7 ALASAN BUDIDAYA PINANG BETARA SANGAT MENJANJIKAN

Budidaya Pinang Betara

Budidaya Pinang Betara. Fakta membuktikan jika minat masyarakat akan Budidaya Pinang Betara semakin tinggi. Hal tersebut karena budidaya pinang di Indonesia sebenarnya sangat berpotensi. Dari sekian jenis buah pinang, tentu saja ada varietas tertentu yang dianggap paling unggul. Kebetulan Pinang Betara adalah salah satunya.

Anda mungkin penasaran, apa saja manfaat buah Pinang Betara sebetulnya? Kalau itu ada di benak Anda wajar. Pasalnya, buah Pinang punya pasar luar negeri lebih besar daripada dalam negeri. Anda bisa jadi tidak begitu tahu keunggulan buah tersebut, karena belum pernah memanfaatkannya sebelumnya.

Buah Pinang nyatanya punya banyak kegunaan. Mulai dari dibuat hiasan, bahan campuran obat, hingga untuk pewarna makanan alami. Oleh karena banyaknya keunggulan tersebut, tidak heran jika sampai saat ini masih banyak orang tertarik untuk membudidayakannya. Selain itu, budidaya Pinang Betara memang terbukti punya peluang luas, berikut penjelasannya

1. Pinang Betara Merupakan Kualitas Unggul

Dari sekian jenis buah Pinang yang bisa tumbuh di Indonesia, Pinang Betara memang sudah terkenal sebagai varietas unggulan. Hal ini membuat makin banyak orang berminat untuk mencari bibit pinang Betara tersebut. Apalagi kalau bukan ingin menanamnya sendiri sebagai bahan komoditi untuk diperjualbelikan.

2. Mudah Dalam Perawatan

Hal yang paling membuat orang-orang tertarik untuk Budidaya Pinang Betara adalah mudah dalam perawatan. Mungkin karena Pinang Betara merupakan kualitas unggulan, jadi tidak sulit untuk membudidayakan tanaman tersebut. Tidak harus punya pengalaman tentang pertanian, orang awam pun bisa mencobanya langsung.

3. Tidak Butuh Lahan Besar

Alasan lain mengapa Budidaya Pinang Betara ini cukup berpeluang adalah tidak butuh lahan yang besar. Anda bahkan bisa mulai menanam di pekarangan rumah dengan luas lahan yang tidak seberapa. Hal tersebut karena Pohon Pinang Betara tidak seberapa besar. Sehingga bisa tumbuh dengan baik walaupun dalam lahan sempit.

Akan menjadi nilai tambah buat Anda jika punya lahan dengan kandungan air tidak terlalu banyak. Lingkungan seperti itu sangat cocok untuk perkembangan Pinang Betara. Anda hanya perlu mencari bibit Pinang Betara di tempat yang terbaik, sehingga proses budidaya bisa berjalan lancar.

4. Punya Pangsa Pasar Luas

Wajar bagi Anda yang masih berpikir dan kurang yakin untuk memulai Budidaya Pinang Betara. Salah satu hal yang membuat Anda tidak yakin adalah siapa konsumen utama buah tersebut bukan? Jangan khawatir, sebab meskipun di Indonesia masih sedikit yang memanfaatkan buah Pinang Betara, nyata pasar luar negeri lebih luas.

Padahal, menurut beberapa data terpercaya di Indonesia kebutuhan Pinang Betara sebenarnya cukup tinggi. Para petani saja yang mungkin kurang literasi sehingga tidak yakin ingin melakukan budidaya tanaman tersebut. Buah hasil budidaya Pinang Betara paling banyak dipergunakan untuk konsumsi herbal atau bahan campuran pewarna makanan di Indonesia.

Pangsa Pasar Ekspor Merupakan Keunggulan Budidaya Pinang Betara
Presiden Meninjau Proses Persiapan Ekspor Biji Pinang di Jambi (Sumber setneg.go.id)

Meskipun nanti di Indonesia disebut masih kurang luas pangsa pasarnya, tidak perlu takut. Pinang Betara nyata sangat populer di luar negeri sana. Beberapa negara yang biasanya butuh Pinang Betara diantaranya seperti Bangladesh, India, hingga Pakistan. Ketiga negara tersebut diketahui merupakan konsumen luar negeri tertinggi. Masih ada negara-negara ASEAN lainnya yang juga punya minat tinggi dengan Pinang Betara. Bahkan, tidak jarang negara-negara Asia dan Amerika juga ketahuan melakukan pesanan untuk buah tersebut. Jadi, untuk urusan konsumen jangan khawatir. Pinang Betara sangat diminati konsumen dalam maupun luar negeri.

Bulan April 2022 lalu, Presiden Joko Widodo juga melakukan pelepasan ekspor biji pinang sebanyak 7 kontainer dari Jambi. Beliau mengapresiasi komoditas pinang betara menjadi produk ekspor dibutuhkan di berbagai negara seperti Thailand, China India, Pakistan.

5. Budidaya Pinang Betara Tidak Butuh Modal Besar

Untuk memulai Budidaya Pinang Betara ini juga sama sekali tidak butuh modal besar. Sudah sedikit di bahas pada penjelasan sebelumnya, Anda bisa mulai menanam buah ini dari pekarangan rumah. Bagian mananya yang mahal? Selain itu peralatan yang perlu disiapkan juga tergolong sederhana.

