Langsung ke konten utama

HAL PENTING YANG WAJIB ANDA KETAHUI SEBELUM MENANAM PINANG (PART 2)

Kebun Pinang di Kec. Betara

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas lebih dalam tentang asal usul buah pinang, negara mana saja yang membutuhkan pasokan pinang, hingga ciri – ciri tanaman pinang. Jadi untuk anda yang seorang Pelajar yang membutuhkan informasi tentang tanaman pinang (Areca catechu), atau anda yang masih awam tentang tanaman pinang silahkan menuju link dibawah ini

Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Pinang (Part 1)

Artikel ini akan membahas kelanjutan tentang apa saja yang harus anda ketahui sebelum memulai menanam bibit pinang atau sebelum anda usaha budidaya tanaman pinang.

Mengenal buah Pinang

Apa yang menarik dari tanaman pinang? Apa yang membuat banyak negara ingin ekspor biji buah pinang yang ada di Indonesia? Biji buah pinang memiliki kandungan alkaloid, seperti arekolin (C8 H13 NO2), arekolidine, guvakolin, arekain, guvasine dan isoguvasine, tanin terkondensasi, flavan, senyawa fenolik, lignin, getah, tanin terhidrolis, minyak menguap dan tidak menguap, dan garam.

Menurut Nonaka (1989) bijii buah pinang ini memiliki kandungan proantosianidin, yaitu suatu tanin terkondesasi yang termasuk dalam golongan flavonoid. Sehingga Biji buah pinang ini mempunyai efek anti bakteri, anti virus, anti karsinogenik, anti inflamasi, anti alergi dan vasodilatasi. Komposisinya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Beberapa kandungan inilah yang membuat tanaman pinang ini banyak dicari oleh para pengekspor di beberapa negara. Karena kandungan proantosianidin tadilah yang memiliki anti virus, bakteri membuat tanaman pinang ini dimanfaatkan untuk obat – obatan. Adapun negara yang mengekspor pinang ini adalah negara India, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Malaysia, Vietnam, Laos, Myanmar, Maldives dan lainnya.

Varietas dari bibit pinang pun bervariasi, dan varietas paling unggul berada di Indonesia. Sejak tahun 1980-an Balai Penelitian Tanaman Palma telah mengeksplor pinang – pinang unggul dan berhasil mendapatkan 41 aksesi pinang. Menurut hasil pengamatan komponen buah, populasi pinang Betara ini merupakan varietas bibit pinang unggul. Tidak hanya itu, populasi pinang betara jauh mengungguli 5 varietas pinang unggul koleksi India.

Pinang Betara juga mendapatkan rekomendasi dari pemerintar karena merupakan varietas unggul. Jadi kami juga sarankan untuk anda yang ingin usaha budidaya pinang bisa memulainya dengan bibit pinang betara yang asli. Untuk lokasi pinang betara sendiri banyak ditanam di daerah Jambi, karena nama betara sendiri di ambil dari nama daerah yang ada di Jambi. Dan jika anda tidak mau repot ke jambi untuk membeli bibit pinang betara, anda bisa memesannya lewat kami.

Tips Memilih Pohon Induk Unggul Pinang

Tertarik untuk budidaya pinang? Yuk lanjut! Untuk membudidayakan pinang kita perlu memiliki pengetahuan dalam pengembangan tanaman pinang, salah satunya tentang pohon induk pinang yang memiliki produksi tinggi. Untuk bisa mendapatkannya anda perlu melakukan seleksi pohon induk.

Ada beberapa karakter yang perlu kita ketahui, yang menjadi persyaratan di dalam memilih pohon induk unggul pinang, yaitu :

  1. Berbunga lebih awal (6 hingga 7 tahun)
  2. Prosentase buah jadi atau fruit set tinggi
  3. Jumlah daun banyak (minimal 7, tergantung varietas)
  4. Jarak antar nodus (ruas batang) pendek
  5. Produksi buah per tandan minimal di atas 50 butir
  6. Produksi tandan minimal 4 tandan per tahun

Sekedar saran dari kami, jika anda ingin membeli langsung pohon induk, disarankan untuk tidak memilih pohon induk yang berasal dari blok pertanaman yang telah memiliki umur lebih dari 25 tahun, karena cenderung menurun tingkat produktivitasnya.

Baca Juga :
Tips Menyemaikan Bibit Pinang Unggul
Pinang Betara, Varietas Pinang Unggul Asli Indonesia

Itulah hal – hal penting yang harus anda tahu sebelum menanam buah pinang, di artikel berikutnya kami akan membahas tentang bagaimana budidaya pinang. Stay Tune ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila