5 TAHAPAN CARA MENANAM PINANG AGAR CEPAT BERBUAH YANG LEBAT

Cara Menanam Pinang Agar Cepat Berbuah. Tingginya permintaan buah pinang untuk kebutuhan ekspor menjadikan faktor utama masyarakat banyak yang mencoba dan beralih untuk budidaya buah ini. Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari buah minang menjadi faktor utama melonjaknya permintaan akan buah ini. bahkan, WHO sendiri juga sudah memprioritaskan pinang sebagai obat herbal yang kaya akan khasiat. Namun, tak jarang pula yang kurang memahami bagaimana cara menanam pinang agar cepat berbuah.

Cara Menanam Pinang Agar Cepat Berbuah

Tak Sulit, Beginilah Cara Menanam Pinang Agar Cepat Berbuah Tanpa Harus Menunggu Lama

Pinang akan bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang sangat banyak jika dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, simaklah beberapa penjelasan di bawah ini tentang cara menanam buah pinang agar cepat berbuah dan tentunya tak memakan waktu yang lama.

1. Menyediakan Lokasi untuk Menanam Pohon Pinang

Cara menanam pinang agar cepat berbuah yang pertama adalah dengan menyediakan lokasi yang tepat. Sebab, pertumbuhan buah pinang akan terpengaruh dengan lingkungan hidupnya. Pinang akan dapat tumbuh dengan subur jika ditanam pada lahan yang ada di dataran rendah yaitu memiliki ketinggian sekitar 1 – 600 mdpl. Tumbuhan pinang juga menyukai daerah yang beriklim tropis dengan kelembapan tanah yang cukup tinggi.

Untuk itu saat memilih lahan, usahakan tanah yang ada di sana memiliki 4 sampai 8 ph dengan curah hujan 700 – 4500 mm / tahunnya. Meskipun termasuk tanaman tropis, namun pinang tetap membutuhkan cahaya matahari untuk kelangsungan hidupnya. hanya membutuhkan penyinaran sekitar 6 – 8 jam saja per harinya supaya batangnya memiliki kekuatan lebih dan tidak terlalu tinggi.

2. Memilih Bibit Pinang Dari Pohon Yang Berkualitas

Hasil panen yang berkualitas dan melimpah berasal dari bibit yang berkualitas pula. Oleh karenanya memilih bibit pinang juga tak boleh asal-asalan. Bibit yang baik dihasilkan oleh pohon yang sehat dan berumur 10 tahun ke atas. Bentuk batangnya juga lurus, serta memiliki mahkota yang berbentuk setengah lingkaran. Yang paling terpenting pohon pinang tetap menghasilkan buah yang stabil dalam kurun waktu 4-5 tahun lamanya.

Pohon pinang yang menghasilkan bibit berkualitas juga dapat diamati dari jumlah daunnya. Jika daunnya berjumlah 8 helai lebih dengan dilengkapi lebih dari 4 tandan buah maka bisa dipastikan jika pohon itu cocok untuk penghasil bibit. Cara menanam pinang agar cepat berbuah yang kedua ini memang cukup menguras energi. Sebab, harus meneliti dan mengamati dari satu pohon ke pohon lain. namun, jika tak ingin ribet Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul bisa menjadi solusi yang paling tepat.

3. Proses Pembibitan

Setelah menemukan lahan yang cocok dan bibit yang tepat, maka tahapan cara menanam pinang agar cepat berbuah berikutnya adalah melanjutkan proses pembibitan. Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyediakan polybag yang berukuran 15 cm. lalu bawah polybag itu dilubangi agar air tidak menggenang di permukaan tanah saat di siram. Isi polybag dengan tanah yang mengandung kompos, namun hanya 2/3 saja. Setelah itu, masukkan bibit pinang ke polybag tadi. Tunggu sampai umurnya mencapai 4-5 bulan sampai bibit pinang mulai tumbuh dengan sehat.

4. Proses Penanaman

Cara Menanam Pinang Agar Cepat Berbuah

Cara menanam pinang agar cepat berbuah selanjutnya, yaitu proses penanaman pohon pinang. Setelah menununggu 4-5 bulan lamanya bibit sudah siap untuk pindah ke lahan yang lebih luas. Saat menanamnya pun tak boleh dilakukan secara sembarangan harus memperhatikan prosedur yang sesuai. Jarak minimal untuk pohon pinang satu dengan yang lainnya harus berkisar 3 meter x 3 meter, pasang bambu ajir pada sekitar pinang agar lebih rapi.

Baca Juga : Jarak Tanam Ideal Antar Pinang yang Wajib Diketahui

Jarak penanaman pohon pinang akan sangat berpengaruh pada proses pertumbuhannya. Oleh karena itu meskipun terlihat sepele, hal ini tidak boleh dilewatkan. Lakukan juga proses perawatan setelah pinang mulai tumbuh. Seperti melakukan pemupukan, penyiraman, pembasmian hama dan penyakit, penyulaman serta penyiangan. Pupuk yang diberikan juga tak boleh terlalu banyak harus cukup. Perawatan tersebut juga akan membuat pohon bisa menghasilkan buah yang banyak.

5. Proses Perawatan

Pada tahapan cara menanam pinang agar cepat berbuah kali ini sangat penting. Proses perawatan juga terdiri dari perawatan harian tanaman pinang, pemupukan hingga penanganan jika terserang hama dan penyakit tanaman pinang. Pemupukan merupakan hal yang harus diperhatikan agar pinang bisa cepat berbuah dan hasil panennya lebat karena dengan pemupukan, kita sebagai petani pinang bisa menjamin ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman pinang. Terkait pupuk pinang biasanya yang digunakan adalah pupuk kimia dan pupuk organik, dengan pemberian dosis pemupukan yang secukupnya. Pinang bukan tanaman yang perlu dipupuk setiap 3-4 bulan sekali. Pemberian pupuk pada pinang mesti diperhatikan jangan sampai berlebihan .

6. Proses Panen

Tahap ini adalah bagian yang terakhir. Memasuki usia 4-5 tahun pohon pinang sudah bisa dipanen buahnya. Panen ini dibedakan menjadi 2 yaitu panen buah matang dan panen buah yang setengah matang. Buah pinang ini bisa dijual dalam bentuk masih fresh atau dikeringkan terlebih dahulu. Semuanya memiliki nilai jual yang tinggi meskipun memiliki perbedaan harga di pasarannya.
Baca Juga : Proses Pengolahan Pinang Kering Agar Tahan Lama


Demikianlah penjelasan secara singkat tentang bagaimana cara menanam pinang agar cepat berbuah tanpa memakan waktu yang lama. Pada umumnya memang penanaman pohon pinang membutuhkan perhatian yang lebih ekstra dibandingkan dengan komoditas lain. namun, hasil penjualan panen yang akan didapat oleh petani akan jauh lebih banyak, mengingat buah pinang sudah berhasil masuk ke negara lain. Salam Sukses Petani Pinang Indonesia

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?