PRODUKTIF & MUDAH DITUMBUHKAN, BUDIDAYA PINANG BETARA DI LAHAN SEMPIT

Budidaya Pinang Betara Di Lahan Sempit. Bagi Anda petani yang mungkin sedang mempertimbangkan peluang bisnis menguntungkan di lahan terbatas, budidaya pinang betara adalah pilihan yang ideal. Pinang betara merupakan varietas pinang unggul yang sudah diakui oleh Kementerian Pertanian Indonesia. Cocok ditanam pada wilayah dataran rendah maupun dataran tinggi. Pinang betara dapat menghasilkan hingga 5 ton per hektar dalam sekali panen (1 bulan). Itulah sebabnya, kini semakin banyak petani yang mulai mempelajari dan mengembangkan pinang betara di berbagai wilayah. Dan ini menjadi alternatif bagi petani yang akan budidaya pinang betara di lahan sempit.

Budidaya Pinang Betara di Lahan Sempit
Petani Baru Panen Pinang di Lahan yang Kurang dari 1 Hektar

Pada awalnya, pinang betara merupakan varietas pinang unggul yang dikembangkan di Provinsi Jambi. Ketinggian wilayah agar pinang betara dapat tumbuh dengan baik adalah sekitar 0 – 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Budidaya Pinang Betara

  • Metode atau cara menanam pinang betara sebaiknya diperhatikan untuk lokasi lahan perkebunan. Direkomendasikan agar lokasi berada di bawah 600 meter di atas permukaan laut. Sebab, menurut pengalaman sejumlah petani pinang, produksi pinang akan semakin maksimal jika ditanam pada ketinggian 600 mdpl.
  • Selanjutnya, pH atau kadar keasaman tanah adalah sekitar 4,6 hingga 8. Dan perlu mendapatkan asuan sinar UV matahari selama 120 jam setiap bulan atau 6 hingga 8 jam setiap hari.
  • Perlu diperhatikan pula kadar suhu untuk lokasi lahan yang mendukung produktivitas tanaman pinang betara. Yaitu, kisaran 21 ° Celcius s.d 30 ° Celcius. Jika ditanam pada suhu yang terlalu ekstrim, biasanya tanaman pinang menjadi cenderung tidak produktif.
  • Jarak tanam yang dianjurkan oleh penyuluh pertanian adalah 2,5 meter x 3 meter. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan ukuran jarak tanam, sebagai berikut: 2,7 meter x 2,7 meter; 3 m x 3 m; 2,75 m x 2,75 m.

Cara Budidaya Pinang Betara di Lahan Sempit

Buat lubang untuk menanam pinang betara. Kemudian, campurkan setengah tanah galian tersebut dengan 4 kg pupuk kompos (pupuk kendang), 100 gr NPK, serta 100 gr dolomit. Campur merata lalu masukkan ke dalam lubang, dan diamkan selama 7 hari.

Periksa kembali agar tinggi timbunan ini tidak melebihi tinggi tanah di sisi lubang. Selanjutnya, bibit pinang betara ditanam tepat berada di tengah permukaan timbunan.

Pastikan untuk membuka polybag pada bibit pinang betara. Lalu, padatkan tanah medium ini agar pinang tidak gampang roboh, siram seperlunya. Manfaat mengatur ketinggian antara medium dan tepian atas lubang, adalah agar dapat menampung air serta mempertahankan nutrisi pupuk agar tidak gampang terhanyut ketika hujan.

Pengendalian Hama dan Penyakit Pinang Betara

Selama ini pinang betara dikenal sebagai varietas pinang unggul yang sangat mudah dikendalikan apabila terdapat hama atau penyakit. Jenis – jenis hama yang mengganggu tanaman pinang umumnya berupa serangga kecil. Seperti kumbang, semut, kutu, dan sebagainya.

Baca Juga :
Hama Tanaman Pinang yang Patut Diwaspadai
Penyakit Tanaman Pinang yang Sering Ditemui

Meski tidak sampai melubangi daun, akan tetapi hama tersebut dapat mengubah warna daun menjadi kuning kecokelatan, sehingga dapat mempengaruhi kualitas tanaman pinang yang dihasilkan.

Untuk mengatasi hama pinang betara, umumnya dapat digunakan sejenis insektisida berbahan kimia. Antara lain campurkan sipermetrin 100 SC sebanyak 1- 1,5 mililiter, dengan 1 liter air. Kemudian, semprotkan ke tanaman pinang 1 minggu 1x atau sesuai kondisi. Sebaiknya, diterapkan pada sisi bawah daun. Selanjutnya, tambahkan perekat pada insektisida ini ketika musim hujan agar hasilnya lebih optimal. Bahan-bahan tersebut dapat diperoleh di toko pertanian terdekat di kota Anda.

Alternatif lain, pengendalian hama ini juga bisa memakai bahan yang mudah dijumpai di dapur. Misalnya, memakai sabun cair pencuci piring berwarna hijau. Campurkan 100 gr cairan pencuci piring ini dalam 10 liter air. Lalu, semprot di sisi bawah daun. Sebaiknya, diterapkan 4 hari 1x atau sesuai kebutuhan kondisinya.

Pengendalian dan Jenis Penyakit Pinang Betara

Rata-rata ditemukan jenis penyakit pinang betara seperti busuk pangkal batang atau bercak daun. Jika pinang betara yang masih muda terkena penyakit bercak daun, maupun busuk pangkal batang, maka pohon pinang akan cepat membusuk dan cepat tumbang.

Pengendalian penyakit tersebut dapat memakai fungisida atau anti jamur. Misalnya, merk Tandem, Score 250 EC, dan sebagainya. Pastikan untuk membaca label petunjuk pemakaian pada kemasan sebelum mengaplikasikan semprotan pada tanaman pinang. Pencegahan ini dapat dilakukan setiap seminggu 1x atau 4 bulan sekali, sesuai kebutuhan dan kondisi tanaman pinang betara.

Dimana Mendapatkan Bibit Pinang Betara Unggul untuk Lahan Sempit?

Varietas pinang betara unggul akan meningkatkan keberhasilan panen karena ukurannya lebih besar, buahnya banyak, dan lebih mudah dikendalikan dari serangan hama atau penyakit.

Maka itu, pastikan Anda hanya membeli bibit pinang betara unggul di supplier terpercaya. Lentera Mantang merupakan supplier pinang betara sejak 2014 yang sudah malang-melintang sebagai eksportir pinang betara di Provinsi Jambi. Negara-negara tujuan ekspor pinang antara lain: Bangladesh, Pakistan, Nepal, India dan negara lainnya di Asia Tenggara.

Informasi pemesanan maupun pertanyaan lain seputar bibit pinang betara unggul, dapat menghubungi Whatsapp wa.me/6285289674014 atau klik website bibitpinangunggul.com untuk info selengkapnya.

4 komentar untuk “PRODUKTIF & MUDAH DITUMBUHKAN, BUDIDAYA PINANG BETARA DI LAHAN SEMPIT”

  1. Ijin bertanya
    Pinang sy sdh 4 thn
    Masalah yg di hadapi setelah berbunga gk lama busuk dan rontok
    Tangkai bunga jg kecil2
    Sdh lebih 5 x berbunga tp tdk berhasil
    Utk pupuk buah per tiga bln diberikan dan btng termasuk besar
    Kira2 mohon petunjuknya pak

  2. Pingback: 7 ALASAN BUDIDAYA PINANG BETARA SANGAT MENJANJIKAN - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  3. Pingback: PINANG VS SAWIT, MANA YANG LEBIH MENGUNTUNGKAN? - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?