Anda hanya perlu menyediakan Bibit pinang Betara yang harganya cukup terjangkau. Pastikan saja beli di tempat terbaik dengan kualitas unggul. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyiapkan peralatan pertanian biasa seperti cangkul, golok, gerobak dorong, sabit, dan alat bertani standar lainnya. Sepertinya rata-rata setiap rumah punya barang-barang tersebut.

Selain peralatan, Anda juga perlu menyediakan hal-hal untuk keperluan irigasi. Mulai dari timba, selang, pompa air, dan sebagainya. Semua peralatan dan kebutuhan bertani tersebut dapat Anda temukan dengan mudah. Anda bisa mengandalkannya untuk proses pengolahan tanah, penanaman, perawatan, hingga masa panen tiba.

6. Distribusi Pinang Betara Yang Cukup Mudah

Alasan lain mengapa hingga Budidaya Pinang Betara dikatakan berpeluang adalah distribusi atau pemasarannya yang cukup mudah. Anda punya banyak pilihan distribusi yang bisa dilakukan. Pertama Anda bisa langsung jual saja ke pengepul pinang di daerah Anda. Selain itu, jika memang di sekitar ada pabrik pengolahannya, Anda bisa menjualnya di pabrik pengolahan pinang tersebut.

Budidaya Pinang Betara sangat diminati karena biaya perawatannya yang murah
Panen sedang memanen pinang betara (Sumber detik.com)

Biasanya, ada orang-orang yang punya bisnis yang menggunakan buah Pinang sebagai bahan utamanya. Misalnya seperti jamu herbal, pembuat kerajinan atau hiasan dan lain-lain. Anda pun boleh menawarkan hasil budidaya Anda pada pihak-pihak tersebut. Ada lagi pemasaran yang bisa membuat keuntungan Anda makin besar.

Dengan melakukan ekspor, jika itu memang memungkinkan untuk Anda lakukan. Misalnya, tingkat produktivitas budidaya sedang cukup besar, sehingga cocok dilakukan ekspor secepatnya. Anda bisa mulai menyasar pada negara-negara dengan tingkat konsumsi buah Pinang Betara tinggi.

Kalau memutuskan untuk melakukan ekspor ke luar negeri, umumnya Pinang Betara harus dijual dalam kondisi kering. Meskipun begitu, konsumen luar negeri juga tidak jarang yang menginginkan Pinang Betara dalam kondisi basah. Oleh sebab itu, sebelumnya Anda harus menanyakan dulu pada pihak pembeli mau disediakan Pinang Betara dalam kondisi bagaimana.

7. Keuntungan Hasil Budidaya Pinang Betara Cukup Besar

Mulai hitungan saja, supaya Anda merasa yakin jika Budidaya Pinang Betara memang sangat berpeluang. Misalkan saja Anda punya sekitar 1 hektar tanah. Kebetulan, dalam 1 hektar tanah tersebut, Anda berhasil menanam 1100 batang pohon Pinang Betara. Perkirakan saja, pohon-pohon tersebut bisa dipanen tiap bulan.

Rata-rata per satu hektar kebun dapat menghasilkan 5000 kilogram Pinang Betara basah. Coba hitung satu tahunnya, Anda bisa mendapatkan empat puluh ribu kilogram Pinang Betara basah siap jual. Harga terakhir Pinang Betara menurut beberapa sumber per kilogramnya adalah 1.500 rupiah. Dengan begitu berarti, Anda bisa mengantongi pendapatan kotor kira-kira sekitar 90 juta rupiah untuk satu tahunnya. Itu untuk pinang basah, beda lagi dengan dalam kondisi kering. Pinang Betara dalam kondisi kering harganya justru makin mahal. Per kilogram Pinang Betara kering bisa dijual dengan harga 10 ribu hingga 15 ribu rupiah.

Hal tersebut dikarenakan timbangan untuk pinang basah dan kering sudah tentu beda. Pinang Betara basah dengan berat 5 ton, hanya akan menghasilkan 1 ton dalam kondisi kering. Oleh sebab itu, pinang kering harganya bisa 2 kali lipat. Misalkan Anda bisa panen 40 ton Pinang Betara basah, saat kering hanya menyisakan 8 ton saja tapi dengan harga jual lebih mahal.

Itu dia tadi sejumlah alasan mengapa Budidaya Pinang Betara punya peluang besar. Setelah membaca informasi di atas, Anda mungkin berminat untuk mencoba membudidayakan tanaman tersebut? Jangan lupa pastikan untuk membeli bibit Pinang Betara pada tempat terbaik seperti Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul. Supaya hasil panen lebih berkualitas.

3 komentar untuk “7 ALASAN BUDIDAYA PINANG BETARA SANGAT MENJANJIKAN”

  1. Pingback: KALAH TELAK, BEGINI 5 PERBANDINGAN PINANG VS KELAPA - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  2. Pingback: MEMBANDINGKAN 5 HAL MENGENAI BUDIDAYA PINANG DAN KARET - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  3. Pingback: YUK KETAHUI 3 JENIS PINANG UNGGUL YANG CEPAT BERBUAH - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?