WASPADA !!! 8 PENYAKIT TANAMAN PINANG YANG SERING MENYERANG

Penyakit Tanaman Pinang. Penyakit pada tanaman sudah menjadi hal yang tak umum bagi dunia pertanian. Penyakit tanaman hampir selalu ada ditiap-tiap tanaman bahkan jika tanaman tersebut sudah dirawat dengan sebaik mungkin masih sering ditemukan beberapa hama dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, selama proses penanaman para petani selalu aktif memberikan insektisida jika hama-hama tersebut menyerang tanaman. Sama halnya dengan penyakit tanaman pinang, bisa jadi penyakit itu muncul ketika pergantian musim. Penyakit pohon pinang banyak sekali jenisnya. Berikut gejala-gejala penyakit yang sering ditemui di pohon pinang.

Penyakit Tanaman Pinang Daun Karat Merah yang Sering Ditemui
Penyakit Tanaman Pinang Daun Karat Merah yang Sering Ditemui

Berikut 8 Penyakit Tanaman Pinang yang Paling Sering Ditemui

1. Terdapat Buah Yang Busuk

Penyakit ini disebabkan oleh Phytopthora arecae. Biasanya akan muncul gejala bercak yang terdapat pada permukaan buah pinang yang berdekatan dengan kelopak bunga atau perianth. Jika dibiarkan bercak ini akan menyebar hingga buah berwarna kehijauan atau hijau tua. Selain itu, buah ini dapat gugur jika bercak menghinggapi bagian apikal pada buah.

Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan cara pembersihan kebun atau fitosanitasi serta penyemprotan berbahan kimia fungisida.

2. Becak Daun Pinang Menguning

Penyakit pohon pinang selanjutnya yang sering ditemui yaitu terdapat bercak kekuningan di daun pinang. Gejala ini disebabkan oleh Cendawan curvularia sp. Bercak kekuningan bisa mencapai  3 – 10 mm. Jika terus dibiarkan maka dapat menyebabkan bibit tidak tumbuh dengan baik atau istilahnya kematian bibit. Oleh karena itu, alangkah baiknya hal ini dapat dicegah sedini mungkin sebelum daun berguguran. Untuk mengurangi gejala bercak kekuningan bisa disemprotkan dhitane atau regent hingga gejala tersebut hilang.

3. Daun Karat Merah Atau Red Rust

Penyakit tanaman pinang ini disebabkan oleh Chephaleuros sp. Untuk menghindari hal ini sebaiknya dibuatkan naungan yang secukupnya. Penyakit pohon pinang yang satu ini sering muncul dengan gejala bercak di bagian batang pohon dengan bentuk tak beraturan. Untuk daun sendiri akan berwana kekuningan. Sebelum gejala ini menjalar lebih parah alangkah baiknya diberi pertolongan pertama dahulu. Perlu diketahui, penyakit tanaman pinang daun karat merah ini paling banyak ditemukan menyerang tanaman pinang yang baru dipindahkan ke lahan penanaman.

4. Pucuk yang Membusuk Atau Bud Rof

Penyebab penyakit yang satu ini hampir sama dengan buah busuk. Tetapi bagian yang diserang bukanlah buah melainkan pangkal. Selain itu, penyakit ini dapat menyebabkan pangkal terinfeksi  hingga muncul warna kekuningan hingga kecoklatan pada pucuk. Tentu hal ini dapat memberikan bau tak sedap atau busuk yang sangat khas. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan pembersihan lahan serta pemberian bahan kimia agar memberantas penyebaran penyakit.

Penyakit tanaman pinang pucuk yang membusuk ini sering menyerang disaat pembenihan di polybag dan di lahan yang sering tergenang air. Perlu dipahami, tanaman pinang merupakan tanaman yang bisa bertahan tanpa air 4 – 7 hari, artinya tanaman pinang tidak memerlukan air yang berlebih. Untuk menghindari penyakit tanaman pinang pucuk yang membusuk ini, ada baiknya ketika masa pembenihan di polybag, bibit pinang disiram 2-3 hari sekali.

