HAL PENTING YANG WAJIB ANDA KETAHUI SEBELUM MENANAM PINANG (PART 2)

Kebun Pinang di Kec. Betara

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas lebih dalam tentang asal usul buah pinang, negara mana saja yang membutuhkan pasokan pinang, hingga ciri – ciri tanaman pinang. Jadi untuk anda yang seorang Pelajar yang membutuhkan informasi tentang tanaman pinang (Areca catechu), atau anda yang masih awam tentang tanaman pinang silahkan menuju link dibawah ini

Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Pinang (Part 1)

Artikel ini akan membahas kelanjutan tentang apa saja yang harus anda ketahui sebelum memulai menanam bibit pinang atau sebelum anda usaha budidaya tanaman pinang.

Mengenal buah Pinang

Apa yang menarik dari tanaman pinang? Apa yang membuat banyak negara ingin ekspor biji buah pinang yang ada di Indonesia? Biji buah pinang memiliki kandungan alkaloid, seperti arekolin (C8 H13 NO2), arekolidine, guvakolin, arekain, guvasine dan isoguvasine, tanin terkondensasi, flavan, senyawa fenolik, lignin, getah, tanin terhidrolis, minyak menguap dan tidak menguap, dan garam.

Menurut Nonaka (1989) bijii buah pinang ini memiliki kandungan proantosianidin, yaitu suatu tanin terkondesasi yang termasuk dalam golongan flavonoid. Sehingga Biji buah pinang ini mempunyai efek anti bakteri, anti virus, anti karsinogenik, anti inflamasi, anti alergi dan vasodilatasi. Komposisinya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Beberapa kandungan inilah yang membuat tanaman pinang ini banyak dicari oleh para pengekspor di beberapa negara. Karena kandungan proantosianidin tadilah yang memiliki anti virus, bakteri membuat tanaman pinang ini dimanfaatkan untuk obat – obatan. Adapun negara yang mengekspor pinang ini adalah negara India, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Malaysia, Vietnam, Laos, Myanmar, Maldives dan lainnya.

Varietas dari bibit pinang pun bervariasi, dan varietas paling unggul berada di Indonesia. Sejak tahun 1980-an Balai Penelitian Tanaman Palma telah mengeksplor pinang – pinang unggul dan berhasil mendapatkan 41 aksesi pinang. Menurut hasil pengamatan komponen buah, populasi pinang Betara ini merupakan varietas bibit pinang unggul. Tidak hanya itu, populasi pinang betara jauh mengungguli 5 varietas pinang unggul koleksi India.

Pinang Betara juga mendapatkan rekomendasi dari pemerintar karena merupakan varietas unggul. Jadi kami juga sarankan untuk anda yang ingin usaha budidaya pinang bisa memulainya dengan bibit pinang betara yang asli. Untuk lokasi pinang betara sendiri banyak ditanam di daerah Jambi, karena nama betara sendiri di ambil dari nama daerah yang ada di Jambi. Dan jika anda tidak mau repot ke jambi untuk membeli bibit pinang betara, anda bisa memesannya lewat kami.

Tips Memilih Pohon Induk Unggul Pinang

Tertarik untuk budidaya pinang? Yuk lanjut! Untuk membudidayakan pinang kita perlu memiliki pengetahuan dalam pengembangan tanaman pinang, salah satunya tentang pohon induk pinang yang memiliki produksi tinggi. Untuk bisa mendapatkannya anda perlu melakukan seleksi pohon induk.

Ada beberapa karakter yang perlu kita ketahui, yang menjadi persyaratan di dalam memilih pohon induk unggul pinang, yaitu :

  1. Berbunga lebih awal (6 hingga 7 tahun)
  2. Prosentase buah jadi atau fruit set tinggi
  3. Jumlah daun banyak (minimal 7, tergantung varietas)
  4. Jarak antar nodus (ruas batang) pendek
  5. Produksi buah per tandan minimal di atas 50 butir
  6. Produksi tandan minimal 4 tandan per tahun

Sekedar saran dari kami, jika anda ingin membeli langsung pohon induk, disarankan untuk tidak memilih pohon induk yang berasal dari blok pertanaman yang telah memiliki umur lebih dari 25 tahun, karena cenderung menurun tingkat produktivitasnya.

Baca Juga :
Tips Menyemaikan Bibit Pinang Unggul
Pinang Betara, Varietas Pinang Unggul Asli Indonesia

Itulah hal – hal penting yang harus anda tahu sebelum menanam buah pinang, di artikel berikutnya kami akan membahas tentang bagaimana budidaya pinang. Stay Tune ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?