TIPS MUDAH CARA MEMILIH BIBIT PINANG UNGGUL

Buah pinang yang berkualitas berasal dari pemilihan bibit-bibit unggul dengan pilihan terbaik. Salah satu jenis pinang unggul yang banyak ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia yaitu Pinang Betara yang asalnya dari daerah Jambi. Untuk mendapatkan bibit pinang yang unggul, caranya juga tidak mudah, lho. Karena harus benar-benar memperhatikan induk dari pinang bebas dari hama, penyakit, wereng ataupun gulma. Hal itu guna untuk memastikan bibit pinang yang akan ditanam dapat tumbuh subur seperti tanaman induknya. Perlu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bibit pinang unggul. Simak berikut ini sedikit tips cara memilih bibit pinang unggul.

http://www.bibitpinangunggul.com/
Kebun indukan di kelurahan Mekar Jaya, Kec. Betara

Beberapa Tips Cara Memilih Bibit Pinang Unggul yang Berkualitas
1. Jumlah Produksi Tanaman Induk Pinang Stabil
Tanaman induk pinang dapat dikatakan akan menghasilkan bibit yang berkualitas apabila memiliki masa produksi jumlah yang normal. Dan, tentunya tanaman induk harus mempunyai produktivitas yang dinamis. Karena, tanaman induk pinang dengan kriteria seperti inilah yang nantinya akan menghasilkan bibit pinang unggul. Waktu yang dibutuhkan tanaman induk pinang untuk melakukan produksi adalah rata-rata sekitar 4-5 tahun dengan usia paling minim 10 tahun.

2. Perhatikan Pohon Induk Tumbuh Secara Optimal
Salah satu cara memilih bibit pinang unggul adalah dengan langsung datang ke tempat penadah benih. Di sana nantinya Anda akan bisa melihat bagaimana pohon induk bisa tumbuh. Ketika telah menjumpai pohon induknya, lakukan pengamatan pada sekitar. Pastikan pohon induk berada dalam kondisi yang baik dan tumbuh kuat. Cek apakah batangnya menjulang lurus dan mahkotanya berbentuk setengah lingkaran. Jangan lupa juga untuk memastikan tidak ada hama atau sejenisnya yang hinggap di pohon induk. Karena apabila itu terjadi, maka perjuangan Anda dalam memilih bibit unggul akan percuma.

3. Memiliki Standart Panjang Lingkar Batang Pohon
Untuk proses pemilihan bibit pinang yang unggul dibutuhkan ketelitian dalam memilihnya. Dengan begitu, Anda semestinya juga harus mengukur lingkaran batang pohon induk pinang. Anda bisa mengukur lingkaran batang pada ketinggian di atas 1 meter dari permukaan tanah. Adapun kriteria untuk bibit pinang yang memiliki varietas unggul dapat dilihat dari pohon induknya yang mempunyai lingkar batang pohon sekitar 45 cm. Hal itu termasuk cara memilih bibit pinang unggul dengan cara langsung mengukurnya.

4. Mengamati Bentuk Pertumbuhan Daun
Memang sudah seharusnya jika ingin mendapat hasil bibit pinang yang unggul diperlukan pengamatan langsung ke pohon indukannya. Hanya dengan cara tersebut Anda bisa mendapatkan kualitas bibit pinang unggul. Salah satu hal yang perlu diamati adalah perkembangan daunnya. Mulai dari ratanya tekstur daun, jumlah helai daun lebih dari 8, dan lebarnya terbuka. Hal itu dilakukan karena daun termasuk komponen penting dalam menentukan baik tidaknya kondisi pohon induknya.

5. Perhatikan Kondisi Tandannya
Cara memilih bibit pinang unggul salah satunya dengan memperhatikan komponen penting dalam pohon induk yang biasanya terletak pada batang, daun, dan lingkar batang pohon yang digunakan sebagai aspek penilaian bibit unggul yang berkualitas baik. Akan tetapi, selain dari ketiga faktor yang telah disebutkan tadi, Anda perlu memperhatikan kondisi tandannya. Bibit dengan kualitas terbaik akan hadir jika kondisi tandannya ideal.

Dalam hal ini, kondisi tandan pohon pinang harus terdiri dari 4 buah atau lebih banyak dari itu. Selain itu, perlu dipastikan setiap tandan mempunyai buah pinang yang berjumlah kurang banyak sekitar 0 – 60 buah. Apabila tanaman induk sudah memiliki kondisi tandan seperti ini, maka bibit pinang yang dihasilkan nanti sudah pasti bervarietas unggul.

6. Mengetahui Ciri-Ciri Tanaman Induk yang Baik
Agar usaha Anda dalam cara memilih bibit pinang unggul yang baik tidak berakhir sia-sia. Anda perlu mengetahui ciri-ciri pohon pinang induk yang tidak terserang hama atau penyakit. Supaya usaha yang dilakukan untuk mendapatkan bibit unggul tidak percuma. Sebab, jika pohon induk terserang hama, penyakit, wengker, ataupun gulma nantinya pasti akan berpengaruh ke hasil bibit pinang yang unggul. Maka dari itu, Anda perlu waspada saat sedang memilih bibit unggul dari tanaman induk pinang. Pastikan tanaman induk pinang itu berada dalam kondisi baik.

Nah, itulah beberapa tips cara memilih bibit pinang unggul yang cukup mudah untuk dilakukan. Pastikan Anda benar-benar memperhatikan kondisi tanaman induknya supaya mendapatkan hasil bibit pinang dengan varietas terbaik. Lakukan tips-tips diatas dan dapatkan hasilnya ketika memanen bibitnya. Setiap tahapan perlu dicek dan diamati supaya mendapatkan benih dengan kualitas unggul. Sekali lagi, kunci dari keberhasilan bibit pinang unggul yang dihasilkan tergantung pada pohon induknya. Apabila Anda terlalu malas untuk mencari bibit pinang dengan varietas unggul, maka jangan khawatir lagi. Untuk pemilihan bibit pinang ataupun penyediaan bibit pinang varietas unggul tersedia dan bisa didapatkan melalui Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?