Langsung ke konten utama

KETAHUI JARAK MENANAM PINANG IDEAL SEWAKTU DITANAM DI LAHAN

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran buah pinang menjadi sorotan masyarakat terutama dalam dunia bisnis. Berbagai manfaat dalam membudidayakan pinang membuat orang bersemangat menanamnya. Akan tetapi, dalam menanam pohon pinang, Anda harus memperhatikan jarak antar tanaman pinang. Karena apabila terjadi penubrukan pada daun-daun pinang, hal itu bisa berdampak dan berpengaruh pada pertumbuhan pinang ke depannya. Simak berikut ini beberapa contoh jarak menanam pinang yang ideal.

http://www.bibitpinangunggul.com/
Pohon pinang baru yang disisp diantara pohon pinang tua

Beberapa Contoh Jarak Menanam Pinang yang Ideal untuk Dilakukan
  1. Penanaman Tanaman Pinang Pada Jarak 2 m x 2 m.
    Apabila Anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas dan memutuskan untuk menanam pinang dengan jarak antar pinang sekitar 2 m x 2 m, maka perlu diperhatikan beberapa hal. Saat tanaman pinang tumbuh besar nantinya, akan terjadi penabrakan antara daun pohon satu ke pohon yang lain. Keadaan ini tentunya tidak baik bagi perkembangan pertumbuhan tanaman pinang.

    Sebab, tanaman pinang akan kekurangan nutrisi dan paparan sinar matahari langsung sebab terhalang oleh daun. Jika tetap dipaksakan penanaman pinang pada jarak 2 m x 2 m maka lahan yang tadinya diniatkan menjadi kebun pinang malahan akan menjadi hutan pinang saking kerapatan antar pohonnya.


  2. Penanaman Pinang Pada Jarak 2,5 m x 2,5 m.
    Jarak menanam pinang salah satunya bisa menggunakan ukuran 2,5 m x 2,5 m. Akibat jika menanam pohon pinang dengan jarak segini, ketika pohon pinang tumbuh dewasa maka helaian daun dari pohon pinang satu akan melewati pohon pinang yang lain. Kondisi ini tidak bisa dibilang baik walaupun nantinya dampak yang ditimbulkan tidak sebanyak pada penanaman jarak 2 m x 2 m. Akan tetapi, dalam syarat untuk perkebunan, jarak tanaman yang ditanam harus dihindarkan dari helaian daun yang melewati tanaman lain dan akar dari tanaman itu tidak melewati tanaman yang satunya juga.


  3. Penanaman Pinang Pada Jarak 2,75 m x 2,75 m.
    Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelum-sebelumnya, jarak menanam pinang 2,75 m x 2,75 m masih belum cukup ideal. Mengapa? Meskipun minim kemungkinan helai daun akan saling bertubrukan, tetap saja tanaman pinang akan mendapat asupan sinar matahari yang kurang. Meskipun tidak bertubrukan, tapi dari kejauhan posisi tanaman pinang masih terlihat rapat. Tentunya, akan mempengaruhi pada pertumbuhan pinang ke depannya.

    Baca Juga :
    Analisa Usaha Budidaya Pinang Dalam Dunia Bisnis
    Cara Merawat Pinang Agar Berbuah Cepat


  4. Penanaman Pinang Pada Jarak 3 m x 3 m.
    Tanaman pinang yang ditanam pada jarak 3 m x 3 m akan terhindarkan dari tubrukan daun dan helai daun tidak akan melewati pohon satunya. Bisa dibilang jarak menanam pinang 3 m x 3 m ini sudah lumayan ideal. Walaupun begitu, dengan jarak segitu masih menghalangi matahari untuk menembuskan cahayanya sampai ke bawah. Apalagi jika yang ditanam adalah jenis pohon pinang betara, tentunya lebih membutuhkan paparan sinar matahari lebih ekstra. Solusinya adalah dengan menambah sedikit jarak antar pinang supaya tanaman pinang dapat tumbuh dengan baik serta optimal.


  5. Penanaman Pinang Pada Jarak 3,5 m x 3,5 m.
    Jika Anda menanam tanaman pinang pada jarak sekitar 3,5 m x 3,5 m mungkin itu bisa disebut jarak ideal. Karena dengan begitu, tanaman pinang bisa mendapat suplai dari sinar matahari secara langsung tanpa terhalangi. Selain itu, tanaman pinang akan mempunyai celah kosong dari sisi depan, belakang, dan samping. Bisa dikatakan bahwa jarak 3,5 m x 3,5 merupakan jarak ideal minimum untuk diterapkan ke pohon pinang agar mendapat hasil yang memuaskan.


  6. Penanaman Pinang Pada Jarak 4 m x 4 m.
    Jarak menanam pinang lainnya, adalah dengan menggunakan ukuran 4 m x 4 m. Anda bisa menggunakan ukuran jarak ini jika memiliki lahan yang cukup luas. Dengan jarak segitu, maka sudah bisa dipastikan tanaman pinang mendapatkan sinar matahari yang cukup tanpa perlu khawatir dengan helai daun yang menghalangi. Juga nantinya, sinar matahari bisa sampai menembus ke bawah. Jarak antar tanaman pinang juga mempunyai celah lumayan sehingga pas dilihat sebagai perkebunan.
Itulah beberapa contoh jarak menanam pinang dari yang belum ideal sampai ideal. Perlu diketahui bahwa jika ingin mendapatkan hasil buah pinang yang bagus, maka perhitungan jarak antar tanaman sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai referensi, beberapa contoh di atas bisa menjadi bayangan Anda dalam memulai usaha budidaya pinang. Sebenarnya, jarak tanam pinang bisa disesuaikan tergantung pada luas lahan dan jenis tanaman pinang itu sendiri. 

Dalam pola tanam pinang, ada dua cara yaitu tumpang sari atau monokultur. Sedangkan untuk pola menanam pinang sendiri lebih baik membentuk bangun segitiga atau segilima (mata lima). Hindari pola menanam berjajar atau lurus supaya mempermudah pekerjaan dan penyinaran matahari bisa lebih optimal.

DAPATKAN BIBIT PINANG BETARA UNGGULAN !!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila