HARUS WASPADA !!! 10 HAMA TANAMAN PINANG YANG SERING MENYERANG

Hama Tanaman Pinang. Sudah bukan rahasia lagi bahwa musuh besar petani ialah hama. Hama atau penyakit jelas mengganggu tumbuh kembang tanaman pertanian maupun perkebunan. Bahkan dari awal pembibitan setiap tanaman bisa dihinggapi serangan parasit tersebut. Sebut saja tumbuhan pinang yang butuh usaha ekstra agar terbebas dari penyakit yang menghambat pertumbuhan. Demi menjaga kualitas tanaman dan hasil panen ada baiknya Anda kenali beberapa hama tanaman pinang di bawah ini.

Hama Tanaman Pinang yang Mengganggu Pertumbuhan dan Hasil Panen

1. Semut

Semut - Hama Tanaman Pinang

Semut merupakan hama tanaman pinang yang paling sering ditemui. Semut sering menyerang sejak dari pembibitan hingga tanaman pinang sudah dipindahkan ke lahan. Hal ini sangat merepotkan bagi petani pinang. Semut sering menterang bagian akar dari tanaman pinang, ini menyebabkan pertumbuhannya terganggu dan juga daun menjadi kuning serta keriting. Untuk menanggulangi hama semut, kami sering menyarankan untuk menggunakan insektisida merk Regent. Anda bisa temukan di toko pertanian terdekat.

2. Belalang

Belalang - Hama Tanaman Pinang

Belalang merupakan hewan yang kerap kali merusak tanaman petani. Kegemarannya memang memakan dedaunan sehingga berpotensi merusak tumbuh kembang tanaman. Apabila terus dibiarkan maka daun tumbuhan akan terlihat berlubang. Jika sudah begitu maka akan berpengaruh pula dari segi hasil panen. Kini telah banyak dilakukan penyemprotan insektisida agar daun pinang tidak lagi rusak terhadapnya.

3. Kumbang Pinang

Kumbang - Hama Tanaman Pinang


Kumbang pinang merupakan hama berbahaya bagi kualitas hasil panen petani. Bagaimana tidak, hewan tersebut sangat gemar merusak buah pinang. Kualitas buah jelas akan rusak mengingat lubang buah mampu dibuat rusak hingga sampai ke biji. Melihat fenomena yang demikian tak ayal membuat jenis kumbang ini merupakan hama tanaman pinang yang patut petani basmi.

4. Rayap atau Termit

Rayap - Hama Tanaman Pinang


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, serangan hama pada pinang tidak hanya hinggap saat sudah tumbuh dewasa. Bahkan ketika memasuki masa bibit pun hama bisa datang untuk merusak tumbuh kembangnya. Demikian terjadi bila rayap atau termit merusak bibit pinang. Rayap mulanya akan menyerang batang hingga membuat setiap bagian menjadi layu. Sebetulnya ada solusi agar hewan yang juga pemakan kayu itu tak berani datang. Salah satunya yakni dengan bagian pangkal batang yang dibuat tertutup.

5. Ulat Bunga

Ulat - Hama Tanaman Pinang

Satu lagi hama tanaman pinang berbahaya yang patut Anda waspadai. Ya itulah ulat bulu yang mana sangat hobi hinggap di dedaunan dan bunga. Ulat tidak hanya hinggap untuk menyerap cairan tanaman melainkan juga menaruh butiran telur. Telurnya mampu merusak kualitas bunga dan daun yang dihasilkan. Pertumbuhan tanaman pun bisa terhambat dengan cepat. Penangkalan bisa dilakukan dengan cara penyemprotan secara berkala untuk membasmi hama.

Baca Juga : Perawatan Tanaman Pinang

6. Tempayak Akar

Hewan bernama latin Leucopholis burmesteri Brenske ini dikenal merugikan petani pinang. Selain baunya yang tak sedap ketika tersentuh, hewan ini juga sangat mengganggu pertumbuhan tanaman. Dedaunan akan menjadi incaran utama olehnya. Bisa dicermati maka daun akan menjadi rusak dan berlubang. Anda dapat memberi semprotan khusus hama agar hewan pengganggu ini tak lagi datang.

