Langsung ke konten utama

CARA MENANAM PINANG AGAR CEPAT BERBUAH YANG LEBAT DENGAN WAKTU SINGKAT

Maraknya permintaan buah pinang untuk kebutuhan ekspor membuat masyarakat banyak yang mencoba untuk budidaya buah ini. Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari buah minang menjadi faktor utama melonjaknya permintaan akan buah ini. bahkan, WHO sendiri juga sudah memprioritaskan pinang sebagai obat herbal yang kaya akan khasiat. Namun, tak jarang pula yang kurang memahami bagaimana cara menanam buah pinang agar cepat berbuah.

https://www.bibitpinangunggul.com
Pinang yang baru belajar berbuah

Tak Sulit, Beginilah Cara Menanam Buah Pinang Agar Cepat Berbuah Tanpa Harus Menunggu Lama
Pinang akan bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang sangat banyak jika dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, simaklah beberapa penjelasan di bawah ini tentang cara menanam buah pinang agar cepat berbuah dan tentunya tak memakan waktu yang lama.

1. Menyediakan Lokasi untuk Menanam Pohon Pinang
Cara menanam buah pinang agar cepat berbuah pertama adalah dengan menyediakan lokasi yang tepat. Sebab, pertumbuhan buah pinang akan terpengaruh dengan lingkungan hidupnya. Pinang akan dapat tumbuh dengan subur jika ditanam pada lahan yang ada di dataran rendah yaitu memiliki ketinggian sekitar 1 – 600 mdpl. Tumbuhan pinang juga menyukai daerah yang beriklim tropis dengan kelembapan tanah yang cukup tinggi.

Untuk itu saat memilih lahan, usahakan tanah yang ada di sana memiliki 4 sampai 8 ph dengan curah hujan 700 – 4500 mm / tahunnya. Meskipun termasuk tanaman tropis, namun pinang tetap membutuhkan cahaya matahari untuk kelangsungan hidupnya. hanya membutuhkan penyinaran sekitar 6 – 8 jam saja per harinya supaya batangnya memiliki kekuatan lebih dan tidak terlalu tinggi.


2. Memilih Bibit Pinang Dari Pohon Yang Berkualitas
Hasil panen yang berkualitas dan melimpah berasal dari bibit yang berkualitas pula. Oleh karenanya memilih bibit pinang juga tak boleh asal-asalan. Bibit yang baik dihasilkan oleh pohon yang sehat dan berumur 10 tahun ke atas. Bentuk batangnya juga lurus, serta memiliki mahkota yang berbentuk setengah lingkaran. Yang paling terpenting pohon pinang tetap menghasilkan buah yang stabil dalam kurun waktu 3-5 tahun lamanya.

Pohon pinang yang menghasilkan bibit berkualitas juga dapat diamati dari jumlah daunnya. Jika daunnya berjumlah 8 helai lebih dengan dilengkapi lebih dari 4 tandan buah maka bisa dipastikan jika pohon itu cocok untuk penghasil bibit. Cara menanam pinang agar cepat berbuah yang kedua ini memang cukup menguras energi. Sebab, harus meneliti dan mengamati dari satu pohon ke pohon lain. namun, jika tak ingin ribet Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul bisa menjadi solusi yang paling tepat.


Penyemaian Bibit Pinang Agar Lebih Unggul


3. Proses Pembibitan
setelah menemukan lahan yang cocok dan bibit yang tepat, maka tahap berikutnya adalah melanjutkan proses pembibitan. Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyediakan polybag yang berukuran 15 cm. lalu bawah polybag itu dilubangi agar air tidak menggenang di permukaan tanah saat di siram. Isi polybag dengan tanah yang mengandung kompos, namun hanya 2/3 saja. Setelah itu, masukkan bibit pinang ke polybag tadi. Tunggu sampai umurnya mencapai 4-5 bulan sampai bibit pinang mulai tumbuh dengan sehat.


4. Proses Penanaman
Cara menanam pinang agar cepat berbuah selanjutnya, yaitu proses penanaman pohon pinang. Setelah menununggu 4-5 bulan lamanya bibit sudah siap untuk pindah ke lahan yang lebih luas. Saat menanamnya pun tak boleh dilakukan secara sembarangan harus memperhatikan prosedur yang sesuai. Jarak minimal untuk pohon pinang satu dengan yang lainnya harus berkisar 3m x 3m. pasang bambu ajir pada sekitar pinang agar lebih rapi. 




Jarak penanaman pohon pinang akan sangat berpengaruh pada proses pertumbuhannya. Oleh karena itu meskipun terlihat sepele, hal ini tidak boleh dilewatkan. Lakukan juga proses perawatan setelah pinang mulai tumbuh. Seperti melakukan pemupukan, penyiraman, pembasmian hama dan penyakit, penyulaman serta penyiangan. Pupuk yang diberikan juga tak boleh terlalu banyak harus cukup. Perawatan tersebut juga akan membuat pohon bisa menghasilkan buah yang banyak.


5. Proses Panen
tahap ini adalah bagian yang terakhir. Memasuki usia 3-5 tahun pohon pinang sudah bisa dipanen buahnya. Panen ini dibedakan menjadi 2 yaitu panen buah matang dan panen buah yang setengah matang. Buah pinang ini bisa dijual dalam bentuk masih fresh atau dikeringkan terlebih dahulu. Semuanya memiliki nilai jual yang tinggi meskipun memiliki perbedaan harga di pasarannya. 




Demikianlah penjelasan secara singkat tentang bagaimana cara menanam pinang agar cepat berbuah tanpa memakan waktu yang lama. Pada umumnya memang penanaman pohon pinang membutuhkan perhatian yang lebih ekstra dibandingkan dengan komoditas lain. namun, hasil penjualan panen yang akan didapat oleh petani akan jauh lebih banyak, mengingat buah pinang sudah berhasil masuk ke negara lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PANEN PINANG DALAM 1 HEKTAR, PINANG KERING DAN PINANG BASAH

Analisa Panen Pinang - Pinang merupakan tanaman asli asal Indonesia. Dan pinang juga disebut tanaman yang memiliki prospek yang menjanjikan di Indonesia. Selain itu permintaan ekspor dari pinang ini tidak lah main – main. Ada beberapa Negara Tujuan Ekspor (NTE) pinang yang utama, yaitu India, Pakistan dan bangladesh. Selain itu ada juga permintaan dari negara sekitar NTE tersebut, seperti negara Thailand, Nepal, Srilanka, Myanmar yang memiliki permintaan tanaman pinang yang cukup tinggi. Budidaya Pinang Sendiri tidaklah terlalu sulit. Tanaman pinang dapat hidup di berbagai iklim yang ada di Indonesia. Dan pinang juga memiliki sifat dasar yang memang dapat tumbuh subur di wilayah tropis. Jika anda tertarik untuk memulainya, berikut ini adalah analisa panen pinang dalam 1 hektar. Analisa Panen Pinang dalam 1 Hektar (Pinang Basah) Beruntunglah untuk anda yang memiliki lahan seluas 1 hektar (ha), Karena dengan anda memiliki 1 hektar lahan, Anda dapat menanam bibit pinang sebanyak 1.2

CARA MENANAM PINANG

Cara Menaman Pinang - Tanaman pinang atau bahasa ilmiahnya Areca Catechu belakangan ini menjadi komoditas hasil bumi andalan dibeberapa daerah, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi hingga Kalimantan Barat. Dengan nilai jual per kilogram yang lumayan tinggi dan permintaan yang besar dari negara - negara di Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal), Asia Barat (Saudi Arabia, Uni Emirate Arab, Afganistan, Iran), Asia Tenggara (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia). Budidaya tanaman pinang saat ini masih banyak sistem tradisional, belum secara intensif. Selama ini petani menanam pinang hanya sebagai tanaman pagar pembatas dipinggir kebun. Padahal, jika dikelola dengan intensif, perkebunan pinang bisa memberi hasil yang lebih dibandingkan perkebunan kelapa sawit. Belakangan sudah mulai digalakkan oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk penanaman pinang secara intensif. Berikut ini akan kami jabarkan Cara Menana

UMUR POHON PINANG BERBUAH DAN BAGAIMANA PROSES PANENNYA

Kebanyakan dari para petani yang baru-baru ini sedang mencoba budidaya pohon Pinang kesulitan dalam merawat dan menentukan kapan pohon Pinang ini tepat berbuah. Selain harus paham mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam berbudidaya pohon Pinang, anda juga harus tahu dan paham kapan pohon Pinang akan benar-benar berbuah. Hal ini sangat penting, supaya buah Pinang yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi, dan anda bisa mengira-ngira apa saja yang perlu anda persiapkan dan perhatikan supaya pembuahan pada pohon Pinang bisa berjalan sesuai keinginan. Umur pohon pinang Umur Pohon Pinang berbuah sekitar4 tahun, dan setiap bulannya bisa menghasilkan buah Pinang sebanyak 4 kg per bulan per pohon. Pohon Pinang ini bisa terus berkembang biak hingga 25 - 30 tahun, asalkan ditanam, dan dirawat dengan cara yang baik. Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yakni panen buah masak dan panen buah muda. Proses Panen Pinang Panen Buah Masak  Panen cara ini bisa dila