LEBIH DARI 1000 TON PER BULAN DIEKSPOR ! BERIKUT PELUANG BISNIS PINANG BETARA YANG MENGGODA

Peluang Bisnis Pinang Betara. Sebelum membahas mengenai peluang bisnis pinang betara ini, seperti yang kita ketahui Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang tanahnya subur dan beriklim tropis. Itulah sebabnya, aneka tanaman dan flora sangat mudah ditumbuhkan meski tanpa perawatan yang khusus. Salah satunya adalah tanaman pinang unggul betara. Banyak petani yang menanam pohon pinang untuk dijual bijinya dalam bentuk biji kering. Bahkan, tidak hanya dijual di dalam negeri, pinang betara sudah masuk sebagai komoditi ekspor ke negara-negara di Asia Selatan. Seperti India, Pakistan, Bangladesh, Nepal dan Srilanka.

Peluang Bisnis Pinang Betara Untuk Di Ekspor ke Mancanegara
Kunjungan Ketua Pengurus Koperasi Pinang Kite Semue ke kebun indukan pinang betara guna menggali peluang bisnis pinang betara untuk orientasi ekspor di Bangka Belitung

Umumnya, pinang digunakan sebagai bahan baku obat – obatan atau dijadikan bagian dari tradisi dan budaya (mengunyah sirih). Maka itu, peluang bisnis pinang betara ini tak boleh Anda lewatkan. Sebab, dapat menjadi kesempatan langka dengan keuntungan hasil panen mencapai lebih dari Rp 10 jutaan per bulan dalam 1 ha (estimasi minimal).

Pinang Betara Sebagai Pinang Unggulan di Indonesia

Para petani pinang di Nusantara mengenal pinang betara sebagai salah satu jenis pinang unggulan yang menghasilkan biji pinang berkualitas. Selain itu, tanamannya juga lebih tahan hama dan bijinya besar-besar. Kabar bagusnya, siapapun bisa membudidayakan pinang. Sebab, perawatan budidaya tanaman pinang sangat mudah, dapat ditanam di lahan sempit, dan relatif hanya memerlukan modal awal yang minimal.

Lebih lanjut lagi, dari segi pengendalian hama, tanaman pinang betara unggul juga lebih tahan terhadap hama atau penyakit. Sekalipun terkena penyakit atau hama, tanaman pinang sangat mudah dilakukan pengendalian dan perawatan. Anda akan mudah dalam mengatasinya dan tidak terlalu pusing memikirkan cara pengendalian hama. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa peluang bisnis pinang betara sangat legit dan menggoda. Terlebih lagi, tanaman pinang betara yang unggul sangat mudah ditumbuhkan di Indonesia dan memiliki potensi keberhasilan tanam mencapai lebih dari 95%.

Baca Juga : Mengenal Pinang Betara, Pinang Unggul Asli Jambi

Umumnya, budidaya pinang betara juga bisa dilakukan di lahan sempit alias tidak memerlukan lahan yang luas. Misalnya di sekitar pekarangan rumah maupun di sela – sela kebun atau halaman rumah.  Namun, akan lebih menguntungkan lagi, jika para petani membudidayakan pinang betara secara khusus di sektor perkebunan. Karena, hasilnya juga cukup menjanjikan, tanpa repot memikirkan cara perawatannya.

Peluang Ekonomi dan Profit Budidaya Pinang Betara

Sebelum mantap menekuni peluang bisnis budidaya pinang betara ini, Anda perlu mengetahui seberapa besar hasil keuntungan yang bisa diperoleh di kemudian hari. Sebagai gambaran, berikut adalah analisis profit bisnis budidaya pinang betara dalam 1 hektar (ha) yang dapat Anda pertimbangkan atau bisa menjadi referensi usaha Anda selanjutnya.

Peluang Bisnis Pinang Betara yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Pinang Betara

  • Biasanya, untuk 1 hektar (ha) lahan bisa ditanami pohon pinang hingga 1.000 batang.
  • Jarak tanam antar batang pohon pinang adalah 3×3 meter.
  • Hasil panen untuk pinang basah estimasi sekitar 4,3 – 5 kg pinang basah.
  • Waktu panen 6 bulan sekali.

Berapa hasil keuntungan pinang basah dalam 1 ha? Apabila dapat menghasilkan 4,3  Kg sampai 5 kg buah pinang basah per pohon, maka perhitungannya sebagai berikut:

Profit / Keuntungan Pinang Basah:

5 kg x 1.000 pohon pinang = 5.000 kg pinang basah.

Harga jual sekitar Rp 2.500 x 5.000 kg pinang basah = Rp 12.500.000 per bulan

*Keuntungan ini dapat dikurangi dengan biaya-biaya produksi seperti modal awal, biaya perawatan, biaya tenaga kerja pemeliharaan kebun, dll.

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya buah pinang dijemur terlebih dahulu selam 10 – 15 hari hingga benar – benar kering. Sebab, dapat dijual dengan harga relatif lebih tinggi hingga 5x lipat.

Profit / Keuntungan Pinang Kering:

Dalam 1 hektar (ha) lahan dapat menghasilkan estimasi sekitar 5 ton pinang betara. Akan tetapi, setelah dijemur dan dikeringkan, dapat diperkirakan jumlahnya menyusut menjadi sekitar 1 ton per bulan.

Harga pinang kering di pasaran saat ini fluktuatif mengikuti kondisi pasar. Namun, rata – rata rentang harganya adalah Rp 20.000 – Rp 25.000 per kilo.

Maka perhitungan harga pinang kering, sebagai berikut:

1 ton = 1.000 kg

1.000 kg x Rp 25.000 = Rp 25 Juta Rupiah per bulan.

Dimana Beli Bibit Pinang Betara Unggul?

Wow, bayangkan jika Anda sekali panen bisa meraup keuntungan hingga Rp 75 Juta Rupiah, bagaimana jika Anda menanam pinang hingga 2 hektar atau 3 hektar? Kemudian, bagaimana jika Anda bisa panen dua kali dalam setahun? Tentunya, keuntungan hasil panen Anda akan semakin bertambah, benar?

Seperti yang sudah dijelaskan, budidaya pinang sangat mudah perawatannya dan tidak memerlukan biaya modal yang besar. Kuncinya adalah Anda harus memilih bibit pinang betara unggul dari supplier yang terpercaya.

Lentera Mantang merupakan supplier pinang betara unggul yang sudah berpengalaman sejak 2014. Terbukti dengan keberhasilan ekspor pinang betara ke berbagai negara, seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan negara- negara se-Asia Tenggara.

Pembibitan pinang betara unggul telah melalui proses modern dan didukung tenaga ahli yang kompeten di bidangnya. Maka itu, hasil bibit pinang betara unggul semakin maksimal dan handal. Silakan buktikan kualitas bibit pinang betara unggul dari Lentera Mantang, hubungi Whatsapp di wa.me/6285289674014 untuk order atau informasi selengkapnya.

 

1 komentar untuk “LEBIH DARI 1000 TON PER BULAN DIEKSPOR ! BERIKUT PELUANG BISNIS PINANG BETARA YANG MENGGODA”

  1. Pingback: SEMAKIN POPULER !!! PRESIDEN JOKOWI LEPAS EKSPOR BIJI PINANG 7 KONTAINER - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?