7. Kepik

Kepik - Hama Tanaman Pinang

Hama tanaman pinang ini juga sering kali ditemukan merusak pertanian padi dan jagung. Tanda-tanda tanaman yang terkontaminasi olehnya  ialah muncul garis-garis cokelat pada bagian daun. Maka dari pangkal daun saja warna akan berubah dan lama kelamaan pun akan mengering serta patah. Kepik sangat suka menghisap cairan tanaman sehingga menghambat pertumbuhan tanaman tentunya. Anda dapat mencegah potensi serangan hama jenis ini dengan memberi insektisida sistemik. Dosis yang digunakan 10 g setiap tanaman selama beberapa waktu.

8. Ngengat Padi

Ngengat Padi - Hama Tanaman Pinang

Ngengat menjadi hama serius mengganggu produktivitas petani. Pengendalian perlu dilakukan setidaknya Anda melakukan penyemprotan selama berkala dalam beberapa bulan sekali. Pengendalian sangat perlu mengingat ngengat sangat suka memakan buah pinang. Buah yang di makan akan menyisakan rongga-rongga. Jika Anda tak memberi perhatian serius terhadapnya maka kualitas hasil panen tak lagi mumpuni.

9. Kutu

Kutu bisa dibilang sangat menyebalkan yang merusak tanaman. Apalagi hama tanaman pinang ini memiliki banyak jenis yang mengganggu kualitas tanaman. Sebut saja kutu orange yang gemar memasuki daging buah sehingga cairan yang dihasilkan menyisakan buah yang tak lagi berkualitas. Selain itu ada pula kutu putih dan merah yang suka sekali menghisap dedaunan pada pinang. Daun yang dihisap akan berakhir layu kuning ataupun cokelat kemudian mengering. Hama ini jelas berbahaya sehingga Anda wajib mencegahnya dengan cara memberi insektisida secara rutin untuk perawatan tanaman.

10. Kumbang Sigaret

Jenis kumbang yang satu ini juga begitu buruk dalam hal merusak buah pinang. Hewan ini sering kali meninggalkan jejak berupa keputihan pada buah hasil dari bekas gerakan kumbang. Apabila terus dibiarkan maka kualitas buah jelas akan terganggu. Petani pun bisa mengalami kerugian yang signifikan. Disarankan agar Anda melakukan penyemprotan anti hama agar sigaret ini tidak lagi mengganggu kualitas buah.

Itulah beberapa hama tanaman pinang yang patut petani waspadai. Setiap tumbuhan memang memiliki potensi terserang hama. Apalagi pinang yang dari awal pembibitan saja sudah bisa dihinggapi. Maka dari itu penting bagi para petani pinang untuk selalu melakukan kontrol dan perawatan tanaman yang maksimal. Perawatan serta pemberian insektisida yang cukup akan menghasilkan hasil panen yang memuaskan. Untuk Anda yang sedang mencari bibit pinang unggul bisa membelinya di Lentera Mantang – Bibit Pinang Unggul.

5 komentar untuk “HARUS WASPADA !!! 10 HAMA TANAMAN PINANG YANG SERING MENYERANG”

  1. Pingback: WASPADA !!! 8 PENYAKIT TANAMAN PINANG YANG POPULER MENYERANG - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  2. Pingback: KETAHUI 6 HAL TERKAIT PERAWATAN BENIH PINANG BETARA AGAR HASIL OPTIMAL - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  3. Pingback: PRODUKTIF & MUDAH DITUMBUHKAN, BUDIDAYA PINANG BETARA DI LAHAN SEMPIT - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  4. Pingback: 4 JENIS PUPUK PINANG AGAR HASIL PANEN MAKSIMAL - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

  5. Pingback: 5 TAHAPAN CARA MENANAM PINANG AGAR CEPAT BERBUAH YANG LEBAT - Lentera Mantang - Bibit Pinang Unggul

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hallo Boss...
Mau pesan bibit pinang unggul berkualitas?