5. Batang Pinang Berdarah

Penyakit Tanaman Pinang Batang Berdarah
Tanda Tanaman Pinang Terserang Penyakit Batang Berdarah

Penyakit pohon pinang yang satu ini disebabkan oleh batang yang berdarah. Biasanya batang yang berdarah akan mengalami perubahan warna. Selain itu, jaringan tersebut akan mengeluarkan berupa cairan coklat kegelapan maka dari itu penyakit ini dinamakan batang berdarah. Diketahui pasti munculnya penyakit ini dikarenakan saturasi air tanah yang cukup dangkal serta drainase yang cukup buruk.

6. Daun Pinang Menguning

Selanjutnya ada penyakit yang biasa disebut daun menguning atau yellow leaf disease. Pertumbuhan pada daun akan terlihat semakin kecil sehingga menyebabkan produksi buah pinang menurun. Selain itu, untuk gejalanya sendiri akan bermunculan garis nekrotik dan warna daun yang kekuningan. Tak hanya itu saja jika hal ini terus dibiarkan daging buah pinang akan berwarna hitam. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan cara pemberian pupuk secara rutin.

Hampir sama dengan penyakit tanaman pinang daun karat merah, penyakit tanaman pinang ini sering ditemukan ketika tanaman dipindahkan ke lahan. Analisa awalnya karena penyesuaian yang sebelumnya ditempat teduh kemudian dipindah ke lahan di areal terbuka. Biasanya ketika sudah muncul daun baru, akan kembali hijau lagi. Namun jika tetap kuning, sebaiknya di cek lagi pH tanah di areal kebun pinang tersebut.

Baca Juga : Hama Tanaman Pinang yang Petani Patut Waspadai

7. Mengecil

Untuk saat ini penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Namun, gejala yang sering muncul yaitu pertumbuhan daun yang mengecil dan pendek, mahkota pohon berbentuk seperti bunga mawar serta batang yang meruncing dengan ruas jarak yang memendek. Untuk pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan penggemburan tanah yang optimal dan perbaikan proses drainase.

8. Die Back Proses Pembungaan

Penyakit pohon pinang yang terakhir yaitu gugur bunga. Gejala ini akan bermunculan ketika tulang daun akan terlihat menguning serta mengering dari ujung hingga ke pangkal. Selain itu, terdapat faktor fisiologis yang menyebabkan gugur bunga seperti drainase yang kurang baik dan kurang unsur hara. Penyakit gugur bunga dapat diatasi dengan cara pemberian cairan fungisida secara rutin hingga gejala ini telah membaik.

pesan-bibit-pinang-bebas-penyakit-hama

Nah, itulah beberapa jenis penyakit tanaman pada pohon pinang yang sering ditemui. Umumnya, hal ini sering terjadi akibat kurangnya perawatan pada tanaman itu sendiri. Penyakit pohon pinang dapat dicegah sedini mungkin agar bibit pinang dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, pentingnya pemberian insektisida secara rutin sangatlah perlu bahkan bahan-bahan kimia tersebut sangat mudah ditemui di toko pertanian. Apalagi bagi anda yang sedang membudidayakan pohon pinang sangatlah perlu untuk menghindari penyakit ini. Untuk pemilihan bibit pinang atau penyediaan bibit pinang bisa melalui “Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul“.

4 komentar untuk “WASPADA !!! 8 PENYAKIT TANAMAN PINANG YANG SERING MENYERANG”

  1. Pingback: HARUS WASPADA !!! 10 HAMA TANAMAN PINANG YANG SERING MENYERANG - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  2. Pingback: 4 JENIS PUPUK PINANG YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK HASIL MAKSIMAL - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  3. Pingback: 6 HAL TERKAIT PERAWATAN BENIH PINANG BETARA AGAR TUMBUH OPTIMAL - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  4. Pingback: 5 TAHAPAN CARA MENANAM PINANG AGAR CEPAT BERBUAH YANG LEBAT - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?