PINANG BETARA, VARIETAS PINANG UNGGUL NASIONAL DARI JAMBI

Pinang Betara Asli – Selama ini, produsen bibit memang memiliki kriteria tersendiri dalam menafsirkan kualitas pinang Betara. Khususnya terkait dengan aspek keaslian dan keunggulan dari jenis bibit tanaman ini. Klaim yang mereka lakukan ini jelas merupakan tindakan subjektif sehingga kebenarannya tidak dapat dibuktikan. Sebab klaim mengenai pinang Betara asli hanya bisa dilakukan oleh lembaga berwenang.

http://www.bibitpinangunggul.com
Blok Penghasil Tinggi untuk sumber benih Pinang Betara Asli

Lembaga berwenang yang berhak untuk memberikan klaim terhadap keaslian pinang Betara adalah Kementerian Pertanian melalui divisi Litbang. Bentuk pengakuan klaim keaslian bibit pinang kepada produsen dilakukan oleh lembaga ini dengan menerbitkan Sertifikat Mutu Benih. Penerbitan sertifikat ini dilakukan oleh lembaga yang bersangkutan dengan menggunakan beberapa indikator.

Indikator Penentuan Keaslian Bibit Pinang Betara 

Divisi Litbang Kementerian Pertanian tentu tidak bisa sembarangan dalam menerbitkan Sertifikat Mutu Benih kepada produsen bibit. Agar sertifikat ini dapat diterbitkan, maka bibit pinang Betara hasil budidaya mereka harus lolos uji kelayakan. Adapun indikator yang digunakan oleh lembaga ini untuk menentukan keaslian bibit pinang Betara, yaitu sebagai berikut:

• Mulai berbunga 3-4 tahun
Indikator pertama yang digunakan oleh lembaga ini untuk menentukan asli tidaknya pinang Betara adalah dengan melihat periode berbungan tanaman ini. Tanaman pinang Betara yang normal dan asli umumnya akan berbungan ketika memasuki umur 3-4 tahun. Apabila dalam periode tersebut pinang Betara tidak berbunga, maka keasliannya tentu saja dipertanyakan.

• Kadar taninnya tercukupi
Penentuan keaslian pinang Betara juga menggunakan indikator berupa kadar tanin. Pinang Betara yang asli tentu harus memiliki kadar tanin mencukupi. Dalam kondisi normal, kadar tanin tanaman ini harus berada pada persentase 9,79%. Ketika sudah memenuhi indikator ini, maka soal keaslian dan keunggulan varietasnya tak perlu dipertanyakan lagi.

• Mulai panen 4-5 tahun
Selain periode waktu berbunga, divisi Litbang juga menggunakan indikator lainnya untuk menentukan keaslian dari pinang Betara. Indikator yang dimaksud adalah periode panen dari jenis tanaman ini. Pinang Betara asli biasanya bisa dipanen oleh petani ketika sudah berada pada umur 4-5 tahun. Jadi, hanya pinang Betara dengan kriteria inilah yang dapat diakui keasliannya.

• Buah per tandannya lebih dari 130 buah
Produsen bibit pinang Betara akan memperoleh Sertifikat Mutu Benih apabila hasil budidayanya memenuhi beberapa indikator. Salah satu indikator yang ditetapkan oleh Litbang Kementan selaku lembaga berwenang adalah memiliki buah per tandan lebih dari 130 buah per tandan disetiap batangnya. Apabila saat panen pinang Betara memiliki buah sebanyak ini, maka keasliannya tidak perlu diragukan lagi.

• Mempunyai berat buah dan biji ideal
Buah dan juga biji pinang Betara juga tidak luput dijadikan sebagai aspek penilaian gun menentukan keaslian dari tanaman ini. Idealnya, pinang betara yang asli harus memenuhi berat buah utuh minimal yaitu 47,06 gram. Sementara itu, biji kering dari tanaman ini juga mesti memiliki berat per butir kurang lebih sebesar 8,68 gram.

• Memiliki tinggi batang normal
Aspek fisik dari tanaman pinang Betara juga perlu dipertimbangkan. Sebab tanaman dengan kondisi fisik normal tentu akan berpotensi menghasilkan varietas bibit unggul. Salah satu indikator fisik yang bisa digunakan untuk menentukan keaslian dari pinang Betara adalah ukuran batangnya. Idealnya pinang Betara yang asli harus memiliki tinggi batang kurang lebih 10,28 meter.

Dapatkan Bibit Pinang Betara Terbaik !!!

Itulah beberapa indikator untuk menentukan kualitas dari bibit pinang Betara terutama keasliannya. Sebagai konsumen, Anda tentu bisa mempertimbangkan beberapa indikator di atas selain adanya pengakuan berupa Sertifikat Mutu Benih. Jika Anda sedang mencari produsen bibit pinang Betara asli dan bervarietas unggul yang memenuhi indikator di atas, maka Kami adalah solusi tepat.
Untuk info pemesanan bibit pinang unggul varietas pinang betara, Anda bisa menghubungi melalui WA/SMS/Telp 0852 8967 4014 (Fahmi) atau klik link ini!

2 komentar untuk “PINANG BETARA, VARIETAS PINANG UNGGUL NASIONAL DARI JAMBI”

  1. Pingback: PENGOLAHAN PINANG KERING DAN HARGA JUAL PINANG TAHUN 2022 - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  2. Pingback: LEBIH DARI 1000 TON PER BULAN DIEKSPOR ! MENGINTIP PELUANG BISNIS PINANG BETARA UNGGUL YANG MENGGODA - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?