PINANG BETARA, PELOPOR VARIETAS PINANG UNGGUL DI INDONESIA

Pinang Unggul. Provinsi Jambi menjadi salah satu penghasil pinang terbesar di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari data yang dimiliki oleh Balai Penelitian dan Pembangunan Pertanian. Setidaknya, kini ada lebih dari 17.000 hektar lahan yang ditanami pohon pinang di Provinsi Jambi. Total produksi setiap tahun rata-rata mencapai lebih dari 13.000 ton biji pinang kering. Jenis pinang yang ditanam oleh petani setempat adalah pinang betara. Pinang betara diketahui merupakan varietas pinang unggul yang pertama kali dibudidayakan di Indonesia.

Petani sedang memanen pinang betara yang sudah dinyatakan sebagai jenis pinang unggul di Indonesia
Petani sedang memanen pinang betara

Varietas pinang betara dikatakan unggul sebab, mampu menghasilkan potensi keuntungan panen yang baik dan cukup tinggi. Yakni sekitar 8 -10 ton pinang kering per hektar setiap tahunnya. Angka ini tentunya sangat membanggakan mengingat, belum ada jenis pinang lain yang mampu menghasilkan panen berlimpah seperti pinang betara. Bahkan, ketika dibandingkan dengan bibit pinang dari negara-negara lainnya.

Sertifikasi Pinang Betara Sebagai Varietas Pinang Unggul

Bibit Pinang Betara Yang Sudah dinyatakan Sebagai Jenis Pinang Unggul di Indonesia oleh Kementerian Pertanian
Bibit Pinang Betara Yang Sudah di Sertifikasi oleh Disbun

Pada 8 November 2012, varietas pinang betara dinobatkan sebagai pinang unggul oleh Kementerian Pertanian. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan MENTAN No. 199/Kpts/SR.120/1/2013. Dalam surat keputusan tersebut disebutkan bahwa pengembangan pinang di Provinsi Jambi sebagai varietas pinang yang unggul dan pelopor satu-satunya di Indonesia.

Dinas Perkebunan Provinsi Jambi saat ini terus berupaya untuk menambah pohon induk untuk memenuhi kebutuhan benih pinang betara. Potensi produk pembibitan atau benih pinang mencapai 165 ribu butir per tahun. Hebatnya lagi, dengan menggunakan bibit pinang betara unggul, akan semakin menambah keuntungan para petani pinang karena pinang betara memiliki potensi keberhasilan tanam dan panen yang sangat tinggi.

Tidak heran apabila pinang betara kemudian menjadi komoditas perkebunan penting, terutama di wilayah berdataran rendah seperti Jambi. Buah pinang sendiri bagi masyarakat sudah tidak asing lagi khasiatnya. Dapat digunakan untuk berbagai penyakit seperti menguatkan tulang dan gigi, mengobati sakit pinggang dan sendi, mengatasi mata rabun, difteri, hingga diabetes. Saat ini, pinang juga diolah sebagai bahan baku produk kecantikan dan bahan farmasi lainnya.

Produksi yang besar turut diikuti oleh permintaan pasar yang sangat tinggi, menjadi petani pinang betara mendapatkan keuntungan berlimpah. Selain dijadikan bahan baku kosmetik dan obat-obatan, pinang selanjutnya akan diekspor ke mancanegara. Permintaan pinang di luar negeri juga sangat tinggi, terutama di negara – negara Asia Selatan yang masih memiliki tradisi dan budaya menggunakan pinang dalam upacara ritual/ adat. Misalnya, seperti India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, dan lainnya.

Baca juga : Pinang Betara dan Pinang Wangi, Mana yang Lebih Unggul?

Sekadar informasi tabahan, dari sekitar 120 hektar pengembangan lahan pinang betara, Dinas Perkebunan Provinsi Jambi sudah mengambil sampel sebanyak 250 pohon induk pinang betara unggul. Varietas pinang unggul ini kemudian akan terus dikembangkan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Berapa Harga Bibit Pinang Betara?

Jika Anda tertarik ingin menekuni bisnis budidaya pinang betara, Anda mungkin sempat menelusuri media internet untuk mencari tahu berapa harga bibit pinang betara saat ini.

Kata kunci seperti “harga pinang betara” atau “jual bibit pinang di jambi”, hingga “harga bibit pinang betara jambi”, sudah sangat sering diketik di kolom penelusuran Google.

Sebagai gambaran, harga bibit pinang betara yang masih dalam berupa benih berkisar antara Rp 1800 – Rp 2.000. Sedangkan, harga bibit buah pohon pinang betara unggul kisaran Rp 6.000 – Rp 10.000. Harga ini dapat berubah-ubah mengikuti kondisi pasar di era New Normal saat ini.

Sementara itu, pinang betara sudah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian sebagai varietas pinang unggul yang dapat digunakan secara luas di wilayah Indonesia. Varietas unggul pinang betara sejak awal telah sukses dikembangkan di Provinsi Jambi.

Disebut varietas pinang unggul, sebab buah pinang betara memiliki keunnggulan ukuran buah pinang yang besar. Dalam satu kilo hanya sekitar 20 – 25 butir. Sedangkan, dalam satu tandan pinang betara, rata – rata berisi sekitar 150 butir. Asumsi dalam satu tahun, dapat menghasilkan 5-6 tandan setiap pohon.

Cara Mendapatkan Bibit Pinang Betara Unggul

Jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah yang ternyata kualitas bibit pinang betara hanya abal-abal. Pastikan Anda membeli bibit pinang unggul betara di supplier yang terpercaya dan terbukti kredibilitasnya.

Lentera Mantang merupakan salah satu supplier pinang unggul betara yang berpengalaman sejak 2014. Memproduksi ratusan ton pinang betara dan sudah diekspor ke berbagai negara seperti India dan Bangladesh.

Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin membudidayakan pinang betara unggul, Lentera Mantang juga siap jual bibit siap tanam dengan harga yang kompetitif. Hubungi Lentera Mantang melalui Whatsapp wa.me/6285289674014

 

4 komentar untuk “PINANG BETARA, PELOPOR VARIETAS PINANG UNGGUL DI INDONESIA”

  1. Pingback: SEMAKIN POPULER !!! PRESIDEN JOKOWI LEPAS EKSPOR BIJI PINANG7 KONTAINER BIJI PINANG - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  2. Pingback: JARANG DIKETAHUI, INILAH 5 RAHASIA SUKSES BUDIDAYA PINANG BETARA AGAR PANEN MAKSIMAL - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  3. Pingback: 7 ALASAN BUDIDAYA PINANG BETARA SANGAT MENJANJIKAN - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  4. Pingback: YUK KETAHUI 3 JENIS PINANG UNGGUL YANG CEPAT BERBUAH - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?