanian Indonesia. Betapa tidak, dalam sekali panen, pinang jenis ini dalam 1 hektar bisa menghasilkan 5 ton. Jumlah yang sangat besar jika sudah dirupiahkan. 22.000 hektar bukanlah jumlah yang sedikit. Itu artinya persaingan dalam pemilihan bibit yang unggul ini juga menjadi salah satu nilai lebih untuk hasil yang lebih. Jadi, jangan sampai salah pilih. Pastikan pilihan Anda adalah yang terbaik. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pinang betara sangat penting untuk Anda pertimbangkan.

Di mana mendapatkan bibit pinang betara?

Kami merekomendasikan pada Anda untuk membeli di supplier bibit pinang Lentera Mantang. Mengapa harus di Lentera Mantang? Karena supplier ini sudah malang melintang di dunia ekspor pinang sejak tahun 2014. Dengan negara tujuan Pakistan, Thailand, Arab Saudi dan masih banyak lagi. Artinya sudah lebih dari 7 tahun banyak pihak yang mempercayakan bibit pinangnya pada perusahaan Lentera Mantang.

Tentu Anda bertanya-tanya, ke mana jika ingin menghubungi Lentera Mantang? Kini semua bisa dari ponsel Anda, silakan hubungi kontak wa.me/62852 8967 4014 (Fahmi). Kami dari Lentera Mantang langsung yang akan membantu Anda.

4 komentar untuk “SEMAKIN POPULER !!! PRESIDEN JOKOWI LEPAS EKSPOR BIJI PINANG 7 KONTAINER”

  1. Pingback: BERLIMPAH !!! POTENSI BISNIS BUDIDAYA PINANG BETARA HASILKAN 10 JUTA PER BULAN - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  2. Pingback: WAJIB TAHU !!! 4 PROSES PENGOLAHAN PINANG KERING YANG DICARI PEMBELI - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  3. Pingback: JARANG DIKETAHUI, INILAH 5 RAHASIA SUKSES BUDIDAYA PINANG BETARA AGAR PANEN MAKSIMAL - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  4. Pingback: 7 ALASAN BUDIDAYA PINANG BETARA SANGAT MENJANJIKAN